Surat Lamaran Pekerjaan │ Kelas 12

Tentukan Tujuan Kalian

Halo sobat marvin, ketemu lagi nih dengan minvin. Oh iya di antara sobat marvin di sini pasti ada dong yang duduk di bangku kelas 12. Nah buat kalian yang kelas 12 nih, sudahkah ada plan usai SMA mau melanjutkan kemana? Apakah kalian akan melanjutkan kejenjang perkuliahan? Atau mungkin memutuskan untuk bekerja? Bahkan mungkin ada yang sudah merencanakan untuk bekerja sambil kuliah? Oke sobat apapun pilihan kalian, Minvin berharap itu yang terbaik untuk kalian para sobat marvin. Sobat Marvin, apapun pilihan kalian, nanti akan ada di masa yang mengharuskan kalian untuk membuat surat lamaran pekerjaan. Setelah lulus sekolah atau kuliah, melamar perkejaan adalah sesuatu yang lazim di lakukan.

BACA JUGA : Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) sebesar 7,07 persen

Setiap bulan, setiap minggu bahkan setiap hari kita dapat melihat tayangan di televisi yang dapat menggambarkan betapa banyaknya orang yang ingin mendapatkan pekerjaan meskipun harus berdesak-desakan dengan banyak orang. Untuk mendapatkan pekerjaan, banyak pelamar melihat media cetak dan media elektronik untuk memperoleh informasi. Saat ini bahkan banyak sekali akun – akun sosial media yang menampung berbagai macam lowongan pekerjaan. Selain itu saat ini juga  banyak sekali aplikasi aplikasi yang di rancang khusus memudahkan kita dalam mencari pekerjaan dan juga mencari pekerja.

BACA JUGA : Persyaratan SNMPTN 2020

Surat Lamaran Pekerjaan

Teman-teman, setelah lulus sekolah atau kuliah nanti, sebagian besar di antara kamu pasti memutuskan untuk bekerja. Kamu akan melamar pekerjaan sesuai dengan passion-mu di perusahaan yang kamu inginkan. Nah, ketika kamu akan melamar pekerjaan, tentu kamu butuh yang namanya Surat Lamaran Pekerjaan. Surat ini berisi permohonan untuk bekerja di perusahaan yang kamu lamar. Kamu tahu nggak, surat lamaran pekerjaan merupakan salah satu poin penting yang bisa menentukan lolos tidaknya kamu ke tahap berikutnya, loh. Oleh sebab itu, membuat surat lamaran pekerjaan nggak boleh asal – asalan. Kamu harus menulis surat lamaran pekerjaan dengan benar dan efektif supaya peluang di terima di perusahaan yang kamu inginkan semakin besar.

Pembuatan surat lamaran pekerjaan seharusnya mempunyai dasar sebagai pijakan dalam membuatnya. Ada beberapa dasar seseorang dalam membuat surat lamaran pekerjaan, yaitu berdasarkan iklan, berdasarkan informasi orang dalam dan berdasarkan inisiatif sendiri. Pada dasarnya sebuah surat terdiri dari tiga bagian yaitu : bagian pembuka, bagian isi dan bagian penutup. Untuk lebih detailnya cek tabel berikut ya kak.

Penjenisan surat lamaran

Berdasarkan jenis pembuatannya surat lamaran pekerjaan dapat di kelompokkan ke dalam dua jenis di antaranya adalah

  1. Surat lamaran pekerjaan yang di gabungkan dengan riwayat hidup (curriculum vitae) dalam cara ini, riwayat hidup termasuk isi surat karena isinya berupa gabungan. Cara ini juga di sebut dengan model gabungan.
  2. Surat lamaran yang di pisahkan dari riwayat hidup. Dalam cara ini riwayat hidup merupakan lampiran dan cara ini di sebut model terpisah.

BACA JUGA : Menemukan Minat dan Bakat Sebelum Memilih Jurusan Kuliah Paling Tepat

Unsur Kebahasaan Surat Lamaran Pekerjaan

Ketentuan-ketentuan yang harus di perhatikan dalam surat lamaran pekerjaan terkait dengan bahasa yang di gunakan adalah sebagai berikut.

  1. Bentuk surat yang standar
  2. Bahasa yang baik dan benar
  3. Kata kata yang sopan
  4. Menggunakan kata pengantar yang jelas, singkat, padat, informatif dan tepat sasaran
  5. Tulisan bersih, mudah di baca, dan sesuai dengan kaidah ejaan
  6. Melengkapi bagian-bagian surat dengan norma bahasa surat (seperti penulisan unsur hal, tempat/ tanggal, alamat, salam pembuka, isi surat, salam penutup, tanda tangan dan nama terang.)

Simpulan Sistematika dan Unsur-unsur Isi Surat Lamaran Pekerjaan

Secara umum, sistematika surat lamaran pekerjaan meliputi tempat dan tanggal pembuatan surat, lampiran dan perihal, alamat surat, salam pembuka, alinea pembuka, isi, penutup, salam penutup, serta tanda tangan dan nama terang. Mari kita simak penjelasan detailnya ya sobat,

1. Tempat dan Tanggal pembuatan surat

Tempat dan Tinggal pembuatan surat di tempatkan di pojok kanan atas tanpa titik di akhir karena bukan merupakan kalimat.

Pati, 28 November 2020

2. Lampiran dan Hal
  • Kata ‘lampiran’ dan ‘hal’ tidak di singkat, seperti lamp.
  • Angka dalam kolom lampiran di tulis menggunakan huruf.

Lampiran   : 10 Lembar

Hal            : Lamaran Pekerjaan

3. Alamat surat
  • Tidak menggunakan kata ‘Kepada’
  • Alamat di sarankan tidak lebih dari tiga baris
  • Jabatan tidak boleh menggunakan jenis kelamin seperti Bapak atau Ibu
  • Tulisan ‘jalan’ pada alamat tidak boleh di singkat
  • Tidak menggunakan titik di masing-masing akhir barisnya

Yth. Manager PT. Marvin Perceka Edukasi

Jalan Jenderal Sudirman No. 207 Plaza Pati

Jawa Tengah

4. Salam pembuka

Setelah kata ‘Dengan hormat’ di gunakan tanda baca koma (,)

Dengan hormat,

Berdasarkan …………

5. Alinea pembuka

Dalam bagian alinea pembukaan ini, sebaiknya menggunakan bahasa yang baik dan sopan agar pihak atau instansi yang membacanya tidak tersinggung. Di dalam alinea ini juga sudah harus muncul pernyataan umum yang menggambarkan diri pelamar (tesis)

6. Isi
  • Identitas

Berisi keterangan nama, tempat tanggal lahir, alamat, pendidikan terakhir dan dapat di tambah lagi sesuai dengan keperluan. Di dalam menuliskan keterangan tersebut, huruf awal kata di gunakan huruf kecil.

nama                                 : Minvin

tempat tanggal lahir    : Pati, 20 Februari 2000

pendidikan terakhir     : S2 Pendidikan Matematika

alamat                            : Gang Mawar No.45 Desa Sukamaju Kecamatan Senang Kabupaten Happy

  • Maksud dan tujuan

Berisi keterangan tentang alasan pengirim atau pelamar pekerjaan menulis surat.

  • Menyatakan lampiran

Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan

1. fotokopi ijazah terakhir;

2. fotokopi kartu tanda penduduk;

3. pasfoto ukuran 3×4 dua lembar

7. Penutup

Pada bagian penutup haruslah menunjukkan keantusiasan pelamar pekerjaan kepada instansi yang menjadi sasaran kita.

Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat. Besar harapan saya untukdapat menjadi bagian dari PT. Marvin Perceka Edukasi sebagai tentor tetap. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya mengucapkan terima kasih.

8. Salam penutup

Hormat saya,

9. Tanda tangan dan nama terang

Tanda tangan biasanya berada di pojok kanan bawah surat, lalu di bawahnya di tulis nama lengkap.

(Ttd)

Minvin, S.Pd., M.Pd.

Oke, gimana nih, teman-teman? Dengan penjelasan di atas, Minvin rasa sudah jelas ya tentang cara membuat surat lamaran pekerjaan yang benar dan efektif. Sekarang, untuk bahan latihan, coba deh cek contoh surat lamaran berikut kira – kira apakah ada bagian – bagian yang salah atau sudah sesuai. Jangan lupa drop jawaban kalian di kolom komentar ya sobat 🙂

Sebenarnya, selain surat lamaran pekerjaan, daftar riwayat hidup yang kamu buat juga berpengaruh terhadap peluang kamu di terima di suatu perusahaan, loh! Nah, kamu bisa mempelajari lebih lanjut cara membuat daftar riwayat hidup yang baik dan benar dengan bergabung di Marvin Bimbel.

BACA JUGA : Tips Memilih Bimbel Terbaik

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *