Klasifikasi dan Perubahan Bentuk Zat│Kelas 7

Dalam kehidupan sehari – hari kita pasti menjumpai banyak benda dengan berbagai ragamnya.setiap benda memiliki karakteristik tertentu. Mulai dari yang bisa dilihat, bisa dipegang atau justru sebaliknya. Setiap benda memiliki sifat yang dapat berubah-ubah dan sifat yang tetap. Namun tahukah kalian yang disebut benda merupakan zat yang tersusun atas partikel-partikel. Dimana, partikel-partikel tersebut tersusun dan saling berikatan satu dengan yang lainnya, sehingga terbentuklah sebuah benda (zat) yang dapat diraba, dilihat atau dirasakan.

Selain itu perlu sobat marvin tau, benda-benda yang kita kenal dalam kehidupan sehari- hari sering mengalami perubahan. Perubahan tersebut ada yang langsung dapat diamati, tetapi ada juga yang memerlukan waktu lama untuk diamati.

Oh iya sobat kalian pernah melihat asap yang tampak pada perunjukan musik di depan panggung. Nah asap tersebut juga salah asatu wujud zat. Benda-benda yang ada di alam semuanya merupakan zat. Lalu apakah itu zat? Oke biar kalian jelas mengetahui tentang zat dan juga perubahannya yuk kita ulas bersama minvin.

Zat?

Zat adalah sesuatu yang memiliki massa dan menempati ruang. Setiap zat mempunyai sifat yang berbeda. Seperti yang minvin sampaikan sebelumnya, benda atau zat tersusun atas partikel-partikel, dimana partikel yang satu dengan yang lainnya akan saling berikatan. Ikatan inilah yang menguraikan macam-macam zat. Pada prinsipnya terdapat 3 macam wujud zat yaitu : 1). zat padat, 2). zat cair dan 3). zat gas.

Sifat Zat

Salah satu yang menjadi pembeda antara zat padat, cair dan gas adalah dari susunan partikelnya. Hal ini dikarenakan partikel zat berukuran sangat kecil, sehingga tidak dapat dilihat dengan mata telanjang. Oleh  karena itu, susunan dan sifat partikel sangat menentukan dalam wujud zat. Secara garis besarnya sifat zat padat memiliki bentuk dan volumenya tetap, tidak tergantung pada tempatnya. Sifat zat cair adalah volumenya tetap, tetapi bentuk berubah sesuai dengan tempatnya. Sifat gas adalah bentuk dan volumenya berubah sesuai dengan tempatnya. Sifat-sifat pertikel zat tersebut adalah sebagai berikut.

Perubahan Bentuk Zat

Sobat kalian pasti pernah melihat es krim yang awalnya padat berubah menjadi cair dong. Pada proses melelehnya es krim pada saat mengalami perubahan suhu maka es krim akan mengalami perubahan wujud yang tadinya berupa padat menjadi cair. Penggolongan perubahan wujud zat dapat digolongkan menjadi 6 peristiwa yaitu:

  • Membeku. Pengertiannya adalah peristiwa perubahan wujud dari cair menjadi padat. Pada peristiwa pembekuan terjadi pelepasan energi panas dari zat.
  • Mencair. Pengertiannya adalah peristiwa perubahan wujud zat dari padat menjadi cair. Pada peristiwa ini zat membutuhkan energi panas.
  • Menguap. Pengertiannya adalah peristiwa perubahan wujud dari cair menjadi gas. Pada peristiwa ini zat membutuhkan energi panas.
  • Mengembun. Pengertiannya adalah peristiwa perubahan wujud dari gas menjadi cair. Pada peristiwa ini zat akan melepaskan energi panas.
  • Menyublim. Pengertiannya adalah peristiwa perubahan wujud dari padat menjadi gas. Pada peristiwa ini zat membutuhkan energi panas.
  • Mengkristal. Pengertiannya adalah peristiwa perubahan wujud dari gas menjadi padat. Pada peristiwa ini zat akan melepaskan energi panas.

Oke sobat, sekarang kamu sudah tahu kan apa aja macam-macam zat serta perubahan bentuk zat. Ternyata, banyak sekali contohnya dalam kehidupan sehari-hari kita, ya. Yuk, pelajari materi pelajaran lainnya bersama tentor tentor profesional marvin bimbel. Belajar lebih nyaman dengan kondisi kelas yang mendukung!

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *