Makna Proklamasi Kemerdekaan Indonesia | Kelas 6

Hayo kalian pasti pernah ikut 17-an kan sobat? Kalian tau tidak 17 Agustus diperingati sebagai hari apa? Yap betul HUT RI, Hari ulang tahun republik Indonesia. Nah kalian tau tidak kejadian dibalik 17 Agustus ini? Proklamasi Kemerdekaan Indonesia digelar pada 17 Agustus 1945. Peristiwa penting ini identik dengan pembacaan naskah proklamasi yang dilakukan oleh Soekarno. Selain itu, peristiwa ini juga diisi dengan momen pengibaran bendera Merah Putih dan sambutan tokoh penting.

Detik-detik proklamasi Indonesia dimulai ketika para pemuda keluar dari rumah Laksamana Maeda pada 17 Agustus 1945 pukul 05.00 pagi. Kala itu, golongan muda bersepakat dengan golongan tua untuk memproklamirkan kemerdekaan Indonesia di Jalan Pegangsaan Timur No. 56, Jakarta pukul 10.00 WIB.

Sejarah teks proklamasi

Persiapannya detik detik proklamasi ini sudah dilakukan sejak lima bulan sebelumnya, tepatnya pada 1 Maret 1945. Di tanggal ini dibentuk BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia) atau dalam Bahasa Jepang disebut Dokuritsu Junbi Cosakai. Badan ini diresmikan pada 29 April 1945 dan diketuai oleh Dr. Radjiman Wedyodiningrat.

Sebagai persiapan, BPUPKI melakukan dua kali sidang. Sidang pertama dilakukan pada 29 Mei-1 Juni 1945. Sidang ini menghasilkan rumusan dasar negara Indonesia (Pancasila) yang dikemukakan oleh Mr. Soepomo, Mr. Muh. Yamin, dan Ir. Soekarno. Itulah mengapa tiap 1 Juni, sekarang kita peringati sebagai Hari Lahirnya Pancasila.

Sebagai tindak lanjut, pada 22 Juni 1945, dibentuk Panitia Kecil sebanyak sembilan orang (disebut juga Panitia Sembilan) dan mematangkan konsep Pancasila. Hasilnya dikenal sebagai Piagam Jakarta (Jakarta Charter). Sidang kedua dilakukan pada 10-14 Juli 1945 menghasilkan rumusan Undang-Undang Dasar lengkap dengan pembukaannya (preambule).

Sebelumnya, naskah proklamasi sudah disusun oleh Soekarno, Hatta, dan Ahmad Soebardjo di ruang makan rumah Laksamana Maeda. Naskah tersebut ditulis oleh Soekarno di atas secarik kertas, kemudian diketik oleh Sayuti Melik. Terakhir, Sukarni memberi usulan bahwa naskah ini sebaiknya ditandatangani oleh Soekarno dan Hatta atas nama bangsa Indonesia. Pada pukul 04.30 WIB konsep naskah proklamasi selesai disusun.

Setelah disepakati, Proklamasi akan dibacakan pada pukul 10.00 WIB di rumah Ir. Soekarno. Moh. Hatta berpesan kepada para pemuda yang bekerja di kantor pers, B.M. Diah untuk memperbanyak naskah teks proklamasi dan menyiarkan ke seluruh dunia.

Makna Proklamasi

Bagi bangsa Indonesia, proklamasi kemerdekaan berarti berakhirnya masa penjajahan dan mulainya kehidupan sebagai bangsa yang merdeka. Proklamasi kemerdekaan berarti tercapainya perjuangan bangsa Indonesia untuk merdeka.

Proklamasi kemerdekaan bagi bangsa Indonesia merupakan putusan politik tertinggi, yang memiliki arti penting bagi bangsa Indonesia.

Peristiwa proklamasi kemerdekaan Indonesia merupakan pernyataan resmi kemerdekaan bangsa. Bangsa Indonesia menyatakan secara resmi kepada seluruh rakyat Indonesia dan dunia internasional, bahwa mulai tanggal 17 Agustus 1945 bangsa Indonesia telah merdeka, lepas dari kekuasaan penjajah. Sejak saat itu bangsa Indonesia mengambil sikap untuk menentukan sendiri nasib bangsa dan tanah airnya dalam segala bidang. Dengan kemerdekaan berarti bangsa Indonesia akan menyusun negara sendiri tanpa dipengaruhi oleh pihak lain (penjajah). Dalam bidang hukum bangsa Indonesia memberlakukan hukum nasional, sehingga dianggap proklamasi merupakan penjebolan hukum kolonial diganti hukum nasional.

Proklamasi kemerdekaan tanggal 17 Agustus 1945 mengandung dua makna bangi bangsa Indonesia yaitu:

1. Berdirinya negara baru yaitu negara republik Indonesia. Ini berarti negara RI sebelum proklamasi belum ada sebab negara Indonesia masih dalam kekuasaan penjajah selama beratusratus tahun. Baru sejak proklamasi kemerdekaan, Indonesia secara resmi memiliki negara sendiri, yaitu negara Republik Indonesia.

2. Berdiri pula tata hukum dan tata negara baru, yaitu tata hukum dan tata negara Republik Indonesia. Kemerdekaan bagi bangsa Indonesia antara lain sebagai:

  • Puncak perjuangan bangsa Indonesia.
  • Awal perikehidupan kebangsaan Indonesia yang bebas.
  • Berdirinya negara Kesatuan Republik Indonesia.
  • Hapusnya penjajahan di Indonesia.
  • sebagai jembatan emas.
  • Merupakan tonggak awal pernerintahan yang berkedaulatan rakyat dan negara berdasarkan hukum.
  • Merupakan tonggak awal dimulainya pembangunan nasional.

Sekilas balik, itu dia kita ulas sedikit peristiwa detik-detik menuju Proklamasi kemerdekaan RI. Penuh perjuangan tentunya, ya sobat. Kita harus bersyukur karena kerjakeras para pahlawan yang terlibat dalam peristiwa tersebut, kita bisa hidup tenang kini. Melihat perjuangan pahlawan tentu menjadikan kita semua memiliki tanggung jawab untuk mengisi kemerdekaan. Sebagai generasi penerus, pelajar dituntut untuk bekerja keras dan belajar dengan giat demi meningkatkan kualitas dirinya. Nah untuk meningkatkan kualitas diri, sobat marvin perlu rajin belajar. Bukan hanya sekedar belajar disekolah saja. Namun, sobat marvin juga perlu belajar banyak hal di luar sekolah. Nah agar belajar kalian mendapat pendampingan dari tentor profesional yang memiliki beragam cara penyampaian materi yang menarik kalian cukup join class di Marvin Bimbel. Banyak program yang ada di marvin bimbel nanti kalian bisa pilih dan pilah yang sesuai dengan diri kalian ya sobat. See you !

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *