Gerak dan Gaya│Kelas 8

Liburan sekolah sudah dimulai nih. Biasanya kalian berlibur keluar kota kan? Et tapi karena ini masa pandemi kita tetap #dirumahaja ya sobat dan jangan lupa jaga kesehatan. Nah dulu sebelum pandemi, ketika berlibur kalian pernah naik kereta nggak? Atau mungkin kalian mau berpergian ke sebuah kota dengan memanfaatkan kereta api. Kereta api merupakan salah satu transportasi yang digunakan untuk mengankut penumpang. Selain itu kadang kereta api juga dimanfaatkan untuk pariwisata. Kereta api ini bergerak di rel yang lintasannya relatif lurus. Seperti yang sobat marvin tau kereta api dapat bergerak dengan cepat dan bergerak lambat di sepanjang rel dalam selang waktu tertentu. Perlu sobat marvin tau, kereta api dapat bergerak disebabkan adanya gaya sehingga memiliki kecepatan dan percepatan. Kereta menempuh jarak tertentu setiap waktu terhadap kedudukannya. Apa yang dimaksud dengan gaya? Apa perbedaan antara percepatan dan kecepatan? atau bahkan mengetahui hubungan gerak dan gaya. Yuk simak penjelasan minvin berikut.

Baca juga : Klasifikasi Makhluk Hidup │Kelas 7

Gerak pada benda

Gerak merupakan aktivitas yang tidak dapat dilepaskan dari suatu benda. Bergerak dapat dilakukan oleh benda hidup maupun mati dari yang berukuran besar hingga kecil. Pernahkah kamu melihat semut-semut yang berjalan membawa makanan dari satu tempat ke tempat lain? atau bahkan kamu melihat erupsi gunung? Dari kawah tampak material-material terlempar ke angkasa lalu jatuh kembali ke bumi. Dengan begitu kita tahu bahwa aktivitas gerak terjadi pada semua benda. Benda dikatakan bergerak apabila kedudukannya berubah terhadap titik acuan. Titik acuan merupakan titik dilakukannya pengamatan terhadap gerak. Gerak pada benda bersifat relatif.

Kemudian selain itu kita juga mengenal dengan sebutan geruk semu. Gerak semu itu seperti apa? Simak pengalaman vina kali ini.

ilustrasi gerak semu

Ketika vina usai mengantar ayah dan bunda nya ke bandara, vina langsung pulang dengan kakaknya sambil melambai lambai pada ayahnya. Ayah vina yang diam di tepi jalan mengamati mobil vina yang sedang melaju, mengatakan bahwa vina yang berada di dalam mobil bergerak terhadap dirinya. Sebaliknya, vina yang berada dalam mobil yang sedang melaju mengatakan bahwa ayahnya bergerak terhadap vina. Gerak ayahnya terhadap vina dinamakan gerak semu. Dengan begitu bisa disimpulkan gerak semu adalah gerak benda yang dilihat oleh pengamat yang berada dalam sistem bergerak. Jadi benda itu sebenarnya diam, tetapi terlihat bergerak karena gerakan yang dilakukan pengamat. Contohnya, matahri terbit dan terbenam, sebenarnya matahari diam, tetapi karena bumi berotasi maka matahri seolah bergerak terbit dan terbenam.

Jarak dan perpindahan

Well, gerak mengenal istilah jarak dan perpindahan. Jarak adalah panjang lintasan yang ditempuh benda tanpa memperhatikan arahnya. Sementara itu, perpindahan didefinisikan sebagai panjang lintasan, namun memperhatikan arah atau kedudukan awal dan akhir benda tersebut.

Ilustrasi jarak dan perpindahan
Kecepatan dan Kelajuan

Dalam IPA kecepatan dan kelajuan memilki definisi dan penerapan yang berbeda. Kelajuan adalah perbandingan antara jarak yang telah ditempuh oleh suatu benda terhadap lama waktu yang dibutuhkan benda tersebut untuk bergerak. Kelajuan suatu benda tidak memperhatika arah atau tujuan benda tersebut bergerak.

