Kalor │Kelas 11 IPA

Beberapa dari kalian tentu pernah membantu ibu memasak di dapur bukan? Pada saat memasak di dapur, tentunya ibu menggunakan energi panas api untuk menaikkan suhu masakan, baik air ataupun minyak. Benda memiliki tingkat panas tertentu karena di dalam benda terkandung energi panas. Bahkan ketika kalian memegang air panas yang ada di dalam gelas pasti kalian akan merasa ikut kepanasan? Hal ini terjadi karena kalor berpindah dari air lalu ke gelas hingga akhirnya ke tangan kita. Lalu apa sih sebenernya kalor itu?

Kalor merupakan besaran penting dalam kehidupan, mengapa demikian? Karena tanpa ada kalor, kehidupan makhluk hidup pasti akan terganggu. Contohnya, kalor yang berasal dari radiasi sinar Matahari mampu menghangatkan Bumi. Jika tidak mendapatkan energi kalor dari Matahari, maka Bumi akan beku. Bumi yang beku tentu tidak bisa dijadikan tempat tinggal oleh milyaran makhluk hidup. Ingin tahu bahasan selengkapnya tentang kalor? Check this out!

Kalor ?

Kalor adalah suatu energi yang mudah di terima dan mudah sekali di lepaskan sehingga dapat mengubah temperatur zat tersebut menjadi naik atau turun. Oh iya sobat, Kalor juga bisa berpindah dari satu zat ke zat yang lain melalui medium atau perantara. Misalkan, dua buah zat yang memiliki temperatur berbeda di campurkan pada sebuah wadah. Maka temperatur kedua benda tersebut akan menjadi sama. Kalor biasanya dinyatakan dalam suhu. Dalam satuan internasional, kalor dinyatakan dengan Joule. Satuan lainnya dinyatakan dengan kalori. Nah, kamu juga perlu tahu pernyataan ini:

Kalor Jenis

Kalor jenis adalah karakteristik suatu zat yang menunjukkan kemampuannya menyerap kalor. Selain itu kalor jenis juga di artikan sebagai kemampuan suatu benda untuk melepas atau menerima kalor secara singkat kalor jenis meurpakan jumlah kalor yang di perlukan untuk menaikkan suhu 1 kg massa benda sebesar derajat tertentu (misalnya 1 derajat Kelvin). Masing-masing benda mempunyai kalor jenis yang berbeda-beda, lho. Satuan kalor jenis ialah J/kg⁰C. ‘K’ simbol yang sering digunakan untuk melambangkan kalor jenis adalah c (huruf kecil).Untuk menentukan besarnya kalor jenis tiap zat, sobat marvin bisa menggunakan persamaan berikut.

Kapasitas Kalor

Kalor juga dapat di hitung menggunakan data kapasitas kalor. Kapasitas kalor merupakan jumlah kalor yang di perlukan untuk menaikkan suhu zat tersebut sebanyak derajat tertentu (misalnya 1 derajat Kelvin). Satuan Internasional (SI) dari kapasitas k. adalah C (huruf kapital). Secara matematis, kapasitas kalor di rumuskan sebagai berikut.

Asas Black

Saat membahas tentang kalor, pasti kamu akan bertemu dengan istilah azas Black. Pada tahun 1760, seorang ilmuwan asal Skotlandia, yaitu Joseph Black, berhasil merumuskan suatu konsep tentang aliran kalor dari dua zat yang berbeda suhu. Konsep ini disebut sebagai azas Black. Azas Black menyatakan jumlah kalor yang di lepaskan oleh zat bersuhu tinggi sama dengan jumlah kalor yang di terima oleh zat bersuhu lebih rendah. Secara matematis, dinyatakan sebagai berikut.

Oke itu penjelasan minvin mengenai kalor ya sobat. Sobat marvin bisa latihan soal untuk menguji seberapa jauh pemahaman sobat. Kalian bisa mencari soal soal penerapan rumus kalor dan mencoba untuk memecahkannya. Jika memang mengalami kendala kalian bisa mengambil kelas privat di marvin bimbel. Dengan program privat kalian bisa intensif bimbingan tatap muka dengan tentor marvin sesuai dengan request kalian. Yuk bisa daftarkan diri kaian di sini ya

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *