Struktur Atom │Kelas 10 IPA

Batang kapur dapat di haluskan menjadi serbuk kapur dengan cara di tumbuk. Serbuk kapur terdiri atas butiran-butiran kapur halus yang berukuran sangat kecil. Butiran-butiran kapur tersebut masih dapat di pecah lagi menjadi partikel yang lebih kecil hingga di peroleh partikel terkecil yang tidak dapat dibagi lagi. Partikel terkecil inilah disebut sebagai atom. Dengan kata lain, atom merupakan bagian terkecil suatu materi yang tidak dapat dibagi lagi dan masih memiliki sifat materi tersebut.

Oh iya perlu sobat marvin ketahui atom bukanlah partikel terkecil yang menyusun materi, melainkan ada partikel-partikel yang lebih kecil dari atom itu sendiri. Partikel-partikel tersebut disebut partikel subatom atau partikel dasar penyusun atom. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai partikel dasar penyusun atom, simak penjelasan berikut.

Partikel-Partikel Dasar Penyusun Atom

Struktur atom bisa didefinisikan secara sederhana sebagai susunan partikel dasar atom. Sebagai partikel penyusun sebuah materi, atom ikut menentukan sifat materi tersebut, sampai saat ini tidak ada teori atau model yang mutlak dari sebuah atom, dan teori mengenai atom masih terus mengalami perbaikan, pengembangan, dan penyempurnaan. Sebagai partikel dasar atom, atom terdiri atas Proton, Elektron, dan Neutron, dimana proton merupakan atom bermuatan positif (+), elektron atom bermuatan negatif (-), dan Neutron merupakan atom tidak bermuatan atau bersifat netral.

Proton

Proton ditemukan oleh Eugene Goldstein melalui percobaan sinar katode yang telah di modifikasi. Pada tahun 1886 Eugene Goldstein melakukan percobaan menggunakan tabung gas berkatode yang telah di modifikasi tersebut dikenal dengan tabung Crookes. Setelah melakukan percobaan pada berbagai gas, ditemukanlah bahwa gas hidrogen menghasilkan sinar bermuatan positif paling kecil baik massanya maupun muatan muatannya, sehingga partikel ini disebut proton. Dimana proton memiliki muatan +1, dan massanya sama dengan 1 sma (satuan muatan atom).

Elektron

Pada tahun 1897 Joseph John Thomson menemukan partikel subatom yang disebut elektron. Thomson menemukan elektron melalui percobaan sinar katode. Sesuai percobaan Willian Crookes yang menggunakan tabung katode, selanjutnya thomson melanjutkan percobaannya dengan mengamati pengaruh medan magent dan medan listrik terhadap elektron. Hasilnya, elektron di belokkan ke arah kutup positif medan listrik. Thomson memperoleh nilai perbandingan antara muatan elektron dan massa elektron sebesar 1,7 x 108 C g-1.

Sedangkan untuk muatan elektron sendiri di temukan oleh Robert Milikan, melalui percobaan tetesan halus minyak. Berdasarkan hasil percobaan Thomson dan Milikan, di dapatkan muatan elektron -1 dan massa elektron sama dengan 0, sehingga elektron di lambangkan 0-1e

Neutron

Penemu neutron adalah James Chadwick melalui percobaannya menembaki atom berilium dengan sinar alpha (𝛼), dari percobaan ini di dapatkan bahwa partikel yang menimbulkan radiasi berdaya tembus tinggi itu bersifat netral atau tidak bermuatan dan massanya hampir sama dengan proton. Partikel ini memiliki massa yang hampir sama dengan proton yaitu 1. Oleh karena itu partikel ini disebut dengan neutron dengan muatannya sama dengan 0 (nol) sehingga dilambangkan

Oke sobat, setelah mempelajari partikel-partikel penyusun atom, kalian sekarang sudah mengetahui bahwa seluruh benda di alam tersusun atas partikel dasar yang berkuran sangat kecil. Pada dasarnya semua makhluk hidup dan benda mati yang Tuhan ciptakan tersusun atas atom. Oleh karena itu, kalian wajib bersyukur dan bertanggungjawab untuk menjaga semua ciptaan Tuhan tersebut. Kalian dapat mengamati keterlibatan partikel-partikel atom tersebut dalam fenomena alam yang terjadi di dalam kehidupan sehari-hari. Nah biar lebih mudah dalam memahami materi materi dari sekolah kalian bisa mengambil les privat di Marvin Bimbel. Dengan bergabung program privat kalian bisa request mata pelajar yang kalian inginkan dan juga hari yang kalian mau lho. Perlu kalian tau juga Marvin bimbel merupakan salah satu Bimbel ternama yang recommended di Pati lho. Yuk segera daftarkan diri kalian jangan sampai kehabisan kuota siswa ya. Untuk daftar bisa langsung klik di sini.

Pelajari Juga : Teori Model Atom │Kelas 10

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *