Manfaat KKN

Bahasan yang lagi rame bermula dari thread di Twitter tentang cerita KKN di Desa Penari yang katanya dilakukan oleh beberapa mahasiswa dari universitas S. Nah, Marvin bimbel bukan mau membahas KKN di desa penari, tapi KKN. Hampir semua mahasiswa merasakan KKN jadi mimin bakal ngebahas 5 manfaat KKN.

Manfaat KKN Marvin Bimbel

#sahabatmarvin tahukah kalian kepanjangan dari KKN?

KKN ialah Kuliah Kerja Nyata. Kenapa udah kuliah tapi kok disuruh kerja? Kalau kamu tahu tentang Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pengajaran, penelitian, dan pengabdian. Nah, KKN ini salah satu bentuk dari pengabdian untuk masyarakat. Lalu, apa saja manfaat KKN ini bagi mahasiswa. Berikut penjelasannya

 1. Berlatih Kepedulian Sosial

Lihat, KKN akan langsung terjun ke masyarakat, otomatis suka atau tidak, kamu akan bergaul dengan penduduk di tempat sahabat KKN. Jadi, bagi sahabat marvin yang merasa agak sulit bergaul dengan orang-orang baru, sepertinya KKN ini akan membuat kamu membuka diri untuk berkenalan dengan orang-orang baru. Bukan hanya satu atau 2 orang, tetapi bisa 1 desa.

2. Mempraktikkan Kemandirian

Bagi sahabat marvin yang masih bergantung pada orang tua, KKN dapat menjadi tempat untuk melatih diri agar lebih mandiri. Sahabat marvin harus menyiapkan semua kebutuhan yang kamu butuhkan sendiri. Kamu tidak bisa tiba-tiba mengatakan hal-hal semacam ini di lokasi KKN kepada penduduk setempat …

“Pak … Buuu … aku ingin makan ayam. Tolong buatkan.”

3. Menumbuhkan Sikap Profesional

Di KKN ada yang disebut Proker (program kerja). Yah, kelompok KKN diharuskan memiliki program kerja yang akan dilakukan di tempat tujuan. Program kerja ini terkait erat dengan pengembangan desa / lokasi yang sedang ditangani. Jadi, ketika kamu berhasil menjalankan program kerja yang telah disiapkan, itu berarti profesionalisme kamu sudah mulai terasah.

Baca Juga : Sukses Memilih PTN Setelah Pengumuman Nilai UTBK SBMPTN 2019

4. Berlatih Kerja Sama

KKN tidak bisa sendirian. Program Pengabdian Masyarakat selalu dalam bentuk kelompok. Biasanya ada banyak anggota kelompok KKN. Kemudian kelompok itu dipecah menjadi kelompok-kelompok kecil. Sekarang, masing-masing kelompok kecil ini memiliki program kerja. Misalnya, kelompok A membantu warga membangun saluran air, kelompok B membantu warga membuat akses jalan, dan kelompok C memberikan penyuluhan tentang pentingnya pendidikan.

5. Mempraktikkan Kemampuan Memecahkan Masalah

Masih terkait dengan program kerja. Dengan bergabung dengan Program Layanan Masyarakat, sahabat marvin akan diasah dalam keterampilan memecahkan masalah. Sebelum berangkat ke lokasi Program Layanan Masyarakat, Anda harus dapat melihat atau bertanya kepada penghuni tentang masalah apa yang dialami penghuni. Tidak mungkin, jika warga sekitar mengalami masalah di bidang saluran air, maka kamu mengusulkan program kerja untuk pemberdayaan produk ternak?

Baca Juga : Menemukan Minat dan Bakat Sebelum Memilih Jurusan Kuliah Paling Tepat

Nah, bagaimana kalau setelah mengetahui manfaat KKN tadi? Apakah masih dibutuhkan atau belum pada usia seperti ini?

Yang pasti adalah jika kamu diminta melakukan KKN di suatu tempat, lakukan dengan baik dan tetap menjaga sopan santun di sana. Jangan hanya karena kamu berasal dari kota, terus lupa menghormati adat yang ada di sana.

Kunjungi Juga : Marvin Perceka Edukasi Youtube

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 pemikiran di “Manfaat KKN”