Tips Menghadapi Kenaikan Kelas

bimbel marvin tips menghadapi kenaikan kelas

Sebentar lagi, kenaikan kelas dan kelulusan akan dihadapi siswa. Meskipun telah belajar keras, kadang-kadang siswa masih cemas, takut, dan khawatir tidak dapat melakukan ujian akhir. Kali ini, #sahabatmarvin akan menghadapi kenaikan kelas, dan baca sampai akhir agar semakin siap menghadapi kenaikan kelas.

Meskipun hanya tinggal beberapa bulan, tidak ada yang salah dengan mempersiapkan diri sahabat, misalnya dengan belajar bersama, mengambil bimbingan privat atau program bimbingan belajar agar semakin siap menghadapi kenaikan kelas.

Di sekolah sudah belajar, tetapi di rumah masih harus belajar lagi. PR adalah latihan dalam memecahkan masalah. Jika sahabat bisa belajar bersama, di sana sahabat bisa bertanya langsung tentang hal-hal yang tidak dimengerti. Namun terkadang belajar di sekolah masih terasa kurang.

Baca Juga : Tips Memilih Bimbel Terbaik

Itu sebabnya sahabat membutuhkan pelajaran tambahan di luar jam sekolah, yang disebut les. Sahabat dapat mengambil pelajaran privat, semi-privat (kelompok), atau bimbingan belajar (bimbel) yang diadakan oleh lembaga bimbingan belajar.

Pelajaran privat berlangsung di rumah atau tempat bimbingan belajar yang menyediakan kelas privat seperti di Marvin, dengan tutor hanya berhadapan dengan satu siswa. Dengan kelas privat, tutor privat memiliki waktu untuk menjelaskan secara lebih rinci dan jelas. Pelajaran privat cocok untuk sahabat yang ingin belajar dengan suasana tenang dan tidak berisik. Terutama bagi sahabat yang agak malu bertanya di kelas. Dengan tutor pribadi, sahabat dapat bertanya sebanyak mungkin.

Ada beberapa sekolah yang mengadakan bimbingan belajar (bimbel) untuk sekelas.

Tidak ada kewajiban untuk bergabung, jika sahabat memilih untuk mengambil bimbingan belajar atau  les privat. Bimbingan belajar di kelas ini sebenarnya menarik karena ada banyak teman, dengan guru yang sama. Karena les ini di luar jam pelajaran normal, suasananya lebih santai, sehingga pelajaran biasanya lebih mudah dicerna.

Baca Juga : Teknik Infrastruktur Lingkungan (TIfL)

Selain les yang diadakan di sekolah, sekarang ada banyak pilihan bimbel yang berkualitas.

Ada keuntungan bagi siswa kelas 6 SD, 9 SMP dan 12 SMA untuk bergabung dengan Bimbel. Karena selain mengulang semua pelajaran, sahabat juga diundang untuk mengerjakan soal-soal ujian di tahun-tahun sebelumnya.

Untuk menghadapi ujian akhir sahabat memang harus rajin berlatih, tidak sering bolos, dan mencapai nilai tertentu untuk setiap try out yang diadakan.

Sahabat bisa santai dan mendapat banyak fasilitas yang disediakan tempat bimbingan belajar sahabat. Sahabat harus sadari sejak awal bimbingan belajar sifatnya hanyalah pelajaran tambahan. Apakah sahabat berhasil berpartisipasi dalam kegiatan ini atau tidak tergantung pada sikap sahabat sendiri.

Baca Juga : Tips Berprestasi di Sekolah

Agar sahabat termotivasi untuk rajin belajar, siapkan sikap ketika pergi ke tempat bimbingan belajar :

  1. Kenakan pakaian yang sopan, tetapi nyaman agar tidak mengganggu konsentrasi.
  2. Sahabat dapat menggunakan sandal, senyaman yang sahabat inginkan.
  3. Tetap hormat kepada tutor meskipun sahabat tidak memanggil bapak atau ibu seperti di sekolah. Guru pembimbing atau tutor biasanya lebih tua.
  4. Berteman baik dengan sesama teman bimbel, yang biasanya dari sekolah yang berbeda. Keakraban antar sesama siswa membuat suasana belajar lebih menyenangkan.
  5. Cobalah untuk tidak bolos, tetap jaga semangat belajar.
  6. Suasana kelas lebih santai, tidak seserius belajar di sekolah.
  7. Pilih bimbel seperti Marvin yang memiliki fasilitas ruang kelas ber-AC, sehingga sahabat tetap belajar dengan nyaman.