Belajar Lebih Mudah dengan Mind Mapping

Halo sobat marvin….

Pernahkah kamu merasa kesulitan saat harus menghapalkan begitu banyak catatan untuk ujian yang mengandalkan hapalan? Ih, pasti ngebetein banget, deh! Tapi, mau bagaimana lagi? Tidak ada cara lain untuk menghadapi ujian tersebut selain menghapalkan. Mau nyontek? Ew! Amit-amit, bukan sobat marvin banget lah ya!

Psst, ternyata ada solusinya, sobat! Soalnya, ada banyak cara mencatat yang lebih seru, lebih berwarna, dan lebih mudah diingat lho! Salah satunya adalah mencatat dengan menggunakan teknik mind mapping.

Sudah kenalkah kamu dengan teknik ini? Hmm… kalau belum, seperti apa ya teknik minat mapping itu? minvin punya ulasan tentang teknik satu ini, spesial untukmu!

Cek Juga : Asesmen Nasional sebagai pengganti Ujian Nasional 2021. Apa itu Asesmen Nasional?

Apa itu mind mapping??

Mind mapping adalah sebuah metode untuk mengelola informasi secara keseluruhan melalui pemetaan peta pikiran berbentuk percabangan yang dituangkan langsung kedalam media tulis, baik kertas maupun digital. Umumnya, mind mapping berupa suatu percabangan dari bagan-bagan. Mind mapping kerap dianggap mempermudah proses pengingatan, mempercepat proses pencatatan karena hanya menggunakan kata kunci. Mudahnya kita mengingat suatu informasi utama ini dikarenakan tema utama terdefinisi dengan jelas di tengah mind map tersebut.

Kenapa harus mind mapping ?

Materi sekolah yang begitu banyak seringkali membuat kita merasa kesulitan untuk mengikuti semua mata pelajaran. Terlebih bagi orang-orang dengan kemampuan yang pas-pasan dalam belajar dan mengingat. Karena itulah penggunaan mind mapping sebagai sarana belajar sangat di sarankan.

Pembuatan mind mapping kreatif yang melibatkan otak kiri dan kanan akan membuat proses belajar menjadi lebih efektif serta efisien. Selain itu, pembuatan contoh mind mapping yang menuntut kita untuk menulis materi-materi pelajaran yang diberikan guru secara singkat dan padat juga dapat memudahkan pelajar dalam mengingat.

Materi sekolah yang begitu banyak sering kali menjadi tantangan yang harus dihadapi saat akan membuat contoh mind map. Dengan materi yang begitu banyak, kita harus memiliki kreativitas dalam membuat mind map. Sangat disarankan bagi sobat marvin untuk membuat mind mapping dengan detail yang simpel dan melibatkan banyak warna di dalamnya.

Desain mind mapping unik yang sederhana dan berwarna-warni sangat cocok bagi kita yang ingin belajar dengan mudah dalam memahami suatu materi. Desain yang sederhana pada mind mapping akan memudahkan pelajar untuk membaca serta memahami materi yang ada di dalamnya, sedangkan penggunaan banyak warna yang berbeda akan membuat mind mapping terlihat lebih menarik sehingga kita tak akan enggan untuk membacanya.

Cek juga : 10 Cara Mudah dan Cepat Menghafal Pelajaran Sekolah, Tertarik Coba?

Bagaimana Cara membuat Mind Mapping?

Nah, daripada penasaran mending yuk di coba buat mind map versi kamu sendiri. Gimana caranya? Sederhana kok, kamu tinggal melakukan hal berikut:

1. Siapkan peralatan tulis, berwarna lebih seru!

Untuk membuat mind map, gunakan pulpen warna-warni. Pertama, siapkan kertas yang siap kamu corat-coret, utamakan kertas polos ya biar kamu bisa bebas berimajinasi. Gunakan kertas dengan orientasi landscape supaya mendapatkan lebih banyak tempat. Kedua, tentunya pensil atau spidol warna-warni biar tampilannya lebih menarik! lalu mulailah menggambar dari bagian tengah kertasmu. Dan… jangan lupa semangat untuk belajar supaya tetap fokus, hihi.

2. Dimulai dari topik utama

Setelah itu, mulailah membuat mind map dengan menuliskan topik utama di bagian tengah halaman. Kemudian, lingkupilah dengan lingkaran, persegi atau bentuk apapun terserah kamu. Kamu juga bisa menambah dengan gambar, misalnya gambar lampu bohlam, dan sebagainya. Dari situ, baru mulai mengembangkan menjadi subtopik yang berkaitan di sertai turunannya. Misalnya, kamu sedang belajar IPA, lalu topik utamanya adalah cara berkembang makhluk hidup. Berarti subtopik-nya terbagi generatif dan vegetatif. Turunan untuk vegetatif misalnya tumbuhan dan hewan, seterusnya.

3. Gunakan satu kata atau frase

Usahakan untuk menggunakan satu kata atau frase untuk setiap subtopik maupun turunannya ya! Kenapa? Tentu saja untuk memudahkan kamu untuk mengingat. Kalau kamu menggunakan kata yang terlalu panjang atau rumit, tentu akan menghambat kamu untuk menghafalnya bukan? Tambahkan garis cabang dari gambar pusatnya untuk setiap ide dan anak gagasan utamanya. Jadi jumlah garis cabangnya akan bevariasi tergantung jumlah cabang atau anak dari ide utamanya. Usahakan gunakan warna yang berbeda untuk tiap garis cabangnya. Tulislah kata kunci di setiap cabang. Nantinya, kata-kata kunci inilah yang akan menyampaikan inti dari gagasan dan memicu ingatan kamu. Jadi ini akan mempermudahmu mengingat kembali. Jika kamu menggunakan singkatan, pastikan kamu familiar dengan singkatan-singkatan tersebut sehingga bisa dengan mudah membuatmu ingat selama berhari-berhari bahkan berminggu-minggu.

4. Berkreasi dengan ilustrasi dan warna

Bisa di coba nih dengan memberikan ilustrasi sederhana supaya mind map kamu lebih seru! Jangan lupa gunakan warna yang berbeda juga ya untuk setiap garis subtopik, biar lebih menarik secara visual. Semakin berkreasi pasti semakin menarik mind map kamu. Kamu juga bisa menambahkan simbol-simbol dan ilustrasi-ilustrasi menarik untuk mendapatkan sumbu ingatan yang lebih baik.

Yap, itulah cara belajar cepat dengan mind map. Dengan membiasakan membuat mind map cara berpikir kamu lama-kelamaan akan terstruktur. Sehingga akan lebih mudah untuk mengerti asosiasi antar berbagai topik maupun subtopik yang sudah di buat.

Nah, itu adalah sedikit penjelasan minvin tentang mind mapping yang dapat minvin informasikan kepada sobat marvin semuanya. Perlu kalian ketahui, para tentor di marvin bimbel juga sering menggunakan mind map dalam penyampaian materi, tentu akan lebih mengasyikkan. Kalian semua bisa membuat mind map materi sekolah versimu atau bahkan mind map tentang cita – cita kalian dengan pendampingan tentor tentor profesional ketika sudah bergabung di Marvin Bimbel. Yuk buruan bergabung ya. Jangan sampai ketinggalan ya. see you!!

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 pemikiran di “Belajar Lebih Mudah dengan Mind Mapping”