Transformasi Geometri │Kelas 9

Halo sobat kalian pasti tau transformerkan? Yap sebuah mobil yang bisa berubah menjadi robot. Sama selayaknya transformer yang mengalami perubahan, arti singkat dari transformasi adalah perubahan. Hanya saja ketika tranformer mengalami perubahan bentuk, berbeda dengan transformasi geometri. Transformasi geometri merupakan perubahan posisi (perpindahan) dari suatu posisi awal (x , y) ke posisi lain (x’ , y’). Dengan kata lain perubahan pada sebuah bidang geometri yang mencantum posisi, besar dan bentuknya sendiri. Perlu sobat marvin ketahui, transformasi geometri terdiri dari 4 jenis. Apa sajakah 4 jenis tersebut, yuk simak ulasan minvin berikut.

Translasi (Pergeseran)

Translasi merupakan perpindahan suatu objek dari satu tempat ke tempat lain di karenakan adanya pergeseran. Yang berarti, translasi tersebut hanya akan mengalami perpindahan titik ya sobat. Penentuan hasil objek lewat translasi cukup mudah. Caranya hanya dengan cara menambahkan absis serta ordinat dengan jarak tertentu sesuai dengan ketentuan tertentu. Untuk lebih jelasnya tentang proses translasi bisa di lihat pada gambar di bawah. Secara matematis, konsep translasi di tuliskan sebagai berikut:

Sifat-sifat translasi:

1. Bangun / objek yang ditranslasi tidak mngalami perubahan bentuk

2. Bangun / objek yang ditanslasi meengalami perubahan posisi

Refleksi (Pencerminan)

Kalian pasti sering bercermin. Ketika bercermin, amatilah diri dan bayangan kalian. Apakah memiliki bentuk dan ukuran yang sama? Amati pula jarak diri kalian ke cermin. Samakah dengan jarak bayangan kalian ke cermin? Dengan bercermin dan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, kalian akan menemukan beberapa sifat pencerminan. Refleksi merupakan perpindahan suatu objek dari satu tempat ke tempat lain di karenakan adanya pencerminan.

Misalkan garis x = h adalah cermin dan titik P (a,b) adalah objek. Jarak titik P terhadap sumbu y adalah a. Jarak cerrmin x = h ke sumbu y adalah h. Karena jarak benda ke cermin sama dengan jarak cermin ke bayangan, maka jarak bayangan ke sumbu y adalah 2h, sehingga jarak bayangan ke objeek adalah 2h – a.

Sifat-sifat refleksi adalah sebagai berikut.

  • Garis yang menghubungkan benda dengan bayangannya akan tegak lurus cermin
  • Jarak benda ke cermin sama dengan jarak bayangannya ke cermin
  • Bayangan bersifat maya dan kongruen dengan benda aslinya.

Berikut ini adalah ringkasan daftar matriks transformasi yang ada di refleksi atau pencerminan.

Dilatasi

Dilatasi merupakan bentuk pembesaran atau pengecilan dari titik-titik untuk membentuk sebuah bangunan. Kalian pernah melihat miniatur sebuah bangunan ataupun miniatur suatu benda? Nah hal tersebut bisa dikatakan dilatasi.

Dalam konsep dilatasi, ada yang disebut titik dilatasi dan faktor dilatasi. Titik dilatasi merupakan titik yang menentukan posisi suatu dilatasi. Titik dilatasi menjadi titik pertemuan dari semua garis lurus menghubungkan antara titik-titik dalam suatu bangun ketitik-titik hasil dilatasi.

Ketentuan faktor skala (k) :

Jika │k│> 1, bayangan benda di perbesar

Jika 0 < │k│ < 1, bayangan benda diperkecil

Rotasi (Perputaran)

Rotasi merupakan perpindahan suatu objek dari satu tempat ke tempat lain di karenakan adanya perputaran.

Titik A di rotasikan dengan pusat rotasi di titik O sejauh a menghasilkan titik A’.

Ketentuan nilai a :

Jika      a > 0 ; rotasi berlawanan arah jarum jam

            a > 0 ; rotasi searah jarum jam

Hap.. gimana sobat faham kan soal Transfomasi geometri. Jika kalian merasa belum faham kalian bisa lo gabung dengan Marvin Bimbel untuk pmendapatkan pembelajaran tambahan di luar kelas sekolah. Apa sih kelebihan di Marvin Bimbel dengan bimbel bimbel lainnya. Dengan bergabung menjadi siswa marvin kalian mempunyai fasilitas layanan tentor 24 jam. Jadi misal kalian pada saat mandiri belajar di rumah menemukan kesulitan, kalian bisa langsung meminta bantuan tentor mengenai penjelasan materi terkait melalui chatting whatsapp. Yuk segera daftarkan diri kalian disini ya sobat.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Satu pemikiran di “Transformasi Geometri │Kelas 9”