Lingkaran│Kelas 6

Halo sobat marvin. Coba perhatikan 3 gambar di atas. Menurut kalian apa yang menjadi persamaan di ketiga gambar di atas. Yap betul deh kalau ada yang jawab ketiga gambar di atas memiliki bentuk yang sama. 3 gambar di atas berbentuk lingkaran. Pernah dengar lingkaran atau mungkin sobat marvin lebih familiarnya dengan bentuk bulat.

Cek Juga : Statistika│Kelas 6

Lingkaran?

Lingkaran merupakan suatu bentuk bangun datar dengan lengkung tertutup yang setiap titik pada lengkungan tersebut memiliki jarak yang sama terhadap sebuah titik tertentu.

Unsur – Unsur Lingkaran

Baca juga : Unsur-Unsur Lingkaran Beserta Contoh Gambarnya

  • Titik pusat adalah titik yang terletak tepat di tengah – tengah lingkaran. Pada gambar di atas, titik O merupakan titik pusat lingkaran.
  • Jari-jari adalah jarak suatu titik pada lengkung lingkaran dengan titik pusat lingkaran tersebut. jari – jari lingkaran berupa garis lurus.
  • Diameter merupakan garis lurus dari titik lengkung lingkaran satu dengan titik lengkung lain yang melalui titik pusat.
  • Busur adalah garis lengkung yang terletak pada lengkungan lingkaran dan menghubungkan dua titik di lengkung tersebut.
  • Tali busur adalah garis lurus yang menghubungkan dua titik pada lengkung lingkaran.
  • Tembereng adalah daerah yang di batasi oleh tali busur dan busurnya.
  • Juring adalah daerah atau bidang yang di batasi oleh dua jari-jari lingkaran dan sebuah busur lingkaran.

Keliling Lingkaran

Luas Lingkaran

Nah itu penjelasan awal singkat tentang lingkaran. Kalau misal kalian masih mengalami kesulitan dalam belajar mandiri kalian bisa bergabung dengan Marvin Bimbel dan ambil program privat. kamu bisa belajar sendiri dengan pendampingan tentor profesional. see you sobat.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 pemikiran di “Lingkaran│Kelas 6”