Teks Biografi │Kelas 10

Mungkin squad pernah membaca teks mengenai kisah perjalanan hidup seseorang? Seorang tokoh, baik tokoh nasional atau dunia. Yap, teks tersebut disebut dengan teks biografi. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), biografi adalah riwayat hidup (seseorang) yang ditulis oleh orang lain. Teks biografi merupakan bentuk teks yang berisi mengenai kisah suatu tokoh dalam mengarungi kehidupannya. Dikutip situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), biografi memuat identitas dan peristiwa yang dialami seseorang, termasuk karya dan penghargaan yang diterima dan permasalahan yang dihadapinya.

Dengan membaca teks biografi, kamu dapat menemukan hal-hal yang menarik dari kehidupan tokoh tersebut. Hal-hal menarik tersebut selanjutnya dapat kamu nilai sesuai atau tidak sesuai untuk direfleksikan dalam kehidupan sobat squad. Melalui biografi kita bisa mendapatkan keterangan atau juga penjelasan dari suatu tindakan dan juga misteri yang meliputi kehidupan seseorang.

Apa beda Biografi dan autobiografi

Teks biografi adalah suatu teks yang menceritakan kisah kehidupan atau riwayat hidup seorang tokoh yang di tulis oleh seseorang. Biografi dapat menceritakan informasi seperti tempat lahir, latar belakang pendidikan, pekerjaan, hubungan bahkan sampai kematiannya. Biografi menyediakan detail tentang kehidupan baik saat sukses maupun jatuhnya, bagaimana kepribadian seseorang dapat terlihat di berbagai kondisi. Teks Biografi biasanya di tulis dalam bentuk buku, namun terkadang ada yang membuat dalam komposisi musik atau film.

Sedangkan autobiografi adalah, gambaran hidup tentang seseorang yang di tulis oleh orang itu sendiri. Arti kata auto yaitu ‘sendiri’, sehingga autobiografi mencakup semua elemen biografi namun di tulis dan di narasikan sendiri. Penulis dapat menulis sendiri atau membayar ghostwriter untuk menuliskan untuk mereka dengan tanpa credit.

Ciri-ciri Biografi

  • Memuat fakta

Dalam biografi harus memuat fakta mengenai tokoh yang akan di tulis dalam bentuk naratif. Biografi dibuat berdasarkan informasi fakta serta disajikan dalam bentuk narasi. Faktualnya (fakta) di dasarkan pada pengalaman hidup seseorang yang di ceritakan dalam tokoh biografi tersebut.

  • Struktur jelas

Struktur teks yang dibuat untuk menulis biografi harus jelas, jangan membingungkan atau tanda tanya bagi pembaca. Penulis bisa menggunakan alur maju, mundur, maupun campuran saat membuat teks biografi.

  • Bahasa yang lugas

Teks biografi yang di tulis harus menggunakan bahasa yang jelas, lugas tidak terlalu memakai unggkapan atau majas.

Struktur Teks Biografi

Struktur teks biografi ini terbagi menjadi 3 bagian, di antaranya ialah:

  • Orientasi

Orientasi ialah sebuah bagian yang mana menerangkan atau menjelaskan tentang pengenalan-pengenalan para tokoh yang di dalamnya berisikan mengenai tokoh yang sedang di kisahkan atau sedang di ceritakan di dalam biografi tersebut.

  • Kejadian/Peristiwa dan Masalah

Pada bagian kejadian atau peristiwa ini ialah bagian-bagian atau aspek yang di dalamnya berisikan mengenai suatu kejadian atau peristiwa yang sudah pernah di dapati oleh seseorang. Termasuk juga di dalamnya berisikan mengenai masalah-masalah yang pernah ia hadapi dalam menggapai suatu tujuan dan juga impian-impian dalam kehidupannya. Persoalan yang sangat menarik, mengagumkan, mengesankan, dan juga menyedihkan yang pernah di dapati oleh seseorang tokoh yang di bahas atau di ceritakan di dalam bagian ini.

  • Reorientasi

Apa itu ‘Reorientasi’? Reorintasi ialah bagian penutup dalam biografi. Aspek ini di dalamnya berisikan mengenai pandangan penulis kepada para tokoh yang sedang di kisahkan dalam biografi tersebut. Reorientasi ini memiliki sifat opsional, yang mana artinya ialah bagian ini boleh di cantumkan atau boleh juga untuk tidak di cantumkan.

Kaidah Kebahasaan Teks Biografi

  • Menggunakan kata ganti orang ketiga tunggal ia atau dia atau beliau
  • Banyak menggunakan kata kerja tindakan untuk menjelaskan peristiwa-peristiwa atau perbuatan fisik yang dilakukan oleh toko
  • Kata kerja pasif untuk menjelaskan peristiwa yang dialami
  • Banyak menggunakan kata sifat untuk memberikan informasi secara rinci tentang sifat-sifat tokoh. Contoh: kata sifat untuk mendeskripsikan watak tokoh seperti genius, rajin, ulet.

Gimana sobat,mudah kan memahami teks biografi? Intinya yang perlu kamu ingat adalah bahwa teks biografi memiliki pesan dan nilai yang dapat di teladani oleh pembacanya. Sama seperti belajar, kalian juga harus memahami konsepnya agar semakin paham. Yuk, tambah pemahaman materi kalian dengan stay tune di semua ulasan materi kami sesuai dengan grade sobat marvin semua ya. selain itu kalian juga bisa pantengin instagram kita karena bakal ada info info menarik.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *