Perpindahan Kalor │Kelas 11

Sobat marvin pasti pernah dong mengaduk teh panas dengan sendok logam, maka sendok logam juga akan terasa panas. Selain itu hal serupa juga terjadi saat di dekat api unggun, badan kita menjadi hangat. Hal ini terjadi karena perpindahan energi panas dari teh ke logam yang tadinya tidak bermuatan panas. Atau juga saat air panas dituangkan ke dalam gelas kaca, maka gelas juga lama-lama akan terasa panas. Inilah yang disebut sebagai perpindahan kalor atau perpindahan panas.

Panas atau kalor adalah energi yang berpindah dari suhu yang tinggi ke suhu yang rendah. Kalor tersebut memiliki satuan internasional (SI), yaitu joule. Benda-benda di sekitar kita ada yang bisa menghantarkan panas dan tidak bisa menghantarkan panas. Benda yang bisa menghantarkan panas disebut dengan konduktor. Contoh benda konduktor ialah tembaga, besi, air, timah, dan alumunium.

Pelajari Juga : Kalor │Kelas 11

Sementara itu, benda yang tidak bisa menghantarkan panas disebut isolator. Contoh benda isolator ialah plastik, kain, kayu, karet, kertas, ban, dan lainnya. Nah, sekarang kamu tidak perlu heran lagi saat melihat Ibu mengangkat panci dengan kain di tangannya karena kain termasuk benda isolator.

Oiya sobat, tahukah kamu? Perpindahan kalor ada tiga cara, yaitu konduksi, konveksi, dan radiasi. Nah, sekarang kita akan belajar macam-macam perpindahan kalor yang terbagi atas konduksi, konveksi, dan radiasi. Simak ulasan berikut ya.

Radiasi

Perpindahan kalor dengan cara radiasi adalah perpindahan panas yang tanpa menggunakan zat perantara. Biasanya perpindahan panas berasal dari cahaya. Radiasi adalah peristiwa perpindahan kalor dalam bentuk gelombang elektromagnetik. Contoh perpindahan kalor secara radiasi:

  • Menetaskan telur menggunakan lampu
  • Ruangan dengan banyak sorotan lampu terasa lebih panas.
  • Pakaian yang kering karena radiasi cahaya matahari.

Laju pancaran kalor oleh benda hitam menurut stefan Boltzmann dinyatakan pada uraian berikut. Energi total yang di pancarkan oleh permukaan suatu benda dalam bentuk radiasi kalor setiap satuan waktu, setiap satuan luas, sebanding dengan pangkat empat suhu mutlak permukaan itu di kalikan konstanta.

BACA JUGA : Radiasi Benda Hitam │Kelas 12 IPA

Konduksi

Perpindahan kalor dengan cara konduksi adalah perpindahan panas dari zat padat. Namun, zat padat ini tidak mengalami perpindahan. Jadi hanya panasnya saja yang berpindah tanpa disertai perpindahan dari partikel-partikel zat padatnya.

Contoh perpindahan kalor secara konduksi:

  • Air yang mendidih saat dipanaskan di panci dengan menggunakan kompor.
  • Mentega yang mencair ketika dipanaskan.
  • Memanaskan ujung sendok logam dengan lilin akan membuat seluruh sendok terasa panas.

Laju perpindahan kalor secara konduksi bergantung pada panjang, luas penampung, kondukstivitastermal dan perbedaan suhu sistem. Banyaknya kalo yang berpindah setiap satuan waktu ditunjukkan persamaan berikut.

Konveksi

Perpindahan kalor dengan cara konveksi adalah perpindahan panas yang diikuti oleh perpindahan zat perantaranya. Biasanya konveksi teradi pada zat cair atau gas. Dalam konveksi di kenal istilah konveksi bebas yaitu perpindahan kalor di sertai perpindahan zat alir/fluida secara bebas. Salah satu contoh konveksi bebas adalah Air yang mendidih keseluruhan ketika dipanaskan. Selain konveksi bebas ada pula konveksi paksaan yaitu perpindahan kalor yang di sertai perpindahan partikel zat karena perbedaan tekanan yang di buat dengan pompa. Contoh konveksi paksaan adalah kipas angin dan AC.  Perpindahan kalor secara konveksi terjadi pada Asap yang keluar dari cerobong dan juga es batu yang mencair saat di masukkan ke dalam air panas. Laju kalor yang mengalir pada suatu zat mengikuti persamaan berikut

Macam-macam perpindahannya ternyata cukup dekat dengan kehidupan kita sehari-hari, ya. gimana cukup mudah kan kalau kita belajar tapi di berikan contoh langsung dengan kejadian kejadian yang ada di sekitar kita. Masih penasaran dengan materi materi lain yang ternyata ada kaitannya dengan kehidupan sehari hari. Yuk belajar bersama teman teman dan tentor profesional di program reguler marvin bimbel pati. Kalian bisa reservasi untuk tahun ajaran baru lebih awal dengan diskon yang besar lho. Kalian bisa konsultasi program di sini ya sobat.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *