Kabar Terbaru !!! Sekolah tatap muka mulai Januari 2021

Januari Sekolah Buka?

Kabar gembira untuk kita semua, Januari… sekolah sudah di buka. Et sambil nyanyi pasti kalian bacanya. Minvin taulah kalian sudah mulai jenuh dengan pembelajaran daring. Kabar gembira nih untuk kalian semua, pemerintah nyalakan lampu hijau, sekolah tatap muka mulai di perbolehkan Januari 2021.  Gimana nih perasaan kalian? Pasti kangen dong dengan sekolah tatap muka, kangen dengan bapak/ibu guru di sekolah dan pastinya sangat rindu dengan teman teman sekolah kalian.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim mengizinkan pemerintah daerah untuk memutuskan pembukaan sekolah atau kegiatan belajar tatap muka di sekolah di seluruh zona risiko virus corona mulai Januari 2021. Nadiem menambahkan jika sekolah mau melakukan tatap muka harus memenuhi persyaratan yang ketat seperti kesiapan melakukan protokol kesehatan dan kesiapan sistem kesehatan lainnya. Lebih lanjut Ia mengatakan, ada banyak dampak negatif yang bisa terjadi pada anak jika terlalu lama di rumah dan pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau belajar online. Oleh karenanya, beliau berencana untuk memberikan izin sekolah tatap muka mulai awal tahun depan. Nadiem menjelaskan, setidaknya ada tiga dampak negatif yang bisa terjadi dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) seperti saat ini.

Dampak negatif apabila PJJ lebih lama (Sumber: siaran pers Mendikbud)

BACA JUGA : Merdeka Belajar

Teknis Pelaksanaan kebijakan baru pembelajaran di masa pandemi COVID-19

Pada semester genap tahun ajaran 2020/2021, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengatakan bahwa sekolah boleh melaksanakan pembelajaran tatap muka dengan memenuhi syarat tertentu. Oleh karena itu, Nadiem mengharapkan sekolah mulai mempersiapkan diri dari sekarang hingga akhir tahun untuk pergantian model pembelajaran. Hal ini disampaikan Nadiem dalam konferensi pers secara daring, Jumat (20/11/2020). Oh iya sobat perlu kalian tahu, kebijakan ini berdasarkan keputusan bersama empat menteri, yakni Menteri Kesehatan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, dan Menteri Dalam Negeri.

Berdasarkan keputusan itu, Nadiem mengatakan pemerintah memberikan kewenangan kepada pemerintah daerah (pemda) atau kantor wilayah kementerian agama untuk menentukan pembelajaran tatap muka. “Pemerintah pada hari ini melakukan penyesuaian kebijakan untuk memberikan kewenangan kepada pemerintah daerah, kantor wilayah Kementerian Agama, untuk menentukan pemberian izin pembelajaran tatap muka di sekolah-sekolah di bawah kewenangannya,” ujar Nadiem. Adapun kebijakan tersebut mulai berlaku pada semester genap tahun ajaran 2020/2021 atau mulai Januari tahun depan. Hanya saja, menurut Nadiem Makarim, pembelajaran tatap muka di perbolehkan, tetapi tidak di wajibkan. Tak hanya itu saja, kini kewenangan di serahkan kepada pemerintah daerah (Pemda), sekolah, dan orangtua. Tiga komponen ini menjadi kunci diselenggarakannya pembelajaran tatap muka atau tidak.

BACA JUGA : Pembelajaran Jarak Jauh Pemanfaatan Konsep Gelombang Stasioner

Sekolah Boleh Tatap Muka, Ini Syaratnya

Menanggapi kebijakan di perbolehkannya kembali kegiatan belajar tatap muka di sekolah, sekolah harus memenuhi beberapa daftar periksa yang sama seperti surat keputusan bersama sebelumnya. Berikut merupakan daftar periksa yang semuanya harus di penuhi oleh sekolah agar bisa melakukan pembelajaran tatap muka.

  1. Ketersediaan sarana sanitasi dan kebersihan, seperti: toilet bersih dan layak adanya sarana cuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer disinfektan.
  2. Mampu mengakses fasilitas pelayanan kesehatan.
  3. Kesiapan menerapkan wajib masker.
  4. Memiliki thermogun.
  5. Memiliki pemetaan warga satuan pendidikan yang: memiliki komorbid tidak terkontrol tidak memiliki akses terhadap transportasi yang aman memiliki riwayat perjalanan dari daerah dengan tingkat risiko Covid-19 yang tinggi atau riwayat kontak dengan orang terkonfirmasi positif Covid-19 dan belum menyelesaikan isolasi mandiri.
  6. Mendapatkan persetujuan komite sekolah atau perwakilan orangtua atau wali.

Oke gimana sobat, kalian pasti sudah tidak sabar untuk mulai pembelajaran tatap muka lagi kan? Jangan khawatir, ikuti arahan dari Pemda setempat atau sekolah, dan tetap laksanakan protokol kesehatan mandiri dengan ketat. Jangan biarkan pandemi ini mengurangi semangatmu untuk mengejar cita-cita ya. Ayo, terus belajar dengan materi berkualitas di ruangbelajar. Selain itu jangan lupa persiapkan diri kalian ya sobat. Cek kembali kesiapan kalian setelah satu semester penuh pembelajaran jarak jauh. Siapkan diri kalian sebaik mungkin dengan bergabung di Marvin Bimbel.

CEK SELENGKAPNYA DI : Pengumuman Penyelenggaraan Pembelajaran Semester Genap TA 2020/2021 di Masa Pandemi Covid-19

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 pemikiran di “Kabar Terbaru !!! Sekolah tatap muka mulai Januari 2021”