Teks Non Fiksi│Kelas 6

Sobat masih ingatkah kalian pertama kalian masuk sekolah di bangku SD apa yang pertama kali diajarkan. Mungkin diantara sobat marvin semua pasti memiliki pengalaman yang berbeda. Beberapa mungkin pertama kali di ajarkan berhitung, atau mungkin membaca. Nah minvin tanya dong adakah di antara sobat marvin yang hobi membaca? Minvin harap ada ya sobat. Oh iya buat kalian yang hobi membaca, buku jenis apa yang paling kalian suka? Nah ngomong-ngomong soal buku, di sini kita akan membahas tentang teks non fiksi lho. Pastinya di antara kalian pernah dong membaca buku nonfiksi. Hmm atau mungkin ada yang belum tahu nih apa itu buku nonfiksi? Tenang, di sini akan minvin jelaskan tentang buku nonfiksi.

Untuk bisa lebih memahami hal ini, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai pengertian dari teks nonfiksi beserta dengan contohnya. Pastikan kamu membaca hingga akhir, ya! Supaya pengetahuan kamu mengenai materi ini semakin bertambah banyak.

Apa itu teks non fiksi?

Apakah kamu pernah membaca salah satu jenis dari buku tersebut? Jenis teks atau buku seperti biografi, ensiklopedia, jurnal dan buku pedoman termasuk jenis buku nonfiksi. Mengapa disebut nonfiksi? Jenis teks ini berdasarkan kenyataan atau data yang benar adanya di kehidupan nyata. Apakah kamu pernah membuat laporan sederhana di sekolah? Misalnya, berupa penelitian tumbuhan kecambah. Nah, data-data yang ada di dalamnya tentu saja berasal dari pengamatan kamu. Jika dibuat menjadi laporan secara utuh, maka teks tersebut akan menjadi teks nonfiksi berupa laporan hasil percobaan.

Dari simulasi diatas dapat ditarik kesimpulan teks nonfiksi merupakan teks yang ditulis berdasarkan data atau kenyataan yang ada. Informasi dari teks nonfiksi dapat di perkirakan dengan cara mengetahui kata kunci yang terdapat pada judulnya. Kata kunci merupakan kata penting yang menggambarkan isi teks. Setiap judul teks memiliki kata-kata penting yang mencerminkan informasi dari dalam teks. Kata-kata penting pada judul dapat menjadi pemandu bagi pembaca untuk menebak isi pokok atau informasi yang terdapat dalam teks. Dengan demikian, sebelum membaca teks secara keseluruhan kita dapat menebak kira-kira apa isi teks dengan cara menemukan kata penting pada judul teks.

Teks nonfiksi merupakan teks yang di buat berdasarkan kenyataan yang sebenarnya, sesuai dengan realita tanpa mengada-ada, atau dengan kata lain hal-hal yang benar terjadi di dalam kehidupan. Contoh karangan yang termasuk teks nonfiksi adalah: laporan, karya ilmiah, artikel, dan skripsi.

Ciri – Ciri Teks Non fiksi

Nah setelah tadi kita bahas apa itu teks non fiksi. Sobat marvin perlu tahu ciri cirinya jutga lho. Biar nantinya ketika menemukan sebuah teks, sobat marvin bisa mengidentifikasi teks tersbut apakh teks non fiksi atau bukan. Yuk simak ulasan ciri ciri teks non fiksi berikut.

Ciri – ciri Teks Non fiksi

Cara mencari kata kunci pada sebuah teks nonfiksi:

Cara mencari kata kunci

Itu dia tadi penjelasan tentang teks nonfiksi, sobat. Bagaimana, sudah paham kan apa yang dimaksud teks nonfiksi dan gimana cara mengidentifikasinya? Nah sekarang sobat marvin bisa mulai mencari buku-buku nonfiksi untuk dibaca, kemudian kalian juga bisa jika ingin menulisnya. Stay tune dengan ulasan – ulasan minvin ya sobat.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *