Rumus Phytagoras│Kelas 8

Dalil phytagoras sering dikenal dengan istilah Teorema phytagoras (pitagoras). Kalimat pythagoras pasti sudah tidak asing lagi di telinga kita, karena sejak SD ketika pembelajaran matematika pasti kita tidak ketinggalan untuk mempelajari pytagoras. Kalian kira kira tau tidak, apa ataupun siapa sebetulnya arti dari phytagoras itu? Phytagoras merupakan seorang matematikawan dan filsuf Yunani yang dikenal sebagai “Bapak Bilangan”. Salah satu peninggalannya yang bersejarah tentu aja teorema Pythagoras! Rumus phytagoras merupakan rumus yang ditemukan oleh ilmuwan yunani pythagoras.

Pelajari juga : Ukuran Penyebaran Data │Kelas 8

Phytagoras adalah suatu aturan matematika yang dapat digunakan untuk menentukan panjang salah satu sisi dari sebuah segitiga siku – siku. Teorema ini hanya berlaku untuk segitiga siku – siku saja, tidak bisa digunakan untuk menentukan sisi dari sebuah segitiga lain.

Teorema Phytagoras berbunyi:

“Kuadrat sisi miring (sisi terpanjang) dalam sebuah segitiga siku – siku sama dengan jumlah dari kuadrat dua sisi lainnya”.

Syarat Berlakunya Teorema Phytagoras

Terdapat dua syarat yang harus dipenuhi agar Teorema Phytagoras dapat berlaku, yaitu:

  • Teorema Phytagoras hanya berlaku untuk segitiga siku – siku.
  • Minimal 2 sisi dalam segitiga siku – siku tersebut sudah diketahui panjangnya terlebih dahulu.

Perhatikan gambar di bawah ini :

Segitiga di atas merupakan segitiga siku-siku yang memiliki satu sisi tegak (BC), satu sisi mendatar (AB), dan satu sisi miring (AC).

Dalil pythagoras atau rumus pythagoras berfungsi untuk mencari salah satu sisi dengan kedua sisi diketahui.

Rumus Teorema Phytagoras

Dari gambar contoh segitiga siku –siku di atas yang setiap sisinya diberi nama a, b, dan c. Sisi a merupakan sisi tegak, c adalah sisi alas, dan b merupakan sisi miring. Sisi miring ini berhadapan langsung dengan sudut siku – siku dari sebuah segitiga. Umumnya sudut siku – siku digambarkan dengan sebuah kotak kecil di dalamnya, seperti yang terlihat pada titik B yang terdapat pada segitiga di atas.

Apabila di ketahui sisi miring adalah c dan panjang sisi – sisi lain selain sisi miring adalah a dan b. Maka Teorema Phytagoras di atas bisa kita rumuskan seperti berikut ini:

b2 = a2 + c2

Dimana:

b = panjang sisi miring

a = panjang sisi tinggi

c = panjang sisi alas

Umumnya rumus dari Teorema Phytagoras ini digunakan dalam mencari panjang sisi miring. Namun, kita juga dapat menggunakan rumus tersebut untuk mencari panjang sisi alas dan sisi tinggi.

Rumus mencari panjang sisi alas:

c2 = b2 – a2

Rumus mencari panjang sisi tinggi:

a2 = b2 – c2

Jika di simpulkan maka berikut rumus phytagoras yang di hasilkan :

Oke sobat untuk menguji apakah kalian sudah faham atau belum yuk coba kita latihan soal.

Ternyata, mudah ya cara menghitung menggunakan teorema pythagoras itu. Kalau kamu punya cara lain yang di ajarkan sekolahmu, boleh juga di share di kolom komentar supaya yang lain tahu! Tentunya, kamu dapat mempelajari materi seperti ini dengan cara gabung reguler class di marvin pati. Di sana, kamu akan mendapatkan penjelasan dari tentor profesional dengan metode pembelajaran yang mudah di pahami dan menyenangkan. Tentunya di marvin pati kalian juga akan di berikan soal-soal yang membantumu memahami lebih dalam tentang pelajaran sekolah, lho! Yuk segera daftarkan diri kalian di sini. Banyak diskon menarik lho!

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *