FPB dan KPK │ Kelas 7

Halo sobat? Gimana nih kabar kalian? Oh iya minvin mau tau dong apa mata pelajaran yang paling kalian suka? Kalau minvin sih paling suka matematika. Dengan kata matematika, apa yang ada dibenak kalian. Pasti langsung teringatnya akan hitungan dan bilangan bilangan yang ada di dalamnya. Perlu sobat marvin tau jika diketahui dua bilangan atau lebih maka dapat dicari hubungan dari bilangan-bilangan tersebut. Hubungan antara dua bilangan atau lebih yang paling sederhana adalah Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dan Faktor Persekutuan Terbesar (FPB). Pada ulasan materi kali ini minvin akan bahas tentang Faktor Persekutuan Terbesar (FPB). Kalian pernah tidak sih mersa bingung diantara kedua hal tersebut. Sering kali diantara kalian pasti sering terbolak dan terbalik antara FPB dan KPK. Maka dari itu, biar hal tersebut tidak terulang yuk kita ulas bersama.

Faktor Prima dan Faktorisasi Prima

Dalam menentukan FPB dan KPK, kamu perlu menggunakan Faktorisasi Prima. Apakah itu? Pahami beberapa hal di bawah ini dulu ya sebelum kita belajar lebih jauh. Secara umum, faktorisasi prima dapat di definisikan sebagai bentuk penulisan suatu bilangan sebagai perkalian dari faktor-faktor primanya. Bilangan yang dapat di tuliskan dalam faktorisasi prima adalah bilangan asli yang lebih dari 1 dan bukan bilangan prima. Bilangan prima tidak dapat di faktorisasikan prima karena faktor primanya adalah bilangan itu sendiri.

Sebagai contoh, bilangan 3, 5, dan 7 tidak dapat di faktorisasikan prima karena bilangan-bilangan tersebut merupakan bilangan prima. Cara memperoleh faktorisasi prima dari suatu bilangan adalah dengan membagi bilangan tersebut dengan bilangan prima terkecil yang mungkin. Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh berikut.

Faktor dari 12 adalah 1, 2, 3, 4, 5, 6, dan 12.

Ada cara mudah untuk menentukan faktorisasi prima, yaitu menggunakan pohon faktor (membagi bilangan tersebut hingga menyisakan faktor-faktor prima saja). Perhatikan gambarnya ya!

Perkalian dari faktor-faktor prima suatu bilangan disebut faktorisasi prima bilangan tersebut.

KPK

KPK adalah bilangan kelipatan terkecil yang sama dari banyaknya bilangan yang dimaksud. Banyaknya bilangan yang dimaksud ini bisa berupa 2 bilangan, 3 bilangan, dan seterusnya. Contoh: Kita akan menentukan KPK dari 2 bilangan, yaitu 6 dan 8. Langkah pertama yang kita lakukan adalah mencari kelipatan dari masing-masing bilangan tersebut. Untuk lebih jelasnya yuk simak gambar berikut!

Kesimpulan :

KPK dua bilangan bulat positif atau lebih adalah bilangan terkecil yang habis dibagi bilangan – bilangan tersebut.

FPB

Faktor persekutuan merupakan faktor yang sama dari dua bilangan atau lebih. ama halnya dengan KPK, banyaknya bilangan yang dimaksud ini bisa berupa 2 bilangan, 3 bilangan, atau lebih. Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh berikut. Misalkan di berikan bilangan 24 dan 36. Faktor dari kedua bilangan tersebut adalah:

Perbedaan FPB dan KPK

Perbedaan FPB dan KPK mudah di hapalkan kok. Coba perhatikan di bawah ini:

FPB:

  • Faktor yang sama dari dua bilangan atau lebih.
  • Bilangan terbesar di antara faktor-faktor persekutuannya

KPK:

  • Kelipatan yang sama dari dua bilangan atau lebih.
  • Bilangan terkecil di antara kelipatan-kelipatan persekutuannya.

Rumus Cepat Menghitung FPB dan KPK

  • FPB: Hasil kali faktor yang sama saja dan ambil faktor dengan pangkat terkecil.
  • KPK: Hasil kali semua faktor dan ambil faktor dengan pangkat terbesar untuk faktor yang sama.

Mencari KPK dan FPB dengan faktor prima

Misalnya, kita akan mencari nilai KPK dan FPB dari dua bilangan, yaitu 12 dan 18. Berikut tuntut cara penyelesaiannya :

Wah, gampang banget kan materi KPK dan FPB ini. Tapi, materi segampang ini nggak akan bisa kamu kuasai lho jika kamu malas untuk memperbanyak latihan soal. So, jangan malas untuk belajar dan latihan soal ya, Sobat! Nah, bagi kamu yang mudah menyerah untuk ngadepin soal matematika kalian bisa lho tanya 24 jam dengan tentor profesinal marvin bimbel mengenai materi ataupun soal yang kalian rasa kesulitan. Cukup kalian mendaftarkan diri menjadi siswa reguler class di marvin bimbel nanti kalian akan bisa memanfaatkan layanan keren tersebut. Oh iya kalian juga bisa reservasi kelas kalian mulai sekarang lho. Mumpung masih banyak diskonnya yuk langsung cuss daftarkan diri kalian in here 😀 

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Satu pemikiran di “FPB dan KPK │ Kelas 7”