Suhu dan Pengukurannya│Kelas 7

Hari ini mario ijin tidak masuk sekolah karena demam. Sobat marvin, tahukah kalian pada saat demam suhu tubuh akan meningkat. Untuk mengetahui suhu tubuh secara tepat dilakukan pengukuran suhu tubuh menggunakan termometer. Pada gambari di atas, ditunjukkan hasil pengukuran suhu tubuh menggunakan termometer digital yaitu 38,3oC. Bagaimana cara kerja termometer digital hingga  dapat menunjukkan suhu dengan tepat? Apa saja jenis – jenis termometer? Dan selain itu kita juga bisa mengulas perubahan benda yang diakibatkan suhu. Yuk simak yaa…

Apa itu suhu?

Dalam kehidupan sehari-hari, kamu sering mendengar istilah suhu. Hal simpel yang menggambarkan suhu diantaranya ketika siang hari suhu udara terasa panas dan pada saat malam hari suhu udara terasa dingin. Selain itu kalian pasti pernah membedakan suhu antara air dingin dan air panas menggunakan tangan. Tangan sendiri dapat membedakan suhu melalui indra peraba. Namun, tangan tidak dapat digunakan sebagai alat ukur suhu karena tidak dapat memberikan nilai yang tepat.

Oh iya suhu merupakan ukuran panas dinginnya suatu zat yang dapat diukur menggunakan satuan. Satuan standar Internasional (SI) duhu adalah kelvin. Suhu dapat diukur menggunakan alat pengukur suhu yang disebut termometer. Nah buat kalian yang belum pernah melihat termometer secara detail nih simak gambar berikut.

Nah setelah mengetahui bagian bagian pada termometer kalian juga perlu tahu jenis jenis termometer lho sobat. Apa saja jenis – jenis termometer? Check this out.

Jenis Jenis Termometer

Termometer ada banyak jenisnya. Nah jenis termometer ini bisa dibedakan berdasarkan zat pengisi yang digunakan. Kira kira ada apa saja ya jenis termometer.

Pada pembahasan diatas terkait termometer zat cair, cairan yang sering digunakan adalah raksa dan alkohol. Masing masing dari raksa dan alkoho memiliki kelebihan dan kekurangan jika digunakan sebagai pengisi termometer. Selanjutnya untuk lebih detailnya simak tabel berikut

Jenis Pengisi TermometerKelebihanKekurangan
RaksaMudah dilihat karena mengkilap Volume berubah secara tertur ketika terjadi perubahan suhu Tidak membahasi dinding Mempunyai titik beku -40oC dan titik didik 350oC sehingga mempunyai jangkauan pengatur suhu cukup luas Dapat terpanasi secara merata sehingga dapat menunjukkan suhu dengan cepatSukar diperoleh sehingga air raksa harganya cukup mahal.Air Raksa tidak dapat digunakan untuk mengukur suhu yang sangat rendah < – 40o CAir Raksa termasuk zat beracun sehingga berbahaya apabila tabungnya pecah.
AlkoholAlkohol harganya murah dan mudah mendapatkannya di pasaran.Alkohol dapat mengukur suhu yang sangat rendah, sebab titik beku alkohol -130oCAlkohol lebih teliti, sebab untuk kenaikkan suhu yang sangat kecil ternyata alkohol mengalami perubahan volume yang besar.Tidak dapat mengukur suhu tinggi, karena titik didihnya rendah 78oC.Membasahi dinding kacaAlkohol tidak berwarna, sehingga perlu memberi pewarna terlebih dahulu agar dapat dilihat.

Skala Termometer

Termometer yang kita kenal saat ii mempunyai empat jenis skala ukur yaitu celcius, reamur, fahrenheit, dan kelvin. Keempat jenis skala termometer ini di namai sesuai dengan penemunya. Perbedaan keempat jenis skal termometer tersebut dapat di lihat pada tabel berikut.

Setelah melihat tabel diatas coba kita fokus di skala setiap satu skala termometer. Hal tersebutlah yang mendasari dalam penentuan perbandingan skala termometer Celcius, Reamur, dan Fahrenheit. Pebandingannya yaitu C : R : F = 100 : 80 : 180 = 5: 4 : 9. Dari perbandingan ini suhu dapat di konversi dari satuan celcius ke satuan lainnya atau sebaliknya. Sobat marvin belum tahu bagaimana cara mengkonversi? Tenang minvin paparin nih..

Oh iya sobat, sesuai dengan pernyataan di awal Sistem Satuan Internasional telah menetapkan adalah Kelvin (K) sebagai Satuan untuk besaran Suhu. Kemudian bagaimana cara mengkonversikan dari ketiga skala tersebut menjadi skala Kelvin. Diantara 3 skala tersebut yang paling mudah dikonversikan dalam skala Kelvin adalah skala celcius. Adapun persamaanya sebagai berikut.

ToC = TK – 273 atau TK = ToC + 273

Oke itulah mengenai suhu dan bagaimana cara mengukur suhu. Selain itu suhu juga bisa mengalami perubahan lho. Seperti apa perubahan suhu yang terjadi? Penasaran? Simak ulasan minvin selanjutnya di pembahan perubahan suhu ya sobat. Stay tune di marvin.id untuk mendapaktkan ulasan ulasan mengenai materi pembelajaran di sekolah yang di kemas dengan menarik. See you sobat

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *