Perlukah mengikuti Try Out untuk persiapan UTBK

Hello para pejuang PTN! Seberapa gregetnya kamu untuk menjadi pejuang PTN? semangat ya buat kalian. Penerimaan mahasiswa baru tahun ini dilakukan melalui tiga jalur seleksi yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan seleksi Mandiri (SM). Ketiga jalur ini mempunyai kuota masing-masing, yaitu SNMPTN minimum 20 persen, SBMPTN minimum 40 persen, dan seleksi Mandiri maksimum 30 persen. SNMPTN diseleksi berdasarkan nilai akademik saja atau nilai akademik dan prestasi lainnya yang ditetapkan oleh PTN. Sementara, seleksi SBMPTN berdasarkan hasil UTBK (Ujian Tertulis Berbasis Komputer) dan kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN. Sedangkan, seleksi Mandiri dapat menggunakan nilai UTBK.

Baik itu SNMPTN, SBMPTN, atau Seleksi Mandiri PTN selalu diminati oleh para calon mahasiswa, sehingga memiliki tingkat keketatan yang tinggi. Berdasarkan paparan Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) di webinar LTMPT pada 28 November 2020 lalu, berikut gambaran keketatan seleksi masuk PTN.

  • Siswa yang mengikuti SNMPTN tahun 2020 berjumlah 489.601 siswa se-Indonesia tetapi yang lolos hanya 96.496 atau 19.74%
  • Jumlah pendaftar SBMPTN tahun 2020 mencapai 702.420 siswa, tetapi yang lolos hanya 167.653 siswa atau 23.87%
  • Seleksi Mandiri juga tak kalah ketat. Contohnya pada Seleksi Mandiri UNS tahun 2020, jumlah pendaftar mencapai 53.202, tetapi yang diterima hanya 3.261 peserta atau 6.13%.
Cek Juga : Terbaru LTMPT! Yuk Ikut Webinar “Kiat Sukses Masuk PT Pilihan”

Saat ini kita sudah berada di penghujung tahun. Tandanya kita sudah mau masuk di semester genap. Buat kalian yang saat ini duduk di bangku kelas 12 pasti sudah mulai mempersiapkan diri dengan ketat untuk UTBK 2021. Tidak dapat dipungkiri persaingan dalam memperebutkan kursi di program studi pilihan masing – masing memang sangat ketat. Maka dari itu meski saat ini nuansanya sedang liburan, kalian tetap ga bisa leha-leha dan perlu nyiapin strategi agar persiapan dan belajar UTBK 2021 agar jadi efektif. Minvin punya salah satu tips yang bisa kamu lakukan dalam membangun persiapan dalam menghadapi UTBK, yaitu sering berlatih atau mengikuti try out. Sebetulnya try out bukan hanya untuk UTBK tapi bisa digunakan sebagai salah satu cara untuk mempersiapkan ujian.

Try Out?

Sobat marvin pasti sudah taulah ya try out itu apa? yap betul try out adalah proses uji-coba terhadap kemampuan kita dalam menguasai materi pada mata pelajaran tertentu. Try out akan menjadi ajang untuk menjajaki sejau hmana penguasaan sobat marvin terhadap materi terkait. Dengan mengikuti tes uji coba ini kamu bisa setidaknya bisa menjajal “medan perang” lebih awal. Sehingga kamu bisa mempelajari dan menentukan strategi untuk menaklukan UTBK 2021.

Biasanya, soal-soal tryout akan dibuat semirip mungkin dengan soal yang akan diujikan nanti. Jadi, kamu akan punya gambaran, kira-kira materi apa saja yang akan keluar dan bagaimana saja model soalnya. Kalau perlu, kamu juga bisa mengikuti dua kali tryout atau lebih nih, agar jadi semakin terlatih dan mampu menghasilkan nilai yang memuaskan.

Cek Juga : Ini 5 hal yang perlu kamu lakukan untuk menghadapi SBMPTN

Kali ini minvin akan menjelaskan kepada kamu para #pejuangPTN, mengapa Try Out (TO)  itu sangat penting dilakukan sebelum menghadapi UTBK SBMPTN. Intinya semakin sering kamu ikut try out akan semakin baik buat kamu mempersiapkan diri menjadi salah satu mahasiswa PTN impian kamu. Langsung saja, berikut adalah 7 alasan pentingnya try out UTBK, yaitu:

1. Melatih Diri Menghadapi Tipe Soal

Jika kalian telah sering mencoba untuk mengerjakan ujian soal tryout, secara tidak langsung kalian akan lebih mudah mengerjakan Tes Sebenarnya. Hal ini terjadi karena soal tryout di rancang mirip dengan Soal Ujian nantinya. Dengan membiasakan diri ikut try out, kamu lebih paham terhadap tipe – tipe soal yang akan di ujikan. Misalnya bisa memahami jenis – jenis soal di TPA (Tes Potensi Akademik)dan TPS (Tes Potensi Skolastik). Mengetahui mata pelajaran apa aja yang di ujikan jika memilih Saintek, Soshum atau jika memilih campuran.

Dengan Try out akan membuat otak menjadi lebih terbiasa menghadapi beragam soal ujian yang belum pernah kalian temui sebelumnya.

2. Mengetahui Kemampuan diri  

Tryout dapat di jadikan sebagai evaluasi sejauh mana pemahaman dalam pelajaran yang di sajikan saat ujian. Hasil tryout menunjukkan sejauh mana kemampuan kalian sebelum nantinya mengikuti ujian yang sesungguhnya. Dengan adanya hasil tersebut, kalian bisa fokus untuk mempelajari lagi hal-hal yang di rasa kurang sehingga tidak harus mempelajari seluruh mata pelajaran. Tentu akan mempermudah dan kegiatan belajar dari masing-masing individu.

3. Belajar manajeman waktu

Semakin sering mengikuti Try Out UTBK, maka kamu juga semakin bagus untuk memanajemen waktu ujian. Karena mengikuti UTBK, selain tingkat kesulitan soal, namun juga manajemen waktu yang baik akan sangat membantu kamu untuk mengikuti ujian dengan lancar dan menyelesaikan soal dengan tepat waktu. Kamu jadi bisa estimasi berapa waktu yang di butuhkan untuk menyelesaikan soal sesuai tingkat kesulitannya.

4. Mengetahui kelemahan diri

Membiasakan diri untuk mengikuti Try Out UTBK juga akan membuat kamu lebih tahu letak kelemahan diri kamu. Karena melalui TO, hasil atau nilainya bisa kamu evaluasi. Di bidang mana kamu masih belum memenuhi standar nilai untuk UTBK. Dengan begitu kamu bisa punya waktu untuk memperkuat bidang tersebut dengan belajar dan latihan lebih banyak lagi. Selain itu, kalian juga dapat menyusun strategi tertentu untuk menghadapai kelemahan kalian.

5. Melatih Mental

Semakin sering sobat marvin ikut try out maka secara mental, pikiran, dan tubuh kalian pun akan terbiasa dan mampu beradaptasi dengan suasana try out selayaknya suasana UTBK. Sebaiknya sobat marvin membuat suasana kondisi try out semirip mungkin dengan yang akan kamu hadapi. Jangan sampai saat akan TO kamu sambil ngemil juga sambil dengerin lagu di kasur. Coba bayangin aja kalo sobat marvin rajin banget TO UTBK sampai puluhan kali, Minvin yakin pasti di hari-H akan jauh lebih rileks karena udah mengalami hal yang kurang lebih sama puluhan kali sebelumnya.

6. Sebagai bahan pertimbangan dalam memilih jurusan

Kita bisa memanfaatkan hasil dari TO secara gradual sebagai alat refleksi kita untuk menentukan pilihan yang realistis dalam memilih jurusan kuliah. Di sini, Minvin bukan berarti ingin supaya kalian gak meraih cita-cita untuk masuk jurusan & universitas favorit ya. Tentu saja boleh kok masuk jurusan & universitas keren, asalkan dari nilai-nilai TO terakhir sobat emang udah bisa meraih score yang bisa disebut layak untuk bersaing di level itu. Dan yang pasti kalian juga mengerjakan Try out dengan serius ya.

7. Melatih daya konsentrasi

Salah satu manfaat tryout yaitu buat melatih kemampuan diri dan menyiapkan strategi yang tepat buat mengerjakan soal nantinya. Tryout juga akan melatih kamu buat beradaptasi mengerjakan soal-soal sulit dalam waktu yang terbatas. Dengan begitu, saat kamu mengerjakan soal UTBK yang sebenarnya kamu udah terbiasa dan bisa mengerjakan dengan penuh konsentrasi. Jika kalian tipe orang yang gampang merasa gugup kala mengerjakan soal, maka try out secara online bisa kalian gunakan untuk melatih kemampuan diri dan juga daya konsentrasi.

Nah, sekarang, sobat marvin sudah tahu kan pentingnya mengikuti tryout sebelum menghadapi ujian. Kalau di ibaratkan nih ya, ujian itu bagaikan perang. Jika kamu belajar, berarti kamu sedang menyiapkan amunisi untuk perang. Nah, dengan mengikuti tryout, sama saja kamu bisa memperkirakan kondisi dan situasi di medan perang. Jadi, jika kamu mempraktekkan keduanya, maka persiapan kamu dalam menghadapi ujian akan jauh lebih matang.

Lalu di mana min, aku bisa ikut try out. Pliss engga usah khawatir, marvin akan mengadakan try out UTBK secara berkala. Kalian tinggal pantengin aja di Instagram Marvin karena di sana akan di infokan mengenai jadwal – jadwal pelaksanaan try out UTBK. Oh ya sobat yang tidak kalah penting try out Marvin sudah menggunakan sistem IRT lho, sistem yang sama di gunakan UTBK 2021 dan daftarnya bisa di lakukan secara GRATIS. Info lengkapnya bisa kamu cek di sini ya!

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Satu pemikiran di “Perlukah mengikuti Try Out untuk persiapan UTBK”