Statistika dan Diagram Penyajian Data │Kelas 8

Banyak orang yang menyembunyikan nilai ujiannya supaya orang lain nggak tau, seakan-akan nilai ujian tuhh rahasia banget. Pernah nggak sih temenmu nanya nilai ujian yang udah kamu rahasiakan banget? terus pada akhirnya kamu kasih tau dengan harapan dia nyebutin nilainya juga. Eh, ternyata dia ikut ujian susulan, jadi nilainya belum keluar deh. Mungkin kamu dan yang lain ngerasa “nggak adil banget sih kan dia udah tau nilai kita semua” atau “yahh..kalo kita nanya nilainya pasti nggak bakal dikasih tau nih”.

Padahal kamu bisa tau nilainya loh, tapi dengan syarat kamu harus tau nilai rata-rata kelas. Tenang nanti bakal minvin lanjut bahas caranya. Nah ngomongin tentang rata-rata, sebenarnya menghitung nilai rata-rata udah pernah di pelajari waktu SD dulu. Di SMP ini kamu belajar yang sedikit lebih kompleks tapi tetap seru kok!

Statistika merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang pengumpulan data, penyajian data, penganalisisan data, dan penarikan kesimpulan dari hasil analisis data hingga pembuatan keputusan sebagai tindak lanjut kesimpulan. Sekilas, saat membaca judul artikel di atas, mungkin kamu akan menebak kalau artikel yang kita bahas kali ini akan sangat sulit untuk dipahami. Benar, nggak? Tapi tenang aja sobat, karena materi statistika ini sebenarnya menarik banget untuk kita bahas, loh. Percaya nggak percaya, kita langsung simak aja yuk penjelasannya berikut ini.

Baca Ulasan materi di : Statistika│Kelas 6

Statistika

Pengertian data dan statistika

Statistika adalah ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan cara-cara pengumpulan data, pengolahan data, penyajian data, penganalisaan data serta penyimpulan data. Data adalah suatu informasi yang di peroleh dari pengamatan atau penelitian.

Macam-macam data:
  1. Data kuantitatif yaitu data berupa angka yang menunjukkan ukuran suatu objek, di sajikan dalam bentuk angka, dan nilainya dapat berubah-ubah. contoh: data-data nilai ujian
  2. Data kualitatif yaitu data yang berupa kata-kata (bukan angka) yang menunjukkan sifat atau keadaan suatu objek dan tidak bisa di ukur secara numerik. contoh: data tentang hobi seseorang

Setelah data terkumpul, data-data itu kemudian akan di susun, di olah, dan di analisis untuk diperoleh sebuah kesimpulan. Nah, ilmu yang mempelajari bagaimana cara mengumpulkan, menyusun, menyajikan, menganalisis, dan merepresentasikan data adalah statistika. Statistika ini banyak di terapkan di banyak bidang, loh. Misalnya dalam bidang ilmu sosial dan kependudukan, statistika dapat digunakan untuk berbagai tujuan, salah satunya sensus penduduk. Selain itu, dalam bidang ekonomi, statistika juga dapat digunakan untuk mengetahui perkembangan ekonomi suatu negara.

Istilah istilah dalam statistika

303 siswa SMA di Pati mengikuti Bimbingan belajar di Marvin Bimbel

Kalimat  di  atas  menyangkut  himpunan  yang  universal,  yaitu  semua siswa SMA dari berbagai sekolah dan berbagai jenjang kelas SMA.  Dalam  statistika, himpunan universal (semesta) dengan karakteristik tertentu disebut populasi. Pada  praktiknya,  pengamatan  terhadap  populasi  tidak  dapat  dilakukan  sebab membutuhkan  waktu  yang  lama,  memerlukan  biaya  yang besar,  ataupun merusak  populasi  itu  sendiri,  misalnya  mungkinkah  kita  menanyai  semua siswa SMA di Pati ?

Untuk  keperluan  itu,  kita  dapat  menggunakan  atau  mengambil  contoh yang   dipilih   dari   populasi,   yang   disebut sampel.   Jadi, sampel adalah himpunan  bagian  dari  populasi.  Metode  statistika  tentang  cara  mengambil sampel  yang  tepat  disebut  teknik  sampling.  Nilai  – nilai  yang  di peroleh  dari sampel  disebut statistik.  Statistik  inilah  yang  digunakan  untuk  menduga populasi. Oke untuk lebih jelasnya yuk simak ulasan minvin mengenai beberapa istilah dalam statistika. Check this out!

Penyajian Data

Sebelumnya, sudah di beri tahu kalau setelah data terkumpul, maka langkah selanjutnya adalah menyusun atau menyajikan data. Penyajian data ini bertujuan untuk menyederhanakan bentuk dan jumlah data, sehingga dapat mudah di pahami oleh pembaca. Terdapat dua cara untuk menyajikan data, yaitu dalam bentuk tabel dan diagram. Oke sobat untuk sub bab pembahasan kali ini yuk simak data dari minvin berikut.

Pada tahun ajaran baru biasanya dari pihak Marvin Bimbel ada pembagian Kaos Souvenir dari Pihak Marvin Bimbel. Sebelumnya kakak – kakak marvin sudah melakukan pengumpulan data dengan wawancara/menanyai langsung siswa siswa terkait. Dari hasil pengumpulan data di dapatkan ukuran kaos sobat marvin. Berikut datanya :

Penyajian data di atas dalam bentuk tabel dan diagram dapat kamu lihat pada penjelasan di bawah ini.

Penyajian Data Dalam Bentuk Tabel

Tabel di atas lebih memudahkan kita dalam menerima informasi, di bandingkan dengan gambar sebelumnya. Kita bisa mengetahui kalau ada 3 siswa yang memiliki ukuran XS, 4 siswa dengan ukuran S, 9 Siswa dengan ukuran M dan 9 siswa juga dengan ukuran L.

Penyajian Data dalam Bentuk Diagram

Diagram Lingkaran

Pada diagram lingkaran, data-data akan di sajikan dalam bentuk lingkaran. Data-data ini telah di bagi menjadi juring-juring berdasarkan kelompoknya masing-masing.

Diagram Batang

Pada diagram batang, data-data akan di sajikan dalam bentuk persegi panjang yang memanjang ke atas dan memiliki lebar yang sama. Setiap batang tidak boleh saling menempel dan harus memiliki jarak yang sama.

Oke sobat itu beberapa cara penyajian data dalam statistika. Bagaimana mudah bukan? Kalian pasti bisa jika ada data lalu kalian di minta untuk menyajikan data dalam berbagai bentuk. Jika sobat marvin masih mengalami kesulitan kalian bisa join private class di marvin bimbel. Di mana kalian bisa belajar dengan tentor profesional secara intensif tatap muka. Yuk segera join. Untuk info lebih lanjut bisa konsultasi di sini ya sobat.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Satu pemikiran di “Statistika dan Diagram Penyajian Data │Kelas 8”