Teknik Infrastruktur Lingkungan (TIfL)

teknik infrastruktur lingkungan prodi baru di UGM Marvin Bimbel Bimbingan Belajar
Program Studi Baru UGM

Teknik Infrastruktur Lingkungan (TIfL) atau Enviromental Infrastructure Engineering akan menjadi program studi baru Strata 1 di Universitas Gadjah Mada (UGM) dengan pendekatan problem solver untuk menyelesaikan masalah sanitasi dan lingkungan.

Teknik Infrastruktur Lingkungan (TIfL) dibuka dengan latar belakang karena kebutuhan untuk memenuhi sumber daya manusia yang profesional dan kompeten. Dan, berorientasi pada konsep pembangunan berkelanjutan.

Sejalan dengan tujuan SDGs, pengembangan infrastruktur untuk memajukan ekonomi dan kesejahteraan rakyat harus berkelanjutan. Kebijakan 100-0-100 pada 2019 adalah target untuk mengejar target SDG pada tahun 2030.

Baca Juga : Tips Memilih Bimbel Terbaik

Untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia ini, Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan akan mengembangkan Program Studi S1 Teknik Mesin Lingkungan. Program Studi dikembangkan dengan pendekatan pemecah masalah.

Tujuan Teknik Infrastruktur Lingkungan (TIfL) adalah untuk menyelesaikan masalah sanitasi dan lingkungan seperti sampah, air bersih dan limbah, drainase perkotaan dan pengendalian pencemaran air. Serta, mengelola kuantitas dan kualitas air disumber.

Jika dibandingkan dengan Program Studi Teknik Lingkungan pada umumnya, TIfL nantinya akan lebih berfokus pada pemenuhan kebutuhan pembangunan infrastruktur dalam lingkup pekerjaan keteknikan Kementerian PU Citra Karya dalam bidang air minum, air limbah, drainase perkotaan serta persampahan.

Nantinya, program studi TIfL akan di bawah Departemen Tehnik Sipil dan Lingkungan (DTSL) yang sejajar dengan 5 program studi yang sudah ada dalam naungan DTSL, yakni Program Studi S1 Teknik Sipil, Progam Studi S2 Teknik Sipil, Progam Studi S3 Ilmu Teknik Sipil, Program Studi Magister Sistem dan Teknik Transportasi serta Program Studi Magister Teknik Pengelolaan Bencana Alam.

Baca Juga : Tips Berprestasi di Sekolah

Ketua Pembentukan Program Studi Teknik Sipil, Professor Dr.Ir. Budi Kamulyan mengungkapkan, nantinya Program Studi baru ini akan dibuka pada semester gasal 2019/2020.

Dia mengatakan nantinya lulusan Teknik Infrastruktur Lingkungan atau TIfL diharapkan bisa bekerjadi berbagai bidang yang terkait dengan pembangunan infrastruktur air minum, air limbah, drainase perkotaan dan persampahan. “Kita harapkan, lulusan TIfL nantinya bisa berkerja diberbagai terkait, misalnya instansi pemerintah pusat dan daerah, NGO, penelitian maupun konsultan independen. Program Studi baru ini akan dibuka pada semester gasal 2019/2020. Untuk memperoleh masukan, makanya kita mengadakan Focus Group Discussion,” katanya.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Satu pemikiran di “Teknik Infrastruktur Lingkungan (TIfL)”