Sukses Memilih PTN Setelah Pengumuman Nilai UTBK SBMPTN 2019

Kiat Sukses Memilih PTN Setelah Pengumuman Nilai UTBK SBMPTN 2019 Marvin Bimbel

Bingung dengan aturan SBMPTN 2019? apakah Kamu sudah melihat skor UTBK 2019 Kamu? Apakah skormu sudah memuaskan dan termasuk dalam kategori nilai tinggi?

Tiap sepuluh hari setelah UTBK, panitia akan mengumumkan nilai peserta. Pengumuman dimulai pada 23 April 2019 untuk peserta UTBK di sesi awal yang kemudian dilanjutkan proses pendaftaran ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Nilai UTBK akan menjadi persyaratan wajib untuk mendaftar ke PTN pada SBMPTN 2019 mendatang.

Baca Juga : Universitas Al Azhar

Setelah Kamu melihat nilai UTBK, langkah selanjutnya adalah menentukan strategi untuk memilih jurusan berdasarkan nilai-nilai yang Kamu dapatkan sehingga Kamu dapat diterima di PTN impian dan memastikan bahwa kamu lolos SBMPTN 2019.

Bagaimana tips SBMPTN 2019?

Dilansir dari Tempo.co, Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Ravik Karsidi mengatakan, ada rincian nilai beberapa tes UTBK pada pengumuman nilai. Ada juga keterangan nilai yang mencakup rendah, cukup, dan tinggi. Nilai ini adalah dasar bagi Kamu untuk mendaftar di PTN atau jurusan impian kamu.

Ravik Karsidi juga memberikan tips memilih jurusan yang tepat untuk kamu, Sahabat. “Mencari universitas negeri dan jurusan yang bisa diperkirakan pesaingnya tidak terlalu ketat,” kata Ravik. Selain itu, Kamu juga perlu menghitung kuota atau kapasitas jurusan.

Baca Juga : Tips Menghadapi Kenaikan Kelas

Waktu pendaftaran PTN melalui jalur SBMPTN 2019  baru akan dibuka pada 10-24 Juni 2019 secara online, setelah semua proses UTBK selesai. Manfaatkan kesempatan ini untuk menemukan jurusan yang kira-kira Kamu bisa lolos dengan nilai ujian yang Kamu miliki.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan di Universitas Padjadjaran, Arry Bainus mengatakan bahwa tidak ada referensi khusus dan pasti untuk calon peserta dengan skor tes mereka agar memenuhi syarat untuk jurusan tertentu. Sebab, kampus juga belum bisa menentukan bobot (nilai) karena belum melihat nilai keseluruhan. Menurut Arry, sulit bagi kampus untuk menetapkan standar nilai masuk terlebih dahulu. Bisa jadi nilai standar yang ditetapkan lebih tinggi dari nilai keseluruhan peserta yang mendaftar. “Nanti, tidak akan ada peserta yang lulus misalnya ke Fakultas Kedokteran,” katanya.

Baca Juga : Menemukan Minat dan Bakat Sebelum Memilih Jurusan Kuliah Paling Tepat

Sistem SBMPTN 2019 sendiri berbeda dari pendaftaran siswa SMP hingga SMA. Meskipun metode pendaftaran sama-sama menyerahkan skor ujiannya untuk tahap seleksi, pendaftaran online SMA secara terbuka dan dilengkapi dengan nilai kelulusan sehingga pendaftar dapat mengetahui apakah mereka memenuhi syarat atau tidak. Berbeda dengan pemilihan SBMPTN, yang akan terus berlangsung secara ditutup.

Sahabat, nilai yang keluar saat ini hanya nilai Gelombang I sesi awal. Pantau perkembangan nilai-nilai peserta lain, untuk mengetahui posisi Kamu di antara pesaing lainnya. Pastikan untuk tetap semangat Sahabat! Persiapkan diri Kamu secara lebih optimal untuk menghadapi UTBK Gelombang II dengan Marvin Bimbingan Belajar.

Baca Juga : Universitas Al Azhar

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 pemikiran di “Sukses Memilih PTN Setelah Pengumuman Nilai UTBK SBMPTN 2019”