Teks Prosedur │ Kelas 9

Halo sobat marvin, adakah dari kalian yang mengisi liburan untuk sekedar menonton tv? Seringkali di televisi ada acara masak memasak ataupun membuat barang barang tertentu. Kalian pernah lihatkah? Oke bagi kalian yang pernah lihat pasti tau dong biasanya setiap kali ada acara tv masak memasak di awal pasti akan dijelaskan alat, bahan atau yang paling penting adalah cara atau tahapan membuat makan atau barang terkait. Nah sebelum action biasanya mereka akan menyusun teks prosedur.  Yap teks prosedur adalah teks tulis atau lisan yang berisi instruksi kepada pembaca atau pendengar untuk membaca atau melakukan sesuatu. Teks ini dibuat untuk menggambarkan cara melakukan atau membuat melalui serangkaian tindakan atau langkah-langkah. Oleh karena itu teks ini bisa berbentuk rangkaian instruksi, langkah atau petunjuk. Ketika kita ingin menjelaskan dan menginformasikan cara membuat sesuatu kepada orang lain, kita dapat menggunakan jenis teks prosedur. Jadi bentuk teks yang kita gunakan disesuaikan dengan kebutuhan.

Baca Juga : Sistem Gerak Manusia│Kelas 8

Tujuan teks prosedur

Sobat marvin pasti tau dong kalau setiap jenis teks memiliki tujuan penggunaan yang berbeda-beda. Teks prosedur menjelaskan cara sesuatu dibuat atau dilakukan dengan langkah-langkah yang urut. Jadi tujuan teks prosedur adalah memberikan petunjuk atau cara melakukan sesuatu melalui serangkaian tindakan atau langkah-langkah.

Fungsi Sosial Teks Prosedur

Teks prosedur memiliki fungsisosial. Fungsi sosial teks prosedur adalah menginformasikan kepada para pembaca atau pendengar cara membuat atau melakukan sesuatu. Sebagai contoh, guru atau orang tua memiliki tanggung jawab untuk membuatmu paham cara memainkan angklung, melakukan gerakan tari Saman, membuat minuman Rempah-rempah dan lain sebagainya. Dalam kegiatan-kegiatan tersebut, guru atau orang tua akan melatihmu untuk memainkan, melakukan atau membuat sesuatu dengan menggunakan bahasa yang dikemas dalam bentuk teks prosedur. Teks prosedur yang digunakan diharapkan mampu mengakomodai kegiatan sosial yang bertujuan menunjukkan cara sesuatu dibuat atau dilakukan melalui serangkaian tindakan atau aksi.

Jenis Teks Prosedur

Berdasarkan tujuannya teks prosedur di bagi menjadi tiga jenis yaitu (a) teks prosedur untuk memandu cara menggunakan/memainkan suatu alat (cara memainkan suatu alat musik, cara menggunakan alat, (b) teks prosedur untuk memandu cara membuat (ada bahan, cara dan langkah), dan (c) teks prosedur untuk memandu cara melakukan sebuah kegiatan (cara menari, cara melakukan senam).

  • Teks Prosedur Membuat Sesuatu

Teks prosedur berisi cara membuat sesuatu. Proses membuat tersebut berdasarkan kreativitas seseorang. Kreativitas seseorang berbeda-beda. Oleh karena itu, benda atau karya yang di hasilkan setiap orang pun berbeda. Teks prosedur membuat sesuatu berisi langkah-langkah membuat suatu barang. Barang yang dapat di buat bermacam-macam. Barang –barang tersebut dapat berupa hasil kerajinan dan makanan. 

  • Teks Prosedur Memainkan Alat/Sesuatu

Prosedur memainkan alat/sesuatu bertujuan untuk memandu seseorang untuk mampu memainkan sebuah alat secara tepat. Jenis Teks Prosedur ini berisi langkah-langkah urut dalam memainkan alat.

  • Teks Prosedur Melakukan Sesuatu

Teks prosedur memainkan sesuatu bertujuan memandu seseorang dalam melakukan suatu kegiatan secara tepat dan urut. Langkah ynag urut akan menunjang tercapainya tujuan teks prosedur tersebut.

Struktur Teks Prosedur

Teks prosedur terdiri atas tiga bagian yaitu tujuang (goal), bahan (materials), dan langkah – langkah (step). Bagian bahan (materials) bersifat pilihan atau tidak wajib hadir. Dengan kata lain, tidak semua teks prosedur memerlukan kehadiran bagian bahan yang menjabarkan bahan yang di butuhkan untuk melakukan atau membuat sesuatu.

Berikut struktur teks prosedur

  • Tujuan (goal)

Bagian ini berisi tujuan kegiatan. Selain berbentuk tujuan dapat juga berupa judul. Tujuan teks prosedur akan menunjukkan kepada pembaca atau pendengar capaian yang akan di capai setelah mengikuti alur informasi yang di kemas oleh sebuah teks prosedur. Bagian ini sering di kemas dalam bentuk kalimat pengantar yang di tempatkan pada bagian awal dari teks prosedur.

  • Bahan-bahan atau perlengkapan (materials)

Bagian ini berisi bahan-bahan atau perlengkapan demi mencapai tujuan. Bahan dan alat harus di perinci dengan ukuran yang akurat.

  • Langkah-langkah (step)

Bagian ini berisi penjabaran langkah-langkah untuk mencapai tujuan kegiatan. Tujuan tersebut di capai berdasarkan berbagai bahan atau perlengkapan yang tersedia. Langkah-langkah harus di lakukan secara urut dan sistematis agar tujuan dapat di capai. Bagian ini merupakan inti dari teks

  • Penutup

Penutup berisi kesimpulan, penekanan isi, atau ucapan selamat kepada pembaca. Pada teks prosedur bagian penutup bersifat opsional. Artinya penutup dalam teks ini dapat ada atau tidak ada. Berikut salah satu contoh kalimat penutup.

Selain mudah cara membuatnya, murah pula bahan-bahan yang dibutuhkan. Selamat mencoba!

Kebahasaan dalam Teks Prosedur

Ciri Kebahasaan teks prosedur sebagai berikut.

  1. Menggunakan penomoran yang menunjukkan urutan atau tahapan.
  2. penggunaan kata yang menunjukkan perintah (imperatif)
  3. Menggunakan kata ganti orang kedua
  4. Penggunaan konjungsi yang menunjukkan urutan
  5. Menggunakan kata keterangan

Sobat, itulah tadi penjelasan lengkap mengenai teks prosedur. Tentu setelah ini kalian dapat membedakan berbagai jenis teks prosedur dengan mudah ya. Teks prosedur sangat di butuhkan agar suatu kegiatan dapat berjalan dengan baik dan benar. Yuk, belajar dengan tahapan-tahapan seru dan menyenangkan bersama dengan tentor-tentor profesional di Marvin Bimbel sehingga lebih mudah memahami materi.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *