Contoh Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Pengganti UN 2021

Halo sobat marvin, minvin dulu pernah membahas mengenai AKM ya. buat yang belum tau sekilas info. Yap Asesmen Nasional di sebut sebut sebagai pengganti Ujian Nasional. Mendikbud Nadiem Makarim menjelaskan Asesmen Nasional tidak hanya di rancang sebagai pengganti Ujian Nasional, tapi juga sebagai penanda perubahan paradigma evaluasi pendidikan. Ada tiga aspek yang masuk dalam evaluasi Asesmen Nasional yang akan di terapkan pada tahun 2021.

Perlu di simak : Asesmen Nasional sebagai pengganti Ujian Nasional 2021. Apa itu Asesmen Nasional?

Oh iya sobat, dalam AKM terdapat dua kompetensi mendasar yang diukur diantaranya adalah literasi membaca dan literasi matematika (numerasi). Nah kali ini minvin mau fokuskan pada AKM Numerasi.AKM Numerasi bertujuan menguji kemampuanmu dalam berlogika menggunakan matematika. Meskipun berbasis matematika, jangan bayangkan soal AKM Numerasi ini sama dengan soal matematika biasa. Itulah yang menjadikan AKM Numerasi ini terasa istimewa. Nah seperti apa contohnya. Di Latihan soal ini kamu akan memperoleh gambarannya? Yuk langsung saja check this out.

Contoh 1

Jawabannya adalah 22 Januari 2021

Oke itu salah satu contoh soal AKM Numerasi. Yuk simak penjelasan minvin untuk soal ini. Soal di atas termasuk domain bilangan, subdomain operasi. Tema soal Kehidupan Sehat dan Sejahtera dengan konteks personal. Adapun kompetensi yang diujikan yaitu menentukan KPK, faktor suatu bilangan cacah dan FPB. Soal ini termasuk level penerapan, peserta didik harus mampu memanfaatkan dengan data yang tersaji dalam bacaan atau stimulus soal. Kemudian dengan berbekal pengetahuannya menggunakan informasi/data untuk menjawab pertanyaan. Soal di atas merupakan tipe pilihan ganda dengan satu pilihan jawaban yang benar.

Gimana sobat, faham kan ya untuk contoh soal pertama, yuk lanjut di soal berikutya dengan bentuk soal yang berbeda. Untuk soal berikutnya adalah bentuk soal pilihan ganda kompleks. Dimana pada doal berikut, sobat marvin bisa menentukan benar atau salah disetiap pilihan.

Contoh 2

Jawaban

PernyataanBenarSalah
Air bersih diterima paling banyak oleh 80 KKV 
Air bantuan mencukupi untuk 160 orang V
Setiap KK mendapat 100 liter air bersihV 
Setiap KK mendapat maksimal 50 Liter air bersih V

Soal di atas termasuk domain geometri dan pengukuran, subdomain pengukuran. Terma soal Air bersih dan sanitasi layak dengan konteks personal. Adapun kompetensi yang mengevaluasi/menilai beberapa satuan luas(cm3 dan m3). Soal di atas termasuk tipe penalaran. Untuk dapat menjawab soal ini, peserta didik harus menggunakan data atau informasi yang tersaji pada stimulus soal atau pada wacana. Selanjutnya, berbekal pengetahuannya, peserta didik menguji kebenaran setiap pernyataan. Soal tersebut merupakan tipe pilihan ganda kompleks yaitu terdapat lebih dari satu kemungkinan jawaban yang benar. Untuk dapat menjawab dengan benar, peserta didik harus menganalisis setiap pilihan jawaban.

  • Air bersih yang disalurkan 2 tangki, setiap tangki volumenya 4.000 liter sehingga air bersih yang disalurkan ada 8.000 liter.
  • Setiap warga mendapat air bersih 25 liter.
  • Setiap KK terdiri atas 4 orang sehingga jatah air bersih per KK sebanyak 100 Liter. Banyak KK yang dapat menerima air bersih

Contoh Soal 3.

Tidak terasa kita sudah membahas dua bentuk soal AKM ya sobat. Nah for the last kita belajar bentuk soal AKM menjodohkan. Seperti apa bentuk soalnya yuk simak contoh soal berikut

Berdasarkan bacaan diatas Pasangkan keterngan jumlah atau selisih berat dua bahan makanan yang terkumpul dengan bilangan yang tersediakan. Pasangkan dengan menarik garis.

Jawaban :

Dari soal diatas kita diminta untuk menjodohkan soal dengan jawaban. Dimana kita tau untuk soal ada di sisi kiri dan jawaban disisi kanan. Dengan begitu, yuk sobat langsung saja coba kita hitung untuk mengetahui jawabannya.

  • Jumlah berat telur dan tepung terigu
  • Jumlah berat gula dan beras
  • Selisih berat beras dan telur
  • Selisih berat gula dan telur

Oke sobat sementara 3 soal numerasi dulu yang minvin bahas. Kalian bisa menyimak bentuk bentuk soal AKM tersebut. Next time kita bahas soal AKM Literasi. Stay tune dengan minvin ya. oh iya sobat biar nantinya lancar dalam pengerjaan AKM kalian bisa mencari tambahan belajar di Marvin Bimbel lho. Untuk reservasi kita ada banyak diskon dan jugga hadiah menarik lho. Yuk segera lock kursi kalian. Untuk detailnya, sobat marvin bisa langsung saja chit chat dengan kakak – kakak marvin yang akan membantu kalian di sini ya.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *