Perubahan Benda Akibat Suhu│Kelas 7

Sebelumnya, minvin pernah membahas mengenai suhu dan pengukurannya. Nah perlu kalian tahu suhu juga dapat mengalami kenaikan ataupun penurunan. Kalian masih ingat mengenai termometer yang digunakan untuk mengukur suhu? Perlu diingat kembali termometer menggunakan prinsip pemuaian. Zat cair di dalam termometer akan mengalami pemuaian karena pengaruh suhu. Selain itu ada juga contoh perubahan benda yang diakibatkan suhu slah satunya adalah ketika kalian memasak air sampai mendidih dan kalian biarkan dalam beberapa waktu maka volume air akan berkurang. Volume air yang hilang tersebut menguap menjadi gas.

Kasus lain, balon udara dapat terbang menggunakan prinsip pemuaian pada zat gas. Pada saat udara dipanaskan, udara di dalam balon memuai. Hal ini menyebabkan massa jenis udara yang berada di dalam balon berkurang sehingga menjadi lebih ringan daripada udara di sekitarnya. Kondisi ini mengakibatkan balon dapat mengudara dan mengangkat beban yang di bawanya.

Secara umum, zat akan mengalami pemuaian atau penyusutan saat suhunya berubah. Zat akan memuai jika suhunya naik dan menyusutnya jika suhunya turun. Lalu apa saja jenis pemuaian? Mau tau lebih jauh, yuk simak penjelasan minvin berikut.

Pemuaian

Pemuaian terjadi pada benda jika benda dipanaskan. Apapun bentuknya baik itu zat padat, zat cair maupun gas. Tetapi efek dari pemberian panas ke benda akan berbeda-beda tergantung materialnya. Pemuaian adalah proses pertambahan volume suatu zat akibat peningkatan suhu atau penyerapan kalor. Setiap zat akan mengalami pemuaian yang berbeda, tergantung pada suhu lingkungan atau koefisien muai dari zat tersebut.

Pemuaian pada benda dapat di kelompokkan ke dalam tiga jenis termasuk pemuaian pada zat padat, pemuaian pada zat cair dan pemuaian benda gas. Seperti apa ya kira – kira diantara tiga jenis pemuaian tersebut.

Pemuaian Zat Padat

Proses pemuaian zat padat bisa kamu lihat pada batang logam yang dipanaskan. Jika zat padat tersebut dipanaskan, gerakan partikelnya akan semakin cepat dan saling menumbuk dengan partikel di dekatnya. Hal ini mengakibatkan jarak antar partikel menjadi renggang dan zat padat tersebut menjadi bertambah panjang. Maka dari itu penambahan panjang pada zat yang disebut pemuaian panjang. Selain pemuaian panjang, ada juga pemuaian luas dan pemuaian volume.

Pemuaian zat padat

Pemuaian Zat Cair

Proses pemuaian pada zat cair terjadi misalnya saat kamu memasak air dalam panci sampai penuh. Ketika mendidih, air itu akan tumpah. Hal in menunjukkan air memuai. Dalam zat cair terjadi muai volume karena zat cair tersebut menempati ruang sesuai bentuk tempatnya. Pemuaian zat cair berbeda-beda bergantung besar koefisien mulai volume. Semakin besar koefisien muai volume suatu zat, semakin besar pula pemuaiannya.

Koefisien zat cair

 Secara umum koefisien muai volume zat cair lebih besar daripada koefisien muai volume zat padat. Oleh karena itu, nilai muai volume zat cair juga lebih besar daripada zat padat. Namun, sifat muai zat cair tidak berlaku untuk air antara suhu 0oC dan 4oC karena pada suhu ini air justru menyusut jika dipanaskan. Pengecualian ini disebut anomali air. Sifat muai zat cair digunakan dalam pembuatan termometer zat cair.

Pemuaian Gas

Proses pemuaian gas terjadi jika gas tersebut mendapat kalor yang semakin besar. Mislanya, kamu meniup balon dan balon tersebut kamu letakkan di halaman yang terkena terik matahari. Lama kelamaan balon itu akan pecah. Pecahnya balon tersebut karena gas/udara dalam balon akan memuai dan terdesak keluar sampai balon tak lagi mampu menahan ikatan partikel. Pemuaian yang lazim terjadi pada zat gas adalah pemuaian volume. Koefisien muai volume gas pada umunya sama besar yaitu

Sobat marvin, kalian telah selesai mempelajari materi tentang pemuaian baik berupa pemuaian baik berupa pemuaian zat padat, zat cair, maupun zat padat. Banyak pemanfatan sifat pemuaian zat bagi kehidupan sehari hari. Kalian bisa mengamati fenomena – fenomena yang ada di sekitar kalian yang memanfaatkan sifat pemuaian, dan jangan lupa drop di kolom komentar tentang penemuan kalian ya sobat. Oh iya selain itu kalian juga bisa melihat ulasan materi dari minvin secara lengkap dan menarik di sini. Bye bye.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *