Sosmed? Sosial Media?

Pasti sahabat punya sosial media atau sosmed kan?

Sosial Media atau biasa disingkat sosmed adalah media untuk bersosialisasi satu sama lain dan dilakukan secara online yang memungkinkan manusia untuk berinteraksi tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu.

Sosial media menghilangkