Peluang Kejadian │Kelas 8

Sobat marvin kalian pasti pernah bermain ludo ataupun ular tangga kan?nah dalam permainan ludo, kita biasanya menggunakan dadu untuk menentukan langkah pemain. Sebuah dadu memiliki mata 6. Pelemparan dadu bermata 6 pada permainan monopoli ini akan menghasilkan angka 1, 2, 3, 4, 5, atau 6. Kemungkinan keluarnya angka tertentu pada pelemparan dadu bermata 6 adalah satu contoh dari banyak contoh penerapan materi matematika peluang dalam kehidupan sehari-hari. Contoh lain dari peluang pada kehidupan sehari hari adalah pelemparan uang koin. Pada saat melemparkan koin, ada dua buah kemungkinan mengenai sisi yang muncul. Sisi yang pertama adalah sisi angka dan sisi yang kedua adalah sisi gambar. Pernah tidak kalian berpikir kalo ternyata munculnya angka pada dadu bisa di prediksi lho. Prediksi ini dalam matematika di sebut sebagai peluang matematika. Minvin bakalan jelasin istilah apa saja yang ada di dalam peluang dan rumus-rumus yang di gunakan di dalamnya.

Baca juga : Sistem Gerak Manusia│Kelas 8

Ruang Sampel dan Titik Sampel

Dalam suatu eksperimen/percobaan, himpunan semua hasil (outcome) yang mungkin di sebut ruang sampel. Ruang sampel di simbolkan dengan S. Setiap hasil (outcome) tunggal yang mungkin pada ruang sampel di sebut titik sampel. Titik sampel di sebut juga anggota ruang sampel. Oke biar sobat marvin lebih mudah memahaminya minvin jelaskan dengan contoh uang logam.

Koin dan uang logam memiliki dua sisi. Uang logam di sebut memiliki sisi angka (A) dan sisi gambar (G). Dengan demikian, setelah di lambungkan, uang logam akan jatuh dan memunculkan sisi angka atau sisi gambar. Di katakan bahwa ruang sampel pada pelambungan 1 uang logam adalah {angka (A), gambar (G)}. Angka (A) dan gambar (G) masing masing di sebut titik sampel.

Menentukan Ruang Sampel dengan Metode Tabel  

Untuk menentukan ruang sampel bisa kalian simak pada tabel berikut

Dari tabel tersebut dapat di tentukan banyak titik sampel. Banyak titik sampel = 4 sehingga n(S) = 4.

Selain itu Ruang sampel juga dapat dengan pelambungan satu uang logam dan satu dadu sebagai berikut.

Menentukan Ruang Sampel dengan Metode Diagram

Diagram pohon untuk menentukan ruang sampel pelambungan dua logam sebagai berikut.

Ruang sampel  S = {(A,A), (A,G), (G,A), (G,G)}

Diagram pohon untuk menentukan ruang sampel perlambungan satu uang logam dan satu dadu sebagai berikut.

Ruang sampel (S) = {(A,1),(A,2),(A,3),(A,4),(A,5),(A,6),(G,1),(G,2),(G,3),(G,4),(G,5),(G,6)}

Banyaknya Titik Sampel

Banyak titik sampel pada sebuah dadu = n(D) = 6

Banyaknya titik sampel sebuah uang logam = n(L) = 2

Misal contoh

  1. Banyak titik sampel 3 uang logam. Titik sampel = n(L1) x n(L2) x n(L3) = 2 x 2 x 2 = 8
  2. Banyak titik sampel 2 dadu dan 1 uang logam. Titik sampel = n(D1) x n(D2) x n(D3) = 6 x 6 x 2 =72

Kalian sudah mengerti kan arti istilah istilah pada pokok bahasan peluang, cara menentukan ruang sampel dan titik sampel, serta menyusun anggota ruang sampel. Mau di temani belajar dengan tutor andal bersama teman-teman namun tetap kondusif, daftar program reguler belajar di Marvin Bimbel yuk!

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *