Adverb │ kelas 10 IPA

Halo sobat marvin, sudah pernah membaca teks deskriptif atau Descriptive Text dalam Bahasa Inggris, kan? Jika kamu mendapati sebuah kalimat dalam bahasa Inggris mengandung kata yang belakangnya diakhiri dengan -ly seperti quickly, slowly dan lain sebagainya. Nah kemungkinan besar itu adalah adverb, dan ketika ada adverb, tentu ada salah satu dari ketiga unsur di atas (verb, adjective, adverb) yang diterangkan. Namun ingat, banyak juga adverb yang memang terlahir sebagai adverb sehingga tidak membutuhkan akhiran -ly seperti fast, well dsb. Dalam percapakan maupun tulisan kata adverb banyak sekali digunakan. Oleh karena itu, jika ingin mahir berbahasa Inggris, materi adverb merupakan salah satu grammar yang harus dikuasi dengan baik. Kamu belum tahu? Atau lupa-lupa ingat? Kuy, sekarang kita mengenal jenis-jenis adverb dalam Bahasa Inggris!

Apa itu adverb?

Dilansir dari Cambridge Dictionary, adverb adalah “one of the four major word classes, along with nouns, verbs, and adjectives.” Artinya, adverb bisa disandingkan oleh kata benda, kerja, dan sifat. Biasanya kita menggunakannya untuk memperjelas kata di depannya atau memperjelas adverb itu sendiri. Penggunaan adverb ini dapat dicontohkan dengan kalimat di bawah ini.

She is extremely strange.

Extremely (adverb) menjelaskan strange (adjective), membentuk frasa “sangat aneh”.

She speaks so fluently.

So (adverb) menjelaskan fluently (adverb), membentuk frasa “dengan sangat lancar”.

John runs fast.

Fast (adverb) menjelaskan run (verb), membentuk frasa “berlari (dengan) cepat”.

Fortunately, he is rich.

Forunately (adverb) menjelaskan kalimat he is rich (sentence).

Biasanya adverb memiliki akhiran -ly seperti: clearly, quickly, locally, dan seterusnya. Namun, ada beberapa yang tidak memiliki akhiran -ly. Secara penggunaan mungkin sudah biasa kamu lakukan dalam berbicara atau menulis. Tapi, apakah kamu sudah tahu bahwa adverb dibagi menjadi beberapa jenis?

Adverb of time

merupakan kata keterangan yang digunakan untuk menyatakan kapan suatu pekerjaan/peristiwa terjadi. Jadi jika menggunakan kalimat tanya selalu dengan kata “When“. Adverb yang termasuk dalam kategori time di antaranya adalah: today, tomorrow, last night, next year dan lain sebagainya. Untuk lebih mudahnya, adverb ini digunakan untuk menjawab semua pertanyaan yang diawali dengan “when.” Apa saja contohnya?

Anggota:definite time (waktu pasti)
 singular word: yesterday, today, tomorrow, …
plural word: Saturdays, nights, …
phrase: Saturday night, last week, next month, a month ago, …
 indefinite time (waktu tak pasti)
 recently, lately, nowadays, already, immediately, soon, later, …
 chronological order (urutan kejadian)
 now, then, before, later, after(wards), next first, ….
Contoh:I am studying english grammar now.
She will go there tomorrow.
Professor Tomski has already
 come.

Adverb of manner

Merupakan kata bantu yang memberikan tambahan informasi mengenai kondisi atau bagaimana sebuah peristiwa terjadi. Secara sederhana, adverb ini digunakan untuk menjawab pertanyaan dari ‘how.’ Yang termasuk dalam adverb ini yakni badly, beautifully, better, bravely, cheerfully, fast, hard, quickly, slowly, inadequately, healthy, well, dan sebagainya. Mari lihat contoh di bawah ini jika diaplikasikan dalam kalimat.

Bentuk:word: fast, slow, hard, express, quick, …
adjective + ly:   fluently (fluent + ly), slowly (slow + ly), …
prepositional phrase: by train/ bus/ carby hearton foot, …
Contoh:We must study hard.
She sings a song beautifully.
I came here on foot.

Adverb of degree

Jenis ini bisa kamu gunakan untuk menyatakan seberapa jauh suatu kegiatan atau peristiwa. “Jauh” yang di maksud dalam konteks ini di dasarkan pada tingkat atau derajat, ya. Biasanya kata bantu ini di gunakan untuk menjawab pertanyaan “how much.” Namun, tidak selalu pertanyaan tersebut menanyakan nominal, melainkan bisa di gunakan untuk mempertanyakan intensitas dari suatu kejadian. Jenis adverb ini menunjukkan makna tingkatan atau intensitas (seberapa kuat, lemah, sering, besar, dsb sesuatu itu)

Anggota:so (begitu/ sangat)
very 
(sangat)
highly 
(sangat)
exceedingly 
(sangat)
extremely 
(sangat)
adequately (sangat)
pretty 
(sangat)
somewhat 
(agak)
fairly 
(agak)
rather 
(agak)
just (agak)
enough 
(cukup)
too 
(terlalu)
more 
(lebih)
Fungsi:menjelaskan adjective  
 The tool is highly useful.
It is fresh enough
It sounds very awkward.
  
 menjelaskan adverb  
 The man walked very fast.
She strode confidently enough into the room.
He lives so simply.
  

Adverb of place and direction

Merupakan kata bantu yang memberikan jawaban mengenai tempat atau pertanyaan ‘where’ dalam Bahasa Inggris. Contoh kata dari adverb ini adalah above, away, below, down, here, inside, near, outside, there, up, dan sebagainya. Bagaimana jika di aplikasikan dalam sebuah kalimat?

Bentuk:word: here, there, outside, inside, home, west, …
prepositional phrase: in that school, beside the mosque, on the desk, …
Contoh:A very smart girl is sitting there.
John and Ratna are discussing many problems in the office.
I have been here.

Adverb of Frequency

Jika dalam adverb of degree digunakan untuk mendeskripsikan sebuah intensitas, adverb of frequency digunakan untuk menjawab seberapa sering frekuensi kegiatan yang dilakukan oleh seseorang. Adverb of frequency adalah adverb yang menyatakan frekuensi (seberapa sering suatu kegiatan di lakukan atau sesuatu terjadi).

Anggota:always, usually, normally, often, sometimes, occasionally, seldom, rarely, never, …
Contoh:He usually comes late.
Tom seldom plays with us.
ever called him.

Sobat marvin sering dengar teman teman kalian atau mungkin siapapun di sekitar kalian yang kalau ngobrol sering pakai kata “literally”. Nah literally termasuk dalam kategori adverb. Coba kira kira literally masuk jenis adverb yang apa? Jawab di kolom komentar ya. Ok itu tadi ulasan dari marvin mengenai adverb. Next minvin akan bahas bagaimana sih cara menggunakan kata “literally” yang tepat biar sobat marvin tidak asal asalan dalam penggunaannya. Stay tune di blog kami ya kak. Dan agar kalian lebih mahir dalam berbahasa inggris kalian bisa bergabung di marvin english. Selengkapnya bisa tanya tanya dengan kakak admin di sini ya sobat.  

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Satu pemikiran di “Adverb │ kelas 10 IPA”