Mengenal Atom, Molekul dan Ion │Kelas 9

Halo sobat marvin sudahkah kalian bersyukur hari ini? Kalau belum yuk bersyukur karena tanpa kita sadari Tuhan telah menciptakan alam ini lengkap dengan berbagai zat yang berfungsi untuk menjaga kelangsungan hidup berbagai makhluk hidup salah satunya kita sebagai manusia. Tuhan juga telah menciptakan berbagai proses yang dibutuhkan oleh makhluk hidup untuk menjalankan kehidupannya, misalnya fotosintesis yang terjadi pada tumbuhan, berperan menyediakan oksigen dan bahan makanan bagi makhluk hidup lain, seperti hewan dan manusia. Daun yang sudah tua kemudian jatuh menjadi sampah dan akan mengalami proses pembusukan atau penguraian. Pada proses penguraian, zat-zat penyusun daun akan diubah menjadi zat-zat yang lebih sederhana.

Oh iya sobat contoh sederhana lain juga pernahkah kalian membakar sesuatu dan menghasilkan bau yang berbeda-beda? Tahukah kamu bahwa ketika benda dibakar akan menyebabkan zat-zat yang terkandung di dalamnya berubah menjadi zat lain? Dengan kata lain, bila bau yang kamu cium berbeda berarti kandungan zat yang ada dalam benda tersebut juga berbeda. Kira kira Zat zat yang dimaksud itu apa ya? Yuk simak lebih lanjut ya sobat?

Atom?

Sobat marvin pasti sudah pernah mendengar atom dong? Eits tapi jangan salah, maksud minvin bukan kacang atom. Zat-zat yang tersusun di alam ini tersusun atas partikel yang sangat kecil yang disebut atom. Hmm, berarti kalo nggak bisa dibagi lagi, ukurannya kecil banget, dong? Emang kelihatan bentuknya? Yup, berkat kemajuan teknologi kamu bisa melihat atom menggunakan sebuah mikroskop STM atau Scanning Tunneling Microscope.. Tahukah kamu bahwa tubuh makhluk hidup tersusun dari milyaran atom-atom? Atom-atom dapat berikatan satu sama lain membentuk molekul. Molekul merupakan gabungan antara dua atau lebih atom-atom melalui ikatan kimia tertentu =. Molekul dapat tersusun sedemikian rupa sehingga menjadi suatu struktur tertentu misalnya rambut tersusun dari molekul – molekul yang mengandung unsur karbon (C), hidrogen (H), nitrogen (N), dan sulfur (S). Sedangkan tulang mengandung kalsium (Ca), fosfor (P), dan Oksigen (O).

Selain pada makhluk hidup, benda seperti kayu, plastik, air, udara, kain, dan benda-benda lain, juga merupakan zat kimia yang tersusun atas senyawa-senyawa tertentu. Dalam senyawa, molekul-molekul tertata sedemikian rupa sehingga memberikan sifat-sifat tertentu. Misalnya plastic mempunyai sifat lentur karena memiliki molekul yang struktur rantainya panjang dan terdapat rongga antar rantai molekulnya.

Pada kasus suatu benda yang kamu bakar akan menimbulkan bau yang bermacam-macam menjadi bukti bahwa kandungan zat yang ada di dalam benda tersebut juga berbeda. Selain di susun oleh molekul yang berbeda, sifat-sifat suatu materi yang berbeda juga dapat di sebabkan oleh perbedaan susunan molekul-molekul dalam materi itu. Misalnya kita ambil contoh kayu yang di buat pensil dan pati dalam umbi kentang.

Susunan Atom

Atom tersusun atas partikel dasar (subatom), yaitu elektron, neutron, dan proton. Elektron merupakan partikel bermuatan negatif yang berada di kulit atau di luar inti atom. Proton merupakan partikel bermuatan positif yang berada di dalam inti atom, sedangkan neutron merupakan partikel tidak bermuatan (netral) yang berada di inti atom bersama dengan proton.

Nomor Atom dan Nomor Massa

Suatu atom memiliki nomor atom dan nomor massa. Nomor atom merupakan jumlah proton dari sebuah inti atom, sedangkan nomor massa merupakan jumlah proton di tambah jumlah neutron. Nomor atom merupakan ciri khas suatu unsur. Setiap unsur akan memiliki nomor atom tertentu yang membedakannya dengan unsur lain.

 Oke itu tentang atom. Next kita bahas mengenai Molekul

Molekul..

Atom merupakan unit pembangun dari segala macam materi. Nah, molekul dan ion di bangun oleh atom-atom. Sekarang, kita bahas molekul dulu, ya.

Molekul merupakan gabungan dari dua atau lebih atom, bisa terbentuk dari atom yang sama, contohnya, hidrogen (H2) dan oksigen (O2). Bisa juga terbentuk dari atom yang berbeda, contohnya, air (H2O), karbon dioksida (CO2), atau karbon monoksida (CO).

Molekul yang tersusun atas atom yang sama di namakan molekul unsur, sedangkan molekul yang di bangun oleh atom berbeda disebut molekul senyawa. Molekul yang terbentuk dari dua atom, baik atom yang sama ataupun beda disebut molekul diatomik. Selain itu, atom juga bisa membentuk molekul poliatomik, yaitu molekul yang tersusun atas tiga atau lebih atom, contohnya seperti ozon (O3) dan belerang atau sulfur (S8).

Ion ..

Tubuh kita memerlukan asupan ion untuk menggantikan cairan ion yang hilang setelah beraktivitas. Kamu pasti tau dong, salah satu produk minuman terkenal yang mengandung kandungan ion?

Lalu, apa sih yang di maksud dengan ion? Ion adalah atom yang bermuatan listrik. Contohnya, Na+, OH-, Cl-, Br-, K+, Ca+, dan masih banyak lagi. Nah, pada unsur natrium (Na) terdapat tanda plus (+) yang berarti atom tersebut bermuatan positif. Lalu, pada unsur hidroksida (OH) terdapat tanda minus (-) yang menunjukan atom tersebut memiliki muatan negatif. Ion akan terbentuk ketika sebuah atom melepas atau menerima elektron. Terdapat 2 jenis ion berdasarkan muatan listrik yang di milikinya:

  1. Ion bermuatan negatif (anion), karena atom menerima elektron dari atom lain, sehingga atom menjadi kelebihan elektron yang bermuatan negatif.
  2. Ion bermuatan positif (kation), karena atom melepaskan elektron ke atom lain, sehingga atom menjadi kelebihan proton yang bermuatan positif.

Oke sobat sekarang kalian jadi lebih kenal dengan atom, molekul dan ion kan.? Kalian bisa jauh mengenal mereka dengan penjelasan yang super duper lengkap dan mudah di pahami cukup dengan bergabung kelas di Marvin Bimbel. Dengan bergabung di marvin Bimbel nanti kalian bias belajar dengan asyik dan nyaman bersama tentor tentor yang profesinal. Buat tanya tanya di marvin ada apa aja bisa cek di sini ya. See yaa…