Statistika│Kelas 6

Pagi ini kelas vina ada pembagian hasil ulangan matematika minggu lalu. Dengan demikian, Vina dan teman teman sepakat nanti sepulang sekolah mau diskusi tentang hasil ulangan mereka dalam satu kelas nih sobat. Kira kira mereka mau diskusi apa ya? Apa mungkin ada teman vina yang merasa tidak adil atas penilaiannya? Oh bukan sobat, namun mereka mau menghitung rata – rata hasil ulangan matematika mereka dalam satu kelas. Oke sobat marvin kalian tau bagaimana cara menghitung rata-rata? Apakah kalian masih ingat dengan pokok bahasan statistika? Untuk menghitung rata rata kita perlu mengetahui konsep dasar statistika. 

Statistika sendiri merupakan ilmu yang mempelajari bagimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasikan data. Dalam bahasan konsep dasar statistika kita akan menemukan 3M? Wah kira kira apa ya 3M itu? Yuk kita intip gambar dibawah.

Baca Juga : Tips Memilih Bimbel Terbaik

Konsep Dasar Statistika

Mari kita bahas bersama. Pertama kita akan membahas Median. Dengan kata lain median merupakan nilai data yang terletak di tengah setelah data diurutkan. Sebagai tambahan, median menjadi dua bagian yang sama besar. Lalu M yang kedua adalah Mean atau Rata rata hitung merupakan metode yang paling banyak digunakan untuk menggambarkan ukuran pemusatan data. Nah untuk yang terakhir adalah Modus. Et tapi bukan modus yang sering kita dengar diperbincangkan kaum muda mudi. Modus kali ini maksutnya adalah data yang paling sering muncul atau memiliki frekuensi tertinggi. Modus sangat mudah ditemukan tanpa melakukan perhitungan terlebih dahulu.

Baca Juga : Tips Menghadapi Kenaikan Kelas

Pengaplikasian dalam Data

Gimana sobat sudah ada bayangan mengenai pembahasan Median, Modus dan Mean? Sebagai contoh untuk lebih jelasnya yuk kita lihat data hasil ulangan kelas vina.

6 7 8 7 9 6 9 8
7 9 8 6 8 7 9 8
7 8 8 7 6 8 9 8
8 6 7 8 8 7 9 8
Hasil Ulangan Math kelas 6A

Dari data hasil ulangan semua siswa kelas Vina, yuk coba kita cari Median, Modus dan Mean.

  1. Urutkan semua Data

6, 6, 6, 6, 6, 7, 7, 7, 7, 7, 7, 7, 7, 8, 8, 8, 8, 8, 8, 8, 8, 8, 8, 8, 8, 8, 9, 9, 9, 9, 9, 9

Dari data diperoleh :

Dengan demikian, jika data diatas dibuat tabel sebagai berikut.

Baca Juga : Ini 5 hal yang perlu kamu lakukan untuk menghadapi SBMPTN

  • Median : Karena jumlah frekuensi termasuk genap (32 Siswa) maka median dapat dihitung dengan penyelesaian sebagai berikut.

Median terletak pada data

Data ke – 16 = 8

Data ke – 17 = 8

Jadi median dari data hasil ulangan kelas 6A adalah nilai 8

  • Modus

Nilai yang sering muncul adalah angka 8 (Karena frekuensi terbanyak = 13 anak)

  • Mean merupakan metode yang paling banyak digunakan untuk menggambarkan ukuran pemusatan data.

Jadi rata rata nilai ulangan Matematika kelas 6A adalah 7,625

Wah, cukup bisa di pahami ya sobat! Jangan lupa kamu ingat-ingat supaya nggak tertukar, ya! Kamu ingin tau lebih lanjut tentang pembahasan bab statistika? Butuh bantuan dari guru les atau pendampingan belajar. Kapan lagi kan, tanya PR dengan guru profesional berkualitas tapi dengan biaya yang terjangkau? Kuy, gabung dengan Marvin Bimbel! http://bit.ly/FormDaftar-Marvin

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

8 pemikiran di “Statistika│Kelas 6”