Teori Model Atom │Kelas 10

Halo sobat mavin! Kali ini minvin akan membahas hal yang menarik lho, yaitu “Sejarah Perkembangan Teori Model Atom”. Kalian pasti sudah pernah dengar tentang atom dong. Minvin pun sudah pernah mengulas tentang atom. Kalau lupa bisa simak disini.

Bisa dipelajari juga : Mengenal Atom, Molekul dan Ion │Kelas 9

Keberadaan atom sebagai penyusun dasar materi mulai dikenal pada tahun 400 SM. Setelah dikemukakan oleh democritus. Setelah itu, teori-teori mengenai atom berkembang seiring perkembangan ilmu kimia. Berdasarkan penelitian berikutnya, diketahui bahwa atom tersusun atas partikel-partikel lebih kecil yang disebut partikel subatom. Beberapa ahli pun mengusulkan teori atom dan model atom berbeda sesuai hasil penelitian masing-masing.

Atom pertama kali lahir dari filsafat antara Democritus dengan Aristoteles. Ada beberapa teori model atom, diantaranya teori model atom Dalton, Thomson, Rutherford, dan Bohr. Model atom Bohr merupakan teori yang paling banyak dimanfaatkan, salah satunya untuk penemuan tabel unsur periodik. Teori atom lain seperti model tata surya yang diusulkan oleh Rutherford. Akan tetapi, teori atom yang digunakan saat ini adalah teori atom modern yang disusun berdasarkan teori mekanika kuantum.

Cermati uraian berikut untuk memahami lebih lanjut mengenai teori atom dan struktur atom yang sebenarnya. Let’s check this out!

Perkembangan Teori-Teori dan Model Atom

Teori atom pertama kali ditemukan oleh John Dalton dan terus mengalami perkembangan hingga teori atom modern yang dikenal saat ini. Dalam perkembangannya, muncul beberapa model atom yang disusunoleh para ilmuwan. Berikut ini adalah perkembangan teori dan model atom menurut para ilmuwan.

Model  atom Dalton

Menurut Dalton, atom merupakan partikel terkecil penyusun suatu materi dengan bentuk menyeerupai bola pejal. Pendapat John Dalton ini menyempurnakan pendapat Democritus. Dia juga mengemukakan beberapa postulat mengenai atom. Postulat tersebut didasarkan pada hukum kekekalan Massa dan hukum Perbandingan Tetap. Postulat tersebut dikembangkan selama periode 1803-1808 dengan isi sebagai berikut.

Model Atom Thomson

Pada tahun 1897 Joseph John Thomson menemukan elektron yaitu partikel dasar atom yang bermuatan negatif. Sejak penemuan ini, kebenaran teori Dalton mulai diragukan. Oleh sebab itu, Thomson mengajukan model atom yang dikenal dengan model atom kismis.

Model Atom Rutherford

Pada tahun 1911 Ernest Rutherford, Geiger dan Marsden melakukan percobaan penembakan sinar alfa pada lempeng emas tipis untuk membuktikan teori atom Thomson. Berdasarkan percobaanya didapatkan hasil sebagai berikut.

Model Atom Bohr

Model atom Bohr mencoba memperbaiki teori atom Tutherford dengan cara menggabungkan teori atom Rutherford dan hipotesis Planck mengenai mekanika kuantum. Dalam model atom Bohr, dinyatakan bahwa atom terdiri dari inti atom yang mengandung proton dan neutron dan dikelilingi oleh elektron yang berputar dalam orbitnya (tingkat energi tertentu). Orbit ini dikenal sebagai kulit atom. Bohr mengemukakan empat postulat yang diterapkan untuk menerangkan atom hidrogen. Kempat postulat itu sebagai berikut

Model Atom Teori Mekanika Kuantum

Model atom mekanika kuantum merupakan model atom yang paling modern. Atom terdiri dari inti atom bermuatan positif dan awan-awan elektron yang mengelilinginya. Daerah keboleh jadian ditemukannya elektron dinamakan orbital. Dari teori inilah ditemukan empat jenis orbital, yaitu s, p, d, f. Model atom modern dibangun oleh beberapa ilmuwan seperti Louis de Broglie, Wolfgang Pauli, Erwin Schrodinger, dan Werner Heisenberg. Berikut gambaran modelnya:

Wah, ternyata model atom ada banyak, ya! Kamu sudah paham belum? Supaya kamu makin paham, yuk ikutan kelas reguler di marvin Bimbel . Kalian akan mendapatkan pembelajaran yang menarik bersama dengan tentor tentor profesional yang akan memberikan penjelasan menarik sehingga kalian lebih mudah memahaminya. Jangan lupa daftarkan diri kalian di sini ya.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Satu pemikiran di “Teori Model Atom │Kelas 10”