Sifat – sifat magnet│Kelas 6

Lebih dari 2000 tahun yang lalu, orang Yunani yang hidup di Magnesia menemukan batu yang istimewa. Batu tersebut dapat menarik benda-benda yang mengandung logam. Ketika batu itu di gantung, batu tersebut berputar.salah satu ujungnya selalu menunjuk ke arah utara. Karena batu itu di temukan di Magnesia, orang Yunani menamainya magnitis lithos. Orang Yunani tidak mengetahui lebih lanjut bagaimana sifat-sifatnya, namun mereka telah mengamati ciri-ciri bahan yang di sebut magnet. Saat ini banyak teknologi yang menggunakan magnet. Pengeras suara, layar TV, dan kaset merupakan contoh-contohnya.

Sobat, coba tanyakan kepada seseorang yang sedang memperbaiki pesawat radio atau televisi. Mengapa orang tersebut menggunakan ujung obeng yang bermagnet? Orang tersebut akan menjawab, agar ia dapat mengambil baut atau sekrup yang kecil, atau berada di tempat yang sulit di ambil dengan tangan. Ia cukup mendekatkan ujung obeng pada baut yang akan di ambil, maka baut tersebut langsung menempel pada obeng. Berdasarkan pengalaman orang tersebut, berarti ada benda yang bersifat magnetis, tetapi ada juga benda yang tidak bersifat magnetis. Untuk lebih jelasnya mari kita pelajari lebih lanjut!

Magnet?

Magnit atau magnet adalah suatu obyek yang mempunyai suatu medan magnet. Magnet juga dapat di artikan sebagai suatu benda yang memiliki gejala dan sifat yang dapat mempengaruhi bahan-bahan tertentu yang berada di sekitarnya. Di dalam kehidupan sehari-hari kata “magnet” sudah sering kita dengar, namun sering juga berpikir bahwa jika mendengar kata magnet selalu berkonotasi menarik benda. Untuk bisa mengambil suatu barang dari logam (contoh obeng besi) hanya dengan sebuah magnet, misalkan pada peralatan perbengkelan biasanya di lengkapi dengan sifat magnet sehingga memudahkan untuk mengambil benda yang jatuh di tempat yang sulit di jangkau oleh tangan secara langsung. Bahkan banyak peralatan yang sering digunakan, antara lain bel listrik, telepon, dinamo, alat-alat ukur listrik, kompas yang semuanya menggunakan bahan magnet.

Setiap magnet memiliki dua tempat yang gaya magnetnya sangat kuat. Daerah ini disebut kutub magnet. Setiap magnet memiliki dua kutub, yaitu: utara (N) dan selatan (S). Kutub magnet adalah daerah yang berada pada ujung-ujung magnet dengan kekuatan magnet yang paling besar berada pada kutub kutubnya. Magnet dapat berada dalam berbagai bentuk dan ukuran. Bentuk yang paling sederhana berupa batang lurus. Selain itu ada juga magnet yang berbentuk tapal kuda (ladam) dan jarum pada bentuk-bentuk ini, kutub magnet berada pada ujunggg-ujung magnet tersebut.

Seperti yang perlu kita ketahui, sifat – sifat magnet antara lain magnet bisa menarik suatu benda, medan magnet dapat membentuk gaya magnet, magnet mempunyai 2 Kutub yakni Kutub Utara dan Kutub Selatan, kutub Magnet (Kutub Utara dan Kutub Selatan) tidak sesama tarik menarik dan sesama akan menolak, sifat-sifat magnet dapat menghilang dan melemah jika jatuh terus – menerus, terbakar dan lain sebagainya. Pembahasan kali ini menjelaskan tentang sifat magnet dan kegunaan dalam kehidupan. Untuk lebih lengkapnya yuk stay scroll ulasan minvin berikut yaa….

Sifat-sifat Magnet

Magnet merupakan benda yang dapat menarik benda-benda tertentu. Magnet di sebut juga dengan nama besi sembrani. Kekuatan magnet menarik benda-benda tertentu disebut gaya magnet. Gaya tarik pada magnet dapat menarik benda-benda tertentu, ini berarti tidak semua benda bisa di tarik oleh magnet. Benda-benda yang ditarik magnet disebut benda magnetis. Benda yang dapat di tarik oleh magnet (bersifat magnetis) ini terbuat dari besi dan baja. Benda yang tidak ditarik magnet disebut benda nonmagnetis. Benda-benda yang tidak di tarik magnet (bersifat tidak magnetis) terbuat dari kayu, karet, atau plastik.

Penggunaan Gaya Magnet

Gaya tarik magnet banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Gaya tarik magnet digunakan pada berbagai macam alat, mulai dari alat yang sederhana hingga alat yang rumit. Magnet digunakan pada alat-alat berikut.

a. Ujung gunting untuk memudahkan mengambil jarum jahit.

b. Bel listrik untuk menggerakkan pemukul lonceng.

c. Papan catur agar buah catur tidak mudah terguling.

d. Kompas sebagai penunjuk arah utara-selatan.

e. Dinamo sepeda dan generator untuk membangkitkan tenaga listrik.

f. Alat untuk mengangkut benda-benda dari besi.

Wahhh gimana nih seru banget kan mempelajari tentang magnet kali ini? Supaya nggak kalah pengetahuan tentang kemagnetan dan banyak hal lain terkait materi pembelajaran di sekolah kalian bisa bergabung dengan marvin bimbel. Dengan join class kalian bisa mendapat pembelajaran tambahan yang nyaman lengkap dengan tentor yang asik dan seru, yuk tunggu apalagi! join with Marvin Bimbel !

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *