Sistem Tata Surya │Kelas 6

Hari ini kelas 6 akan  mempelajari tentang Matahari sebagai pusat sistem tata surya. Sebelum bu guru datang vina dan mario sempat berbincang bincang.

“Mario , aku tidak pernah membayangkan apa yang akan terjadi jika matahari tak lagi terbit dari arah timur. Apakah hal itu akan mengubah keteraturan yang sudah ada sebelumnya?

“Aku juga tidak pernah membayangkannya,  vin? Bayangkan jika arah rotasi bumi berubah menjadi sebaliknya. Wah, pasti ada hal besar yang akan terjadi jika keteraturan itu berubah.”

“Mungkin hal itu juga akan memengaruhi planet-planet lainnya didalam tata surya. Ya Mario. Wow! Satu perubahan yang terjadi pada satu planet akan memengaruhi planet lainnya ya?”

“Aku tidak tahu pasti, Vin, kita perlu tahu lebih banyak tentang sistem tata surya kita. Aku ada artikel menarik dari minvin nih. Yuk kita baca bersama vin?”

Alam semesta memiliki banyak galaksi dengan bentuk yang berbeda beda. Galaksi adalah sekumpulan bintang yang terikat oleh gaya gravitasi yang terdiri atas banyak sekali planet – planet yang mengelilinginya.

Galaksi Bima Sakti merupakan galaksi tempat manusia tinggal. Di dalamnya terdapat benda-benda langit yang sangat banyak. Di dalam galaksi Bima Sakti terdapat sistem tata surya kita. Galaksi Bima Sakti berbentuk spiral.

Tata surya adalah sistem yang terdiri dari benda-benda langit dimana matahari sebagai pusatnya dan planet-planet serta benda langit yang lebih kecil berputar mengelilinginya. Saat ini diketahui ada 8 planet dengan orbitnya yang berbentuk elips, lima planet kerdil, 173, satelit alami, serta jutaan benda planet seperti komet, asteroid, dan meteor.

Tata surya ini disebut sistem karena memiliki komponen yang terstruktur dengan teratur, planet dan segala benda langit yang memiliki orbit masing-masing sehingga tidak saling bertabrakan. Segala komponen langit ini memiliki siklus perputaran yang teratur karena adanya gaya tarik gravitasi.

PELAJARI JUGA : Rotasi Bumi│Kelas 6

Planet

Benda langit yang cukup banyak, mereka tersusun di suatu pola dengan matahari sebagai pusatnya. Jadi, susunan benda-benda langit akan mengelilingi matahari yang kita sebut tata surya. Planet adalah benda langit dalam tata surya yang beredar mengelilingi matahari pada lintasannya yaitu orbit. Benda langit ini tidak menghasilkan cahaya sendiri, tetapi dapat memantulkan cahaya matahari. Planet yang beredar mengelilingi matahari berjumlah delapan, berdasarkan hasil pertemuan para ahli atau astronom dalam Uni Astronomi Internasional tanggal 24 Agustus 2006. Planet-planet itu adalah Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Susunan benda langit itu ada matahari, 8 planet yaitu Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus dan benda-benda langit lainnya

Dalam tata surya kita terdapat satu bintang utama dan delapan planet yang mengitarinya. Setiap planet memiliki satelit-satelit sendiri. Selain itu masih juga benda-benda langit yang lainnya. Beberapa bendabenda langit tersebut diantaranya adalah asteroid, meteorid, komet, dan satelit. Setiap benda langit tersebut memiliki karakteristik tersendiri. Nah, untuk lebih jelasnya mari kita uraikan benda langit lain yang ada di tata surya.

Asteroid

Kita menyebut kelompok asteroid tersebut Sabuk Asteroid. Sabuk Asteroid merupakan ‘rumah’ bagi ratusan ribu asteroid, dari yang berukuran sekecil partikel debu kosmik, hingga yang sebesar miniatur planet. Beberapa di antara asteroid tersebut di beri nama.

