Perusahaan dan Badan Usaha, Apa bedanya? │Kelas 10 IPS

Halo sobat marvin pasti kalian pernah dong mendengar PT ataupun perusahaan atau bahkan badan usaha? Nah pada kesempatan kali ini minvin akan bahas mengenai perbedaan perusahaan dan badan usaha. Banyak orang berpendapat, apabila dilihat dari proses produksinya antara perusahaan dan badan usaha tidak terdapat perbedaan. Proses produksi perusahaan menghasilkan barang atau jasa yang akan dipasarkan dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan, sedangkan kegiatan badan usaha ditujukan untuk menghasilkan laba atau keuntungan.

Pelajari juga : Badan Usaha dalam Perekonomian Indonesia │ Kelas 10 IPS

Apa bedanya Perusahaan dan Badan Usaha

Pengertian perusahaan dan badan usaha seringkali disamakan. Namun pada dasarnya, badan usaha memiliki pengertian yang berbeda dengan perusahaan. Badan usaha adalah kesatuan yuridis atau hukum (yang memuat hak dan kewajiban) atau kesatuan organisasi yang terdiri atas faktor-faktor produksi dengan tujuan mencari laba.

Adapun perusahaan adalah tempat menyelenggarakan proses produksi yang menghasilkan barang dan jasa. Sebuah badan usaha dalam mencapai tujuannya untuk mencari keuntungan, dapat saja memiliki lebih dari satu perusahaan. Jadi, perusahaan merupakan tempat berlangsungnya seluruh rangkaian kegiatan produksi yang dikelola oleh suatu badan usaha. Salah satu contoh misal, PT. Telkom adalah badan usaha yang bergerak di bidang telekomunikasi. Berarti PT. Telkom adalah perusahaan telekomunikasi.Untuk lebih jelasnya, perbedaan antara badan usaha dengan perusahaan dapat kamu perhatikan dalam tabel berikut.

Jenis –jenis Perusahaan

Setelah memahami pengertian perusahaan dan mengetahui perbedaan antara perusahaan dan badan usaha, kali ini kita akan membahas tentang jenis-jenis perusahaan. Berdasarkan lapangan usahanya, perusahaan dapat di kelompokkan menjadi perusahaan ekstraktif, agraris, industri, perdagangan, dan jasa.

Perusahaan Ekstraktif

Perusahaan ekstraktif adalah perusahaan yang kegiatannya langsung mengambil dan memanfaatkan hasil-hasil kekayaan alam. Misalnya, perusahaan pertambangan dan penangkapan ikan di lautan bebas.

Perusahaan Agraris

Perusahaan agraris bergerak di bidang pengelolaan sumber daya alam. Misalnya, perusahaan agro industri, perusahaan perkebunan, dan perusahaan perikanan darat.

Perusahaan Industri

Perusahaan industri adalah perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan bahan baku menjadi barang setengah jadi atau barang jadi. Misalnya perusahaan pakaian dari bahan kain atau perusahaan sepatu dari bahan kulit hewan.

Perusahaan Niaga atau Perdagangan

Perusahaan niaga adalah perusahaan yang bergerak di bidang penyaluran atau jual beli barang dari produsen kepada konsumen. Misalnya toko, grosir, serta perusahaan ekspor dan impor.

Perusahaan Jasa

Perusahaan yang bergerak di bidang pelayanan jasa disebut Perusahaan jasa. Seperti perusahaan telekomunikasi, perusahaan pos dan giro, perbankan, dan asuransi.

Oke sobat, sekarang kamu sudah bisa dong menjelaskan perbedaan perusahaan dan badan usaha jika nanti di tanya di sekolah. Biar kamu makin mengerti dan paham tentang Badan Usaha dan juga Perusahaan, kamu bisa belajar dengan bergabung di kelas Marvin Bimbel. Kamu bisa belajar dengan setting kelas nyaman dan kondusif bareng tentor yang keren dan berkualitas di bidangnya masing-masing. Bingung mau bergabung di program apa? bisa hubungi kakak kakak admin ya sobat. nanti kalian akan di arahkan jadi tidak perlu bingung. yuk segera konsultasi di sini ya ….

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *