Masa Pubertas │Kelas 6

Halo sobat marvin, bagaimana kabar kalian? Minvin harap kalian semua selalu sehat dan menjadi orang yang lebih baik. Oh ya kalian pernah tidak merasakan perubahan dalam diri kalian? Perubahan? Menjadi ultraman atau power rangers maksutnya? Eits bukan berubah seperti itu yang minvin maksud. Tapi perubahan dalam artian pad aspek fisik ataupun emosi kalian. Pernah nggak? Kalau belum faham gini deh, pernah ngga kalian mersa kalau diri kalian menjadi seorang yang sensitif dan sedikit sedikit ngambek? Oke kalau kalian pernah berarti kalian sudah tumbuh dan berkembang. Kenapa? Salah satu ciri makhluk hidup adalah tumbuh dan berkembang, sobat.

Setiap orang pasti mengalami perubahan – perubahan saat beranjak dewasa. Masa perubahan ini dikenal dengan istilah pubertas. Garis besar ciri pubertas ditandai dengan perubahan pada aspek fisik, psikis, dan seksual. Nah kalian pasti sudah pernah mendengar kata pubertas dong. Tapi kalian sudah tau belum apa itu pubertas dan bagaiman proses pubertas itu sendiri. Oke yuk simak penjelasn minvin berikut biar nantinya ketika kalian mengalami pubertas kalian sudah faham dan tidak perlu risau. Oke? Yuk check this out!

PELAJARI JUGA : Sistem Tata Surya │Kelas 6

Pubertas ?

Manusia akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan, seperti makhluk hidup lainnya. Pertumbuhan adalah proses pertambahan jumlah dan ukuran sel tubuh. Sedangkan perkembangan merupakan proses pematangan sel-sel tubuh. Setelah melalui tahap anak-anak, tahap berikutnya adalah remaja, yaitu peralihan dari anak-anak ke dewasa. Pada tahap inilah laki-laki dan perempuan akan mengalami masa pubertas. Tahap berikutnya adalah dewasa, yaitu masa setelah manusia mengalami pubertas.

Masa pubertas adalah masa dimana manusia mengalami pertumbuhan yang pesat untuk mencapai kedewasaan. Masa pubertas pada setiap orang tidak sama. Meski demikian, umumnya manusia akan mengalami masa pubertas pada rentang usia 10-20 tahun.

Gejala pubertas pada laki-laki berbeda dengan gejala pubertas pada perempuan. Di samping itu, tidak semua gejala dialami oleh setiap orang. Ada beberapa gejala pubertas yang hanya dialami oleh sebagian orang saja. Sebagai contoh, ada remaja laki-laki yang mengalami pertumbuhan kumis saat memasuki masa pubertas, tetapi ada juga yang tidak mengalaminya.

Beberapa orang mengalami kebngungan saat memasuki masa pubertas. Hal ini sering kali terjadi mengingat kurangnya pengetahuan mereka berkaitan dengan masa pubertas. Agar kamu tidak mengalaminya, kamu perlu memahami tentang gejala pubertas yang mungkin akan kamu alami di masa depan. Di samping itu, kamu juga perlu memahami tentang cara yang tepat untuk menyikapi gejala pubertas tersebut.

Oke agar kalian memahami banyak hal tentang gejala pubertas kalian bisa membaca berbagai sumber bacaan yang terpercaya tentang gejala pubertas. Next minvin akan bahas lebih lanjut mengenai gejala pubertas pada perempuan dan laki-laki. Stay tune dengan kami yaa….

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Satu pemikiran di “Masa Pubertas │Kelas 6”