Kemudian untuk kecepatan merupakan besaran vektor yang memperhatikan nilai dan arah gerak benda. Dan keduanya dirumuskan sebagai berikut.

Rumus matematis kelajuan dan kecepatan

Gerak Lurus

Selayaknya istilahnya, gerak lurus adalah gerakan yang lintasannya berbentuk garis lurus yang dikelompokkan menjadi dua macam yaitu gerak lurus berarutan (GLB) dan gerak lurus berubah beraturan(GLBB). GLB merupakan gerak benda pada lintasan lurus dengan kecepatan yang tetap atau tanpa percepatan. Kemudian untuk GLBB merupakan gerak lurus suatu benda yang kecepatannya berubah karena adanya percepatan tetap. Maksud percepatan tetap ialah percepatan selalu sama terhadap waktu. Karena adanya percepatan, rumus jarak yang ditempuh tidak lagi linier, melainkan kuadratik.

Rumus matematis GLB dan GLBB

Gaya pada Benda

Hewan dan manusia dapat bergerak menggunakan gaya otot yang dimilikinya. Benda-benda di sekitar kita juga dapat bergerak jika dikenai gaya. Apakah gayai itu? Bukan bergayaa ya sob. Tapi gaya kali ini adalah tarikan atau dorongan yang diokerjakan pada benda sehingga benda diam dapat bergerak atau sebaliknya. Gaya juga dapat mengubah bentuk benda dan mengubah arah gerak benda. Besaran gaya memiliki beberapa satuan. Dalam SI, satuan besaran gaya dinyatakan dalam newton (N). Selain newton, satuan gaya dapat berupa dyne atau kgf.

Resultan Gaya

Gaya diberi simbol dengan huruf F(force), dan digambarkan dengan garis berarah atau anak panah. Titik pangkal garis berarah tersebut disebutkan titik tangkap gaya. Besar gaya dinyatakan oleh panjang garis berarah. Arah gaya dinyatakan oleh arah anak panah.

Beberapa gaya dapat dipadukan. Perpaduan dua gaya atau lebih disebut resultan gaya. Arah resultan gaya tersebut searah dengan arah gaya-gaya yang dipadukan. Resultan dua gaya segaris kerja yang berlawanan arah merupakan selisih dari kedua gaya yang dipadukan. Arah resultan gaya tersebut searah dengan arah gaya yang lebih besar.

Rumus matematis resultan gaya
Jenis jenis gaya
  • Gaya sentuh.

Yaitu gaya yang terjadi akibat persentuhan antara benda-benda secara langsung. Sebagai contoh gaya sentuh adalah gaya otot, gaya mesin, gaya pegas.

  • Gaya tak sentuh.

Yaitu gaya yang terjadi bukan akibat dari akibat persentuhan langsung antara benda-benda. Sebagai contoh adalah gaya magnet, gaya listrik dan gaya gravitasi.

Begitulah penjelasan mengenai gerak dan gaya, gak nyangka kan kalau ternyata semua benda bisa bergerak juga? Selain itu juga ternyata ada berbagai macam gerak. Ketika hewan dan manusia dapat bergerak menggunakan gaya otot dan benda mati akan bergerak jika diberikan gaya, gerak dan gaya memiliki kesinambungan. Ada baiknya agar kamu tambah paham dengan artikel ini, kamu bisa berlatih soal soal terkait dengan gerak dan gaya. Nah buat kalian sobat marvin area Pati kalo dirasa butuh tambahan atau pengen lebih mahir dalam menghitung besaran GLB GLBB atau resultan gaya, kalian bisa daftarkan diri di Marvin Bimbel. Kalian akan mendapatkan berbagai macam fasilitas dan bimbingan tentor profesional yang menjadikan kalian lebih nyaman dan lebih mudah dalam memahami materi materi pembelajaran kalian. Untuk lebih jelasnya kalian bisa tanya tanya ya di sini ya.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *