Ekspor dan Impor │ Kelas 6

Liburan akhir tahun kali ini vina berlibur di Yogyakarta bersama keluarga. Bukan hanya bermain main saja tapi vina dan keluarga juga sambil belajar di museum dan berkunjung di tempat pusat kerajinan gerabah di Yogyakarta. Nama daerah pusat kerajinan gerabah tersebut adalah Kasongan. Desa Wisata Kasongan yang berlokasi di Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Kawasan ini di kenal sebagai penghasil gerabah. Bahkan, rumah-rumah menjelma menjadi showroom kecil hingga besar. Jejeran gerabah sengaja di pamerkan di bagian paling depan toko dengan tujuan menarik minat wisatawan. Wisata Kasongan bahkan jadi ikon Kabupaten Bantul berkat hasil kerajinannya yang bisa di bilang sudah tembus pasar internasional. Sobat marvin perlu tau ya kalangan perajin di sentra kerajinan gerabah dan keramik mampu mengekspor berbagai macam kerajinan. Ekspor tersebut mencapai 80 kontainer per bulan atau setara dengan sekitar 6 miliar rupiah.

Cek Juga : Lingkaran│Kelas 6

Keahlian membuat gerabah juga telah di wariskan secara turun temurun di antara penduduk desa. Itu sebabnya kenapa produksi gerabah dari Desa Kasongan mampu menyasar target mancanegara. Sentra kerajinan Kasongan memiliki ratusan perajin yang tersebar di lima pedusuna dengan sekitar 200 perajin kualitas ekspor termasuk lima perajin skala besar.

Oh iya sobat dari tadi minvin ngomongin “ekspor” kalian pernah dengar belum istilah ekspor? Oke yuk kita simak lebih jauh tentang ekspor dan pasangannya impor.

Ekspor

Indonesia memiliki banyak komoditas yang di ekspor ke berbagai negara di dunia. Indonesia sebagai negara yang memiliki kekayaan sumber daya alam yang melimpah berperan dalam perdagangan internasional dengan menjadi pengekspor beberapa barang atau komoditas penting. Komoditas adalah barang pokok atau bahan dasar yang di perdagangkan atau di tukarkan dengan komoditas lainnya yang jenisnya sama. Komoditas dalam kegiatan ekonomi di butuhkan untuk menghasilkan produk-produk darisektor manufaktur.

Ekspor  adalah kegiatan menjual barang atau jasa keluar negeri. Banyak sekali ragam komoditas yang di ekspor dari negara kita ke berbagai negara di dunia. Komoditas ekspor tersebut antara lain:

Banyak orang atau badan hukum yang melakukan penjualan barang ke luar negeri. Kegiatan tersebut di sebut ekspor, dan orang atau badan yang melakukannya di namakan eksportir. Tujuan eksportir adalah untuk memperoleh keuntungan. Harga barang-barang yang di ekspor tersebut di luar negeri lebih mahal di bandingkan dengan di dalam negeri. Jika tidak lebih mahal, eksportir tidak tertarik untuk mengekspor barang yang bersangkutan. Tanpa kondisi itu, kegiatan ekspor tidak akan menghasilkan- keuntungan.

Dengan adanya ekspor, pemerintah memperoleh pendapatan berupa devisa. Semakin banyak ekspor semakin besar devisa yang di peroleh negara. Nah di atas minvin udah jelaskan ya tentang apa itu ekspor dan barang apa saja yang yang di ekspor dari Indonesia ke negara – negara lain. Pasangan dari kegiatan ekspor adalah impor. Kira kira apa ya bedanya sama Ekspor. Yuk cek selengkapnya, keep scrolling!

Impor

Kegiatan Impor adalah kegiatan perdagangan dengan cara membeli barang dari negara lain yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri dengan membayar valuta asing. Importir adalah orang yang melakukan kegiatan impor. Tidak sembarang produk barang dapat di perbolehkan masuk sebagai barang impor. Terdapat beberapa peraturan direktorat bea cukai yang jelas akan barang apa saja yang di perbolehkan dan di larang untuk kegiatan impor.

Suatu negara melakukan impor barang karena biaya mengimpor barang lebih murah di bandingkan dengan memproduksi barang sendiri, ketidaktersediaan bahan baku untuk memproduksi barang tersebut, atau kebutuhan akan barang tersebut sangat tinggi sehingga tidak dapat terpenuhi dan harus melakukan kegiatan impor dari negara lain.

Tujuan kegiatan impor adalah memungkinkan suatu negara untuk memperoleh bahan baku, barang dan jasa dari suatu produk yang jumlahnya terbatas di dalam negeri atau yang tidak dapat di hasilkan di dalam negeri. Komoditas impor lainnya antara lain:

Dengan di lakukannya kegiatan ekspor impor ini, antarnegara dapat menghasilkan beberapa manfaat antara lain:

Manfaat ekspor

1. Menambah pendapatan negara, kegiatan ekspor dapat menambah pendapatan negara dari hasil penjualan barang yang di dapatkan.

2. Membuka lapangan pekerjaan, kegiatan ekspor dapat membuka lapangan pekerjaan untuk menghasilkan suatu barang yang di butuhkan untuk dijual ke luar negeri.

3. Menyerap tenaga kerja, kegiatan ekspor dapat membuka lapangan pekerjaan dan membutuhkan tenaga kerja yang banyak untuk melakukan proses produksi.

4. Mengendalikan harga produk, kegiatan ekspor, negara eksportir dapat mengendalikan harga produk yang ada dengan tetap melakukan penjualan ke luar negeri sehingga harga dari produk tersebut tetap stabil.

5. Menambah pemasukan kas negara, dampak positif dari kegiatan ekspor terletak pada pertumbuhan ekomoni suatu negara. Manfaat dari kegiatan ekspor aadalah membuka pasar baru.

6. Meningkatkan hubungan kerja sama antar negara yang saling menguntungkan bekerjasama untuk mendapatkan suatu keuntungan dan memperluas sektor bisnisnya.

Manfaat impor

1. Dengan melakukan kegiatan impor, dapat memenuhi kebutuhan dari penduduk terhadap barang – barang yang tidak dapat di hasilkan atau di produksi oleh negaranya.

2. Dapat memenuhi kebutuhan bahan baku industri yang tidak tersedia dalam negara dengan melakukan kegiatan impor dari negara lain.

3. Meningkatkan kemampuan sumber daya manusia melalui proses alih teknologi dari tenaga ahli yang di datangkan dari negara maju.

4. Dengan adanya kegiatan impor dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat karena kebutuhan akan suatu produk dapat terpenuhi.

Oke gimana sekarang sudah mulai tau tentang ekspor impor yang dilakukan oleh negara kita kan? Sobat marvin bisa mengetahui tentang perdagangan internasional atau bahkan hal hal lain terkait materi pembelajaran dengan bergabung di Marvin Bimbel dengan bimbingan tentor – tentor profesional. see yaaa…

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *