Ukuran Penyebaran Data │Kelas 8

Hai hai hai, sobat marvin!

Masih ingatkah kalian dengan pembahasan kita kemarin mengenai ukuran pemusatan data. Dengan menentukan pemusatan data ukuran letak data ternyata belum cukup untuk memberikan gambaran yang jelas dari suatu data. Pada pengukuran statistika, selain ukuran pemusatan dan ukuran letak juga ada Ukuran Penyebaran Data.Ukuran penyebaran data adalah ukuran yang menunukkan seberapa jauh data suatu menyebar dari rata-ratanya. Ukuran penyebaran data merupakan ukuran yang menunjukkan seberapa jauh data suatu menyebar dari rata-ratanya. Ukuran penyebaran data yang ada dalam materi statistika meliputi Jangkaun, Kuartil, jangkauan Antarkuartil, dan Simpangan Kuartil. Penasarankan apa itu jangkauan, Kuartil dan lain sebagainya? Yuk langsung kita bahas bersama.

Jangkauan

Range atau sering disebut jangkauan yaitu selisih antara data dengan nilai terbesar dan data dengan nilai terkecil pada data berkelompok. Jangkauan merupakan salah satu ukuran persebaran data. Jangkauan di definisikan sebagai selisih antara data dengan nilai terbesar dan data dengan nilai terkecil.Pada data tunggal, untuk menentukan jangkauan cukup dengan Pengurangan anatara nilai tertinggi dan nilai terendah pada data terkait. kemudian bagaimana dengan data kelompok? Bagaimana cara agar kita mengetahui nilai maksimal dan juga minimalnya? Nilai minimal dari data kelompok di dapat dari titik tengah pada kelas pertama. Tetapi nilai maksimal dari data kelompok di dapat dari titik tengah pada kelas terkahir. Berikut ini adalah rumus jangkauan , Yakni :

Contoh soal

Kuartil

Pada topik sebelumnya, kita telah membahas mengenai median yang membagi data yang sudah di urutkan menjadi dua kelompok yang sama banyak. Bagaimana jika data yang telah terurut di bagi menjadi empat kelompok yang sama banyak? Jika data di bagi dengan cara demikian, maka akan di peroleh empat kelompok yang masing-masingnya terdiri atas 14 data. Ukuran yang membagi data menjadi empat kelompok yang sama banyak disebut kuartil. Dalam suatu data ada tiga jenis kuartil, yaitu kuartil bawah, kuartil tengah, dan kuartil atas. Untuk lebih jelasnya, perhatikan ilustrasi di bawah ini. Misalkan suatu data di gambarkan seperti berikut ini. Data tersebut di bagi menjadi empat bagian yang sama besar, sehingga menjadi:

Q2 atau median terletak di tengah – tengah data

Q1 terletak di antara Xmin dan Q2

Q3 terletak diantara Q2 dan Xmaks 

Jangkauan Antarkuartil

Hamparan atau jangkauan antar kuartil adalah selisih antara kuartil ketiga dengan kuartil pertama atau dengan kata lain jankauan antar kuartil adalah selisih antara kuartil atas dan kuartil bawah dari suatu data. Jika jangkauan antar kuartil di notasikan H, maka di peroleh persamaan:

H=Q3−Q1

Simpangan Kuartil

Rentang semi antarkuartil atau simpangan kuartil (Qd) atau adalah setengah kali jangkauan antarkuartil atau dengan kata lain setengah dari selisih kuartil atas dengan kuartil bawah.

Simpangan kuartil = ½ (Q₃ – Q₁)

Kuartil di dapat dengan cara :

  • Mengurutkan data dari nilai terkecil hingga terbesar
  • Menentukan median atau (Q2)
  • Menentukan (Q1) (median data kurang dari (Q2)) dan (Q3) (median data lebih dari (Q2))

Kalau kamu butuh pendampingan belajar di rumah tatap muka dengan tentor, langsung aja daftar program outclass di Marvin Bimbel . Di jamin deh jadi makin jago dan juga semakin nyaman belajar kalian. Tunggu apa lagi? Sikat, Sobat!

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Satu pemikiran di “Ukuran Penyebaran Data │Kelas 8”