Mengenal ASEAN │Kelas 6

Halo sobat marvin, apa kabar nih? Berapa jumlah penduduk di lingkungan kalian? Pasti sudah padat kan pemukiman di sekitar rumah kalian? Indonesia memiliki jumlah penduduk yang sangat banyak. Sebagian besar penduduk bekerja sebagai pedagang. Kegiatan perdagangan mampu mendukung perekonomian masyarakat Indonesia. Indonesia memiliki peran penting dalam perekonoian negara-negara ASEAN. Et kalian pasti pernah dong mendengar ASEAN? Tau kah kalian apa itu ASEAN? Buat kalian yang baru pertama kali mendengar mengenai ASEAN tidak perlu risau. Kali ini minvin akan jelasi mengenai ASEAN.

ASEAN?

Association of Southeast Asian Nations adalah organisasi yang beranggotakan negara – negara di kawasan Asia Tenggara. Organisasi ASEAN didirikan melalui penandatangan Deklarasi Bangkok pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand. Salah satu Kantor Sekretariat ASEAN terletak di Jakarta. Organisasi ini beranggotakan atas 10 negara yang berada di Asia Tenggara di antaranya adalah Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Brunei Darussalam, Filipina, Vietnam, Loas, Myanmar, dan Kamboja. Oh iya sobat, ASEAN dibentuk bukan semata mata untuk kumpul kumpul saja lho, tapi ada tujuan di balik didirikannya ASEAN. Yuk kita simak apa saja tujuannya.

Sejarah berdirinya ASEAN

Indonesia merupakan salah satu pendiri ASEAN. Sejak di dirikan pada tahun 1967, Indonesia pernah menjabat sebagai ketua ASEAN pada tahun 1976, 2003, dan 2011. ASEAN terbentuk berdasarkan Deklarasi Bangkok yang di pelopori oleh 5 negara yaitu

  • Indonesia di wakili Adam Malik
  • Malaysia oleh Tun Abdul Razak
  • Thailand oleh Thanat Khoman
  • Filipina diwakili Narsisco Ramos, dan
  • Singapura oleh S. Raja Ratnam.

Berdasarkan letak Geografis, Negara ASEAN terletak di antara 2 benua dan 2 samudera yaitu benua Asia dan Australia. Dan dua samudera yaitu Samuder Hindia dan pasifik. Keseluruhan wilayah daratan dan perairan ASEAN hampir imbang.Luas daratan adalah 4.812.000 km² dan perairanya seluas 5.060.100 km². Satu satunya negara di ASEAN yang tidak memiliki laut adalah Laos. Berdasarkan Astronomis negara negara ASEAN terletak pada 26°LU-11°LS dan 93°BT-141°BT.Dengan demikian beberapa negara di ASEAN berada di wilayah utara.Satu satunya negara yang tidak beriklim tropis adalah myanmar karena memiliki 4 musim.

Beberapa negara pelopor berdirinya ASEAN memiliki alasan khusus untuk anggota anggota dari ASEAN sendiri. Ada beberapa latar belakang yang mendasari mereka membentuk ASEAN. Yuk kita simak.

Manfaat dan Peran

Manfaat kerjasama ASEAN bagi Indonesia menarik untuk diketahui. ASEAN menjadi organisasi yang bertujuan meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, dan pengembangan kebudayaan negara anggotanya. Telah banyak capaian ASEAN yang memberi manfaat kerjasama ASEAN bagi Indonesia. Manfaat kerjasama ASEAN bagi Indonesia tak lepas dari perannya di dalam organisasi ini.

Kerjasama ASEAN memberikan manfaat bagi Indonesia meliputi banyak aspek. Manfaat kerjasama ASEAN bagi Indonesia ini meliputi ekonomi, politik, sosial, budaya, hingga keamanan. Manfaat kerjasama ASEAN bagi Indonesia juga memberi keuntungan bagi negara anggota lainnya. Berikut beberapa manfaat kerjasama ASEAN bagi Indonesia.

Sejak menyatakan kemerdekaan, Indonesia bertekad mewujudkan perdamaian dunia dan kawasan regional. Tekad bangsa Indonesia, tercantum dalam Pembukaan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, yaitu “… ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.” Hal tersebut, di tuangkan dalam peran aktif Indonesia dalam organisasi ASEAN. Berikut ini 5 peran Indonesia dalam ASEAN:

Oke sobat sampai sini dulu ya penjelasan dari minvin. Ternyata banyak sekali pengetahuan yang di dapatkan bahwa kerja sama ASEAN memberikan manfaat perdagangan antarnegara Asia Tenggara. Selain itu, Indonesia memiliki peran penting dalam ASEAN. Yuk cari tau lebih jauh mengenai peran Indonesia di kancah dunia dengan stay tune berbagai pengetahuan menarik dari minvin ya. selain itu kalian juga bisa bergabung di Marvin Bimbel. Bersama Marvin Bimbel, belajar kalian akan terasa lebih nyaman dan menyenangkan. Di tunggu kedatangan kalian atau bisa konsultasi di sini ya kak :’)

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *