SNMPTN, UTBK dan SBMPTN 2021

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengumumkan, terdapat tiga jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru PTN 2021 yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan seleksi mandiri. LTMPT juga mengumumkan terkait jadwal Seleksi masuk PTN yang diantaranya SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN yang akan dimulai dengan peluncuran Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) pada 4 Januari 2021. Kalian para pejuang PTN sudah mendengar info terkini mengenai 3 jalur seleksi tersebut. Berdasarkan paparan dari sosialisai LTMPT mengenai Informasi Sistem Seleksi Masuk PTN (Perguruan Tinggi Negeri) Tahun 2021 berikut hal – hal yang perlu kalian semua ketahui.

Jalur SNMPTN

Ketentuan Akreditasi:
• Akreditasi A: 40 % terbaik di sekolahnya;
• Akreditasi B: 25 % terbaik di sekolahnya;
• Akreditasi C dan lainnya: 5% terbaik di sekolahnya.

Pada jalur SNMPTN siswa dapat memilih dua program studi dari satu PTN atau dua PTN. Jika Sobat marvin memilih dua program studi, salah satu harus berada di PTN pada provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asalnya. Jika memilih satu program studi, dapat memilih PTN yang berada di provinsi mana pun. LTMPT menyarankan agar kalian tidak lintas minat, akan tetapi jika memang terpaksa lintas minat, tergantung ketentuan PTN yang di tuju.

Jadwal SNMPTN 2021

UTBK

Materi UTBK 2021 berbeda dengan UTBK 2020, mengingat UTBK 2020 hanya berisi TPS sedangkan untuk UTBK 2021 nanti akan berisi TPS dan TKA. TPS mengukur KEMAMPUAN KOGNITIF yang
di anggap penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi. Dalam TPS yang akan di uji adalah KEMAMPUAN PENALARAN UMUM, KEMAMPUAN KUANTITATIF, PENGETAHUAN DAN PEMAHAMAN UMUM, serta KEMAMPUAN MEMAHAMI BACAAN DAN MENULIS. Kemampuan kuantitatif akan mencakup Pengetahuan dan Penguasan Matematika Dasar.

Sedangkan untuk TKA mengukur PENGETAHUAN dan PEMAHAMAN KEILMUAN yang di ajarkan di sekolah dan di perlukan untuk seseorang dapat berhasil dalam menempuh pendidikan tinggi. TKA juga mengukur kemampuan kognitif yang terkait langsung dengan konten matapelajaran yang di pelajari di sekolah. Penekanan tes adalah pada Higher Order Thinking Skills (HOTS).

BACA JUGA : Perlukah mengikuti Try Out untuk persiapan UTBK

Berikut minvin sajikan rangkuman jadwal dari awal SNMPTN hingga SBMPTN.

Simak juga : Sosialisasi Daring “SNMPTN-UTBK-SBMPTN 2021”

Nah itu beberapa info yang perlu kalian ketahui sobat. Saat ini sudah mulai ada rule rule dalam jalur seleksi perguruan tinggi negeri. Para sobat marvin pejuang PTN musti kencangkan sabuk untuk menyiapkan amunisi dalam menghadapi ketatnya persaingan. Tenang, kamu masih punya waktu untuk mempersiapkan diri sebelum proses seleksi masuk PTN di tahun 2021 mendatang. Ayo, terus persiapkan dirimu dengan mendaftarkan diri kalian di program Fokus SBMPTN Marvin.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 pemikiran di “SNMPTN, UTBK dan SBMPTN 2021”