Universitas Al Azhar

bimbel marvin - Universitas Al Azhar

Universitas Al Azhar menjadi salah satu Universitas tertua di dunia. Universitas Al Azhar didirikan seabad sebelum Universitas Oxford yang berdiri pada abad ke-11, dan ditandai oleh sebuah masjid.

Universitas Al Azhar didirikan pada dinasti Fatimiyah yang mempraktikkan Syi’ah. Mesir saat itu merupakan pusat perdagangan di Laut Tengah dan Samudra Hindia. Proses pengembangan yang memakan waktu hingga 2 tahun lamanya, dimulai pada 970 M. Kemudian diresmikan pada shalat Jumat pada 972 M. Hingga saat ini usia Al Azhar telah mencapai 1146 tahun dan dikenal sebagai Masjid serta Institut Tertua di Dunia.

Baca Juga : Tips Berprestasi di Sekolah

Al Azhar, sekarang lebih dikenal sebagai Institut Pendidikan, memiliki dua bagian instrumen, Jami’  (Masjid) dan Jami’ah (Universitas). Dari dua instrumen ini Al Azhar mencetak kader ulama dan sarjana Muslim. Di Universitas, siswa belajar banyak tentang hal-hal kontemporer dan di masjid-masjid mereka mempelajari turats (karya para ulama sebelumnya) lebih dalam. Manhaj Al-Azhar yang Wasati (pertengahan) tidak terlalu keras dan tidak terlalu lunak dan selalu moderat. Hal ini membuat para alumni Al Azhar mudah diterima di banyak tempat.

Tradisi ilmiah yang masih dipertahankan dan karya-karya para ulama sebelumnya, masih dipelajari membuat rantai pengetahuan Islam di sini sangat kuat. Tentu saja ini membuat keaslian ilmu tetap terjaga dan akuntabel. Meskipun Al Azhar terkenal dengan alumninya yang lulus dari jurusan agama, Al Azhar juga memiliki Fakultas Publik. Fakultas Publik berisikan Kedokteran, Perdagangan, Apoteker dan lainnya.

Baca Juga : Tips Memilih Bimbel Terbaik

Dan tentu saja Universitas Al Azhar selalu melahirkan ulama yang siap belajar dan memberi warna kepada masyarakat. Seperti Ustadz Abdul Somad, Ustadz Zulkifli Muhammad, Ustadz Hanan Attaki, TGB Muhammad Zainul Majdi, dll yang telah dikenal secara luas.

Biaya kuliah dan biaya hidup yang lebih murah daripada Indonesia membuat banyak putra dan putri Indonesia belajar di Al Azhar. Saat ini, mungkin ada sekitar 5.000 siswa Indonesia yang belajar di Universitas Al Azhar.

Baca Juga : Tips Menghadapi Kenaikan Kelas

Gimana? Sahabat Marvin tertarik juga belajar di Al-Azhar? Sebelum belajar disana, pastikan kamu bimbel di Marvin yang siap menuntunmu menggapai impian!