Teks Pidato │Kelas 6

Teman-teman pada hari ulangtahun sekolah vina, akan di adakan berbagai lomba. Salah satu lomba yang di ikuti vina adalah lomba pidato. Akan tetapi vina masih bingung gimana cara membuat teks pidato yang baik dan benar. Oh ya kalian para sobat marvin tau atau endak cara membuat teks pidato yang baik dan benar. Kalau belum tau yuk simak ulasan minvin kali ini. Minvin bakal kupas tuntas tentang teks pidato lho.

BACA JUGA : Pemerintahan (Government) dalam Bahasa Inggris│Kelas 6

Sobat, kalian pasti tau dong pidato itu apa? Yap pidato merupakan kegiatan berbicara. Berpidato bisa dilakukan berdasarkan teks/naskah pidato (yang sudah disiapkan sebelumnya), berdasarkan catatan tentang garis besar isi pidato, ada pula yang serta merta, tanpa teks. Bagi pemula, dalam berpidato sebaiknya menggunakan teks/naskah pidato agar lancar. Kerangka pidato adalah catatan tentang pokok-pokok isi pidato yang di susun sesuai dengan urutan yang di kehendaki.

Oh ya sobat secara umum, Pidato memiliki beberapa ciri-ciri yang digunakan untuk membedakannya dengan proses komunikasi lainnya. Berikut ini adalah beberapa ciri dari pidato tersebut :

 Bagian Bagian dalam Teks Pidato

Oh ya sobat sebelum menyusun sebuah teks pidato kalian perlu mengetahui bagian –bagian pada teks pidato. Ada beberapa bagian pada teks pidato yang di antaranya adalah sebagai berikut.

Belajar Berpidato yang Baik

Ada berbagai macam cara berpidato, yaitu membaca naskah, menghafalkan naskah, menggunakan kerangka pidato, dan tanpa naskah. Pada pelajaran ini, kamu akan belajar berpidato dengan membaca naskah. Kamu mungkin pernah mendengarkan seseorang yang berpidato. Ada yang berpidato dengan menarik, ada pula yang tidak. Agar kamu dapat berpidato dengan baik, bacalah dan pahami naskah pidato dengan baik. Persiapan yang baik sebelum berpidato akan mengurangi rasa gugupmu ketika berpidato sehingga kamu pun dapat berpidato dengan baik. Hal-hal yang harus di perhatikan ketika berpidato menggunakan naskah adalah sebagai berikut:

1. Sebelum berpidato, bacalah naskah untuk memahami isinya.

2. Mengetahui hal-hal penting (tujuan, nama acara, dan undangan yang hadir) dalam naskah.

3. Ketika berpidato, gunakan intonasi yang tepat.

4. Pandangan mata jangan selalu terarah pada naskah. Sesekali mata di arahkan pada hadirin.

Nah untuk menguji kalian sudah faham atau belum, tentang materi pidato kali ini coba analisis struktur bagian contoh pidato di bawah ini. Setelah itu coba praktekkan di depan kaca seolah olah kamu sedang berpidato selayaknya vina pada saat lomba. Terakhir jika kalian masih belum mampu membuat naskah pidato kalian bisa belajar di marvin. Kalian bisa belajar dengan nyaman intensif dan juga menemukan teman –teman baru serta tentor-tentor profesional marvin.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Satu pemikiran di “Teks Pidato │Kelas 6”