Asteroid adalah benda langit berukuran kecil yang mengelilingi matahari dengan lintasan tertentu. Para ahli meyakini bahwa asteroid merupakan sisa-sisa bahan pembentuk planet. Jumlah asteroid sangat banyak, semuanya secara teratur berkumpul membentuk sabuk asteroid. Diameter sabuk asteroid sekitar 100 km. Sabuk asteroid ini berbentuk melingkar di antara Planet Mars dan Jupiter. Sedangkan, sabuk lainnya bernama Sabuk Edgeworth-Kuiper, terletak jauh di belakang Planet Neptunus. Sabuk asteroid memerlukan waktu sekitar 3 hingga 6 tahun untuk sekali mengitari Matahari. Asteroid yang satu dengan lainnya terpisah sejauh ribuan kilometer. Meskipun terpisah jauh, terkadang asteroid-asteroid itu bertubrukan. Tubrukan tersebut menghasilkan pecahan batu yang lebih kecil atau disebut meteoroid.

Meteoroid, Meteor, dan Meteorit

Salah satu benda angkasa lainnya di tata surya adalah meteoroid. Meteoroid adalah benda-benda langit berukuran kecil yang melayang-layang di angkasa dan tidak mempunyai lintasan. Benda ini kadang-kadang menubruk planet termasuk planet bumi. Meteoroid yang masuk ke dalam sebuah planet disebut dengan meteor. Ketika memasuki bumi, benda ini tampak berpijar karena bergesekan dengan atmosfer. Sebagian besar meteor habis bergesekan dengan atmosfer tersebut. Adapun yang sempat sampai ke permukaan bumi disebut dengan meteorit. Meteor disebut juga bintang jatuh atau bintang beralih.

Satelit

Satelit adalah benda langit yang mengelilingi planet ketika beredar mengelilingi matahari. Selain itu, satelit juga berputar pada sumbunya. Satelit dibagi menjadi dua jenis, yaitu satelit alam dan satelit buatan. Satelit alam adalah satelit yang secara alami ada di dalam sistem tata surya. Contoh: bulan yang menjadi satelit bumi. Satelit buatan adalah satelit yang dibuat manusia. Kemudian di lepaskan oleh roket dan mengorbit di sekitar bumi. Satelit buatan digunakan untuk berbagai kepentingan, antara lain alat komunikasi, penyiaran radio dan televisi, pemetaan bumi dan kekayaan yang terkandung di dalamnya.

Komet

Dalam sistem tata surya, komet adalah benda terjauh yang mengorbit matahari. Ada sekitar sepuluh triliun komet. Mereka adalah salju debu sebesar gunung, tetapi tak bisa terlihat mata. Terkadang, salah satu komet melewati bumi dan menjadi cukup besar dan terang untuk dilihat. Komet adalah campuran kira-kira sepertiga batu berdebu dan dua pertiga es dan salu. Pada tahun 1951, Astronom Amerika, Fred Whipple, menggambarkannya sebagai “bola salju debu” dan itulah julukan komet hingga sekarang. Keadaan komet sudah seperti itu sejak terjadinya tata surya 4,6 miliar tahun yang lalu. Salah satu komet yang pernah sangat dekat dengan bumi adalah komet Halley.

Oke, sekarang Sobat Marvin sudah paham bahwa di dalam sistem tata surya bukan hanya ada bumi dan matahari, kan. Selain Bumi ada juga planet planet lain yang memiliki kekhasannya masing-masing. Kalian harus bisa membedakan ya, Jangan sampai salah, lho! Nah kalau kamu mau belajar materi lainnya, yuk belajar di Marvin Bimbel. Kalian bisa konsultasi dulu dengan Kami di sini, mengenai program yang cocok dengan kalian.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Satu pemikiran di “Sistem Tata Surya │Kelas 6”