Barisan dan Deret Aritmatika │Kelas 8

Hai Hai sobat. Kalian pasti pernah dong jalan jalan ke pusat kota dan melihat bangunan bangunan tinggi bertingkat pencakar langit. Ketinggian (dalam meter) gedung berlantai satu, berlantai dua, berlantai tiga dan seterusnya dapat di tuliskan sebagai barisan bilangan seperti 5, 9, 13, 17, ….

Barisan bilangan tersebut mempunyai pola bertambah 4. Barisan bilangan yang mempunyai pola bertambah dengan bilangan yang sama dinamakan barisan aritmatika. Mau tau lebih lanjut bagaimana cara menghitung barisan aritmatika dan apa saja sih rumus- rumusnya? Yuk, kita belajar bareng!

Barisan Aritmatika (Un)

Barisan aritmatika adalah barisan bilangan yang selisih antara dua suku barisan yang berurutan nilainya selalu tetap atau sama. Selisih yang selalu tetap ini dinamakan beda. Biasa disimbolkan dengan b.

Misalnya, di suatu barisan memiliki suku pertama, yaitu 5. Suku pertama di simbolkan dengan U1 atau a. Lalu, di suku kedua (U2), yaitu 9. Suku ketiga (U3), yaitu 13, dan seterusnya. Berarti, barisan ini memiliki beda 4 pada setiap sukunya.

5, 9, 13, 17, ……

(setiap suku memiliki selisih atau beda, yaitu 4)

Nah, untuk mencari suku ke-n (Un), kita bisa menggunakan rumusnya, lho. Rumusnya bisa kamu lihat di bawah ini, ya.

Gimana Sudah paham kan Sobat? Kalau tadi kita belajar tentang barisan aritmatika, sekarang kita belajar tentang deret aritmatika. Kalian tau bedanya barisan dan deret aritmatika? Barisan aritmatika merupakan barisan bilangan yang mempunyai beda (selisih) yang tetap di antara suku-sukunya yang saling berdekatan, sedangkan deret aritmatika merupakan jumlah suku ke-n pertama pada barisan aritmatika.

Deret Aritmatika (Sn)

Deret bilangan adalah nilai yang di peroleh dari penjumlahan suku susku barisan bilangan. Jika U1, U2, …. , Un-1, Un membentuk barisan aristmatika, bentuk penjumlahan U1 + U2 + ….. + Un-1 + Un disebut deret aritmatika.

Wah, tidak terasa kita telah mempelajari materi barisan dan deret aritmatika, nih! Gimana mudah bukan? Kalau kamu ingin mempelajari materi ini lebih menarik lagi dan juga menyenangkan, kamu bisa gabung class di marvin bimbel. Di sana, kamu bisa belajar sekaligus latihan soal-soal dengan tentor profesional dengan ruang kelas yang nyaman dan kondusif. Jadi, tunggu apa lagi? Buruan Daftar !

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *