Klasifikasi Makhluk Hidup │Kelas 7

Halo sobat, diantara kalian pasti ada yang suka dengan pelajaran IPA. Nah dari pelajaran IPA ini kita akan belajar banyak dengan makhluk hidup ataupun berbagai peristiwa terkait dengan kehidupan sekitar. Hal tersebutlah yang menjadikan pelajaran IPA menjadi lebih menarik. Terlepas dari itu, kita tau banyak sekali makhluk hidup yang ada di sekitar kita. Begitu banyaknya makhluk hidup, bahkan misal satu contoh kita sebut satu buah yang familiar di kita adalah mangga, memiliki banyak jenis. Kalian pasti pernah dengar berbagai macam mangga yang diantaranya mangga arumanis, mangga golek, mangga apel, mangga manalagi dan masih banyak lainnya. Banyak banget kan sob? Padahal itu baru satu jenis mangga. Apalagi kalau semua makhluk hidup. Oh ya selain makhluk hidup disekitar kita juga ada benda tak hidup.

Nah, dalam materi IPA atau lebih spesifiknya biologi, 2 hal tersebut dikenal dengan 2 jenis komponen. Yaitu komponen biotik dan komponen abiotik. Komponen biotik adalah semua jenis makhluk hidup yang terdapat dalam ekosistem. Lalu apa sih komponen abiotik itu? Komponen abiotik adalah komponen yang menyusun ekosistem yang terdiri dari benda-benda yang tak hidup. Salah satu contoh komponen abiotik adalah tanah. Benda tak hidup memiliki sebagian ciri kehidupan yang dimiliki makhluk hidup. Untuk mengetahui perbedaaan ciri antara benda tak hidup dan makhluk hidup, maka kalian perlu mempelajari sistem klasifikasi. Untuk lebih jelasnya seperti apa, yuk kita belajar bersama.  

Ciri-ciri makhluk hidup

Makhluk hidup memiliki ciri-ciri yang membedakan dengan benda tak hidup. Kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai klasifikasi makhluk hidup jadi kita fokuskan pada ciri – ciri makhluk hidup. Kira kira apa saja ciri ciri makhluk hidup? Oh iya kita ini sebagai manusia juga termasuk dalam makhluk hidup lho sob. Okay sebelum kita membahas ciri – ciri manusia silahkan kalian tarik nafas, dan keluarkan.

Ciri-ciri Makhluk Hidup

Yap betul bernafas merupakan salah satu ciri makhluk hidup. Bernapas adalah cara makhluk hidup untuk mendapatkan energi dari pemecahan makanan. Nah, manusia dan hewan darat bernapas dengan paru-paru. Ikan bernapas dengan insang, sedangkan tanaman bernapas dengan mulut daun (stomata).

Bernapas akan memasok oksigen ke dalam tubuh makhluk hidup. Oksigen tersebut penting untuk metabolisme tubuh karena dapat menghasilkan energi bagi tubuh. Metabolisme merupakan proses kimia yang terjadi di dalam tubuh makhluk hidup.

Pubertas pada manusia menandakan bahwa telah terjadi kematangan secara seksual begitupun dengan makhluk hidup lainnya. Makhluk hidup akan terus berkembang biak atau bereproduksi untuk menghasilkan keturunan. Hal itu dilakukan untuk mempertahankan jenis dari makhluk hidup tersebut agar tidak punah.

Ini merupakan ciri-ciri makhluk hidup yang mengandalkan pada indera-indera yang ada pada tubuhnya. Misalnya, kulit kita pasti peka terhadap rangsangan seperti sentuhan, dingin, panas, dan sebagainya. Tanaman juga dapat bereaksi ketika mendapatkan rangsangan. Contohnya adalah tanaman Mimosa Pudica atau putri malu. Daun-daunnya akan segera menutup apabila kita menyentuhnya.

Selanjutnya, makhluk hidup membutuhkan makanan untuk bertahan hidup. Contohnya tumbuhan yang membutuhkan mineral untuk membuat gula (fruktosa) bagi buahnya, ia juga membutuhkan sinar matahari untuk proses fotosintesis.

Ciri-ciri makhluk hidup selanjutnya adalah tumbuh dan berkembang. Kamu tumbuh dan berkembang, dari yang awalnya bayi hanya tidur-makan-nangis, kemudian bisa berjalan untuk pertama kalinya, hingga akhirnya menjadi kamu seperti saat ini.

For the last, makhluk hidup itu bergerak lho, guys. Bergerak merupakan perubahan posisi, baik seluruh tubuh atau sebagian.

Klasifikasi Makhluk Hidup

Klasifikasi adalah suatu cara pengelompokan dan pengkategorian yang didasarkan pada ciri-ciri tertentu. Semua ahli biologi menggunakan suatu sistem klasifikasi untuk mengelompokkan tumbuhan ataupun hewan yang memiliki persamaan struktur.

Sistem klasifikasi makhluk hidup yang saat ini digunakan berdasarkan sistem klasifikasi Linnaeus, yaitu sistem yang mengklasifikasikan makhluk hidup berdasarkan takson. Waduh, apa itu takson? Takson adalah urutan klasifikasi makhluk hidup berdasarkan ciri-ciri makhluk hidup dari yang paling umum hingga khusus. Nah, ilmunya disebut dengan taksonomi. Berikut adalah urutan takson pada makhluk hidup:

Taksonomi Klasifikasi Makhluk Hidup

Dilihat dari urutan takson di atas, ternyata makin ke bawah makin sempit ya cakupannya.

Salah satu klasifikasi dari tanaman sangat unik dan menarik jika di bandingkan dengan tanaman yang lainnya dan familiar bagi kita adalah mangga. Mari kita buat taksonnya yuk!.

Oke sobat itu dulu ulasan minvin terkait klasifikasi makhluk hidup. Untuk next kita bahas lagi lebih detail mengenai klasifikasi makhluk hidup. Oh iya buat kalian yang penasaran pembahasan lebih detailnya, nih minvin kasih spill-annya.

Menarik sekali ya belajar terkait dengan makhluk di sekitar kita. Yuk buat kalian yang ingin belajar lebih dulu di bandingkan teman teman kalian, langsung saja bergabung di marvin bimbel dan kalian bisa ambil program privat. Kalian bisa request tentor, jam bimbingan dan juga mata pelajaran yang kalian inginkan. Untuk info lebih lanjut klik ini ya.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 pemikiran di “Klasifikasi Makhluk Hidup │Kelas 7”