Perbedaan Can dan could │Kelas 11

Saat sobat marvin belajar bahasa inggris, pasti sudah sering kamu dengar dan temukan kata Can dan Could ketika belajar bahasa inggris kan? Kalian bisa membedakan antara can and could? Kalau ada yang jawab jelas mereka beda di lihat dari tulisannya, minvin kasih jempol deh, hehe.  Pernah nggak kamu bingung menggunakan ‘can you help me?’ atau ‘could you help me?’ Dalam Bahasa Inggris, can memiliki arti yang sangat simpel yaitu “bisa”, namun masalahnya could juga memiliki arti bisa. Terus, kapan dong waktu yang tepat buat pakai can dan should?apa ngasal aja boleh? Jawabannya adalah can dan could tidak bisa digunakan asal dong. Meskipun perbedaan can dan could memang sepele, akan tetapi kalau nggak tepat pemakaiannya bisa bisa orang yang mendengar kalimat kalian jadi tersinggung atau salah persepsi.

Can dan could termasuk dalam modal verb, yaitu kata kerja yang menunjukkan modality; kemungkinan, kemampuan, ijin, permintaan, kapasitas, saran, perintah, keharusan, atau nasihat. Jika keduanya memiliki makna yang sama, bagaimana menggunakan masing-masing verb secara tepat? Sebenanya apa sih perbedaanya can dan could? Simak materi singkat dari minvin ini kalau mau perbedaan keduanya.

Can

Can memiliki arti bisa/dapat, disini can digunakan pada kalimat present tense atau waktu sekarang dan bukan waktu lampau ataupun masa yang akan datang. Tetapi Can juga memiliki beberapa makna lain sesuai dengan konteks kalimat.

Could

Could juga memiliki arti yang sama dengan can yaitu dapat atau mampu. Namun, could lebih digunakan pada masa lampau. Could bisa digunakan sebagai conditional form (bentuk pengandaian) dari Can untuk menyampaikan sesuatu mungkin terjadi jika sebuah kondisi atau situasi terpenuhi.

Perbedaan Can dan Could Dalam Bahasa Inggris

Can dan could merupakan bagian dari modal auxiliary verb. Dua kata can and could bisa di artikan sebagai bisa atau dapat. Can dan could dalam modal auxiliary verb memiliki beberapa fungsi di antaranya adalah sebagai berikut :

Sebelum kita jelasin masing-masing fungsi dari can dan could kita pelajari dulu yuk perbedaan can dan could dalam bahasa inggris yang di bedakan oleh beberapa situasi di antaranya:

  • Can dan could di bedakan dalam situasi weak dan strong
  • Can dan could di bedakan oleh situasi formal dan informal.

Langsung aja yuk kita bahas fungsinya satu persatu. Kalian juga bisa menyimak penjelasan

Ability (Kemampuan)

Fungsi can dan could yang pertama adalah sebagai ability (kemampuan) yang mana fungsi can dan could untuk menunjukkan kemampuan seseorang.

Fyi: Untuk situasi yang digunakan adalah can untuk kalimat present dan could digunakan untuk kalimat past. Contoh :

  • She can cook delicious food (Dia perempuan bisa memasak makanan yang enak)
  • She could cook delicious food yesterday (Dia perempuan bisa memasak makanan yang enak kemarin)

Dari kedua kata tersebut dapat kita simpulkan bahwa dan dan could digunakan sebabagai kemampuan (ability) can digunakan untuk kalimat present dan could dalam kalimat past.

Possibilty (Kemungkinan)

Fungsi yang kedua dari can dan could adalah sebagai possibility (kemungkinan) yang mana fungsi can dan could ini untuk menunjukkan sesuatu kemungkinan. Fyi : Perbedaan Can dan Could dalam bahasa inggris sebagai possibility di bedakan dalam situasi strong possibility (kemungkinan yang sangat mungkin terjadi) dan weak possibility (kemungkinan yang kecil terjadi). Contoh :

  • Do you need me? I can be your partner to speak up

(Apakah Kamu membutuhkanku?? Aku bisa menjadi partnermu untuk berbicara)

  • I don’t want to put my bag in the basket, because it could be stolen

(Saya tidak ingin meletakkan tas saya di keranjang, karena takutnya tas itu di curi)

Dalam konteks dua contoh di atas can memiliki strong possibility karena pembicara sangat yakin bahwa bisa menjadi partner dalam berbicara. Sedangkan untuk could memiliki weak possiblity (atau kemungkinan yang belum tentu terjadi) Dari kedua contoh tersebut can dan could di gunakan untuk strong possibility dan could untuk weak possibility.

Permission (Izin)

Untuk penggunaan can dan could yang berfungsi sebagai permission (izin) di bagi menjadi 2 situasi yaitu formal dan informal, could digunakan untuk situasi formal dan can untuk situasi informal. Contoh :

  • Could i us this phone in this room sir?

(Bisakah saya menggunakan hp di ruangan ini pak?)

  • Can i use this phone in this room guys?

(Bisakah saya menggunakan hp di ruangan ini guys?)

Dari kedua kata diatas kita dapat ketahui bahwa could digunakan untuk situasi dan kondisi formal dan can untuk informal digunkan tergantung kepada siapa kita meminta izin, untuk situasi formal biasnya digunakan untuk orang yang lebih tua atau yang lebih kita hormati.

Sugession (saran)

Untuk suggestion (saran) hanya could saja yang digunakan dalam kalimat.

Contoh :

  • Welish : I don’t know what to do for this messy room

(Aku tidak tau apa yang harus di lakukan untuk ruangan yang berantakan ini)

  • Lisha: You could tidy up this room

(Kamu harus merapihkan ruangan ini)

Jadi untuk menyarankan seseorang kita hanya menggunakan could.

Request (Permintaan )

Untuk fungsi request (Permintaan) perbedaan can dan could dalam bahasa inggris yaitu Can digunakan untuk informal request sedangkan Could digunakan untuk formal request. Sama dengan izin formal digunakan dalam situasi dan orang yang lebih kita hormati dan informal biasanya untuk sesorang yang kita kenal dekat.

Contoh :

  • Can you bring me a laptop? (Dapatkah bawakan laptop saya?)
  • Could you bring me a laptop please? (Dapatkah bawakan laptop saya?)

Dapat kita lihat dari kedua kalimat di atas could untuk sesuatu yang lebih sopan.

Penawaran (Offers)

Can digunkan untuk penawaran pasti/ to the point (strong offers) dan Could digunakan untuk tidak to the point(basa basi) (weak offers).

Contoh:

  • Welish : Can i help you?

(Ada yang bisa saya bantu?)

  • Lisha: I’m a new come here. i don’t know where i to go

(Saya baru datang kesini saya tidak tahu saya harus pergi )

  • I could bring this letter from him if you don’t mind

(Aku bisa membawa surat ini untuknya kalau kamu tidak keberatan)

Dari kedua contoh diatas bahwa can digunakan untuk sesuatu yang to the point dan could untuk sesuatu yang tidak to the point.

Gimana sobat, mudah kan belajar gimana cara membedakan can dan could. Minvin yakin kalian sekarang bakal lebih bisa menempatkan can dan could secara tepat. Oh iya sobat kalian bisa gabung untuk menjadi siswa marvin di program english conversation lho. Pada program EC nanti akan belajar banyak hal tentang conversation dengan metode belajar yang asyik dan pastinya di sesuaikan dengan grade kemampuan kalian. Grade nya apa saja? Kalian bisa tanyakan di sini ya

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *