Wish and Hope │Kelas 9

Sobat marvin semua pasti pernah dong memiliki sebuah keinginan dan harapan. Misalkan waktu kalian kecil pernah memiliki keinginan untuk bertemu dengan captain america atau misal ingin memiliki istana selayaknya princess. Selain itu mungkin ada yang memiliki harapan nanti kelak besar menjadi pilot agar bisa terbang. Oh iya semua itu tidak ada salahnya lho. Semua orang pasti pernah memiliki keinginan ataupun harapan. Bahkan sampai kalian dewasa pasti harapan dan keinginan ddalam hidup kalian itu pasti ada, meskipuyn mungkin akan berbeda dengan keinginan atau harapan kalian pada saat masih anak – anak.

Nah kalian pernah tidak terlintas di benak kalian, apa sih perbedaan harapan dan keinganan itu? Dalam bahasa inggris wish dan hope di percaya merupakan dua kata yang mempunyai arti sama. Padahal keduanya berbeda pada konteks. ah, tetapi apakah kamu sudah tahu bagaimana cara mengungkapkan harapan dan keinginan dalam bahasa Inggris? Ungkapan ini disebut dengan Expression of Wish and Hope. Seperti apa sih, contohnya? Kuy, kita belajar bersama lewat ulasan minvin berikut.

Wish

Menurut kamus, wish ternyata banyak sekali kegunaannya lho, tergantung konteks kalimat. Secara umumnya wish memiliki definisi “mengharapkan sesuatu yang sulit atau tak mungkin diwujudkan dengan kemampuan manusia” akan tetapi dalam praktinya, “wish bisa digunakan untuk berbagai kondisi yang diantaranya sebagai berikut.”

Mengekspresikan Pengandaian (Masa lalu)
  • I wish I’ve drank more milk, look how short I am
  • He wishes he were there when his girlfriens passed away
Mengucapkan keinginan dengan lebih sopan
  • They wish to get the package separately, since they aren’t from the same country
  • I wish to get the service firstly, since i came first.
Mengungkapkan doa
  • I wish I could be enrolled to Gajah Mada University in the next year
  • He wishes you to be always healthy and succesfull in life

Oh ya sobat ada hal lain yang perlukalian ketahui lho. Ungkapan wish berfungsi sebagai kata benda (noun) sekaligus kata kerja (verb) yang artinya adalah ingin atau mengharapkan. Ada dua bentuk ungkapan wish yang bisa digunakan. Apa saja, ya?

  1. Wish + Noun

Sobat, kalian bisa menggunakan ungkapan wish + noun jika ingin mengungkapkan harapan kalian untuk orang lain. Biasanya, bentuk ungkapan seperti ini kita gunakan untuk mendoakan kesuksesan, kesehatan, dan keberhasilan orang lain. Contoh kalimatnya antara lain, I wish you luck on your debate competition (aku harap kamu sukses dalam menjalani lomba debat) dan She wishes me happiness (dia mendoakan agar aku selalu bahagia).

  • Wish + To Infinitive

Penggunaan kata wish yang diikuti to infinitive mempunyai arti yang sama dengan “I want to …”, akan tetapi, biasanya digunakan pada saat yang lebih formal. Contoh kalimatnya adalah I wish to celebrate Christmas with my family next year (Aku harap aku bisa merayakan natal bersama keluargaku tahun depan) dan Mario wishes to get the first rank on this new semester (Mario ingin mendapatkan peringkat pertama di semester baru ini).

Hope

Sebenarnya apa sih arti kata dari ‘hope’? menurut kamus hope sebagai verb memiliki arti ‘mengharapkan sesuatu dengan itikad baik, entah untuk diri sendiri atau orang lain’. sedangkan sebagai noun, hope memiliki arti ‘harapan’. Perbedaan terbesar antara wish dan hope terletak pada derajat kemungkinan terkabulnya. Di dalam ‘wish’ kamu tidak memiliki kemungkinan untuk mewujudkan harapanmu sendiri. Sehingga kemungkinan terkabulnya rendah. Sedangkan dalam ‘hope’ kamu sebenarnya memiliki kemampuan untuk mewujudkan harapan itu, tapi ada suatu kondisi yang membuat kalian menjadi ragu.

Salah satu contoh kamu pengen banget punya PS 5 akan tetapi karena kamu belum bekerja dan belum punya uang maka kamuhanya bisa “wish for it”. Tapi kalau kamu sudah bekerja kamu bisa menggunakan “hope”. Seperti kata wish, hope juga bisa berfungsi sebagai noun dan verb yang memiliki arti harapan atau berharap. Di bandingkan kata wish, kata hope memiliki harapan yang tingkat kemungkinannya sangat tinggi. Ada 2 jenis penggunaan kata hope. Yuk, kita simak penjelasannya di bawah ini!

Hope + To Infinitive

Kata Hope yang diikuti oleh to infinitive digunakan untuk menyatakan harapan dan niat di masa depan. Contoh kalimatnya antara lain She hopes to be a successful designer (dia berharap bisa menjadi desainer yang sukses) dan I hope to see you again one day (saya harap bisa bertemu kembali denganmu suatu hari nanti).

Hope (that)

Kata ‘hope (that)’ digunakan ketika ada subjek baru yang muncul di dalam that-clause tersebut. Subordinator that pada that-clause tersebut boleh saja di hilangkan, sehingga hanya menyisakan subjek dan predikatnya saja. Contoh kalimatnya antara lain adalah Vina hopes that Mr. Subagyo can consider his idea for our school’s farewell (Vina harap pak Subagyo bisa mempertimbangkan idenya untuk acara perpisahan sekolah).

Sekarang sudah tau kan kapan kita harus menggunakan hope ataupun wish. Jangan sampai salah penggunaaan ya sobat. Kalian bisa mengasah kemampuan kalian berbahasa inggris dari hal – hal kecil dan percakapan percakapan simple setiap hari. Dengan begitu kalian nanti perlahan mulai lancar. Oiya di marvin juga ada program english conversation lho. Program EC ini di persiapkan untuk kalian yang berkeinginan mahir dalam berbicara bahasa inggris. Yuk segera daftarkan diri kalian di sini ya. Jangan sampai ketinggalan. Let’s go!!!

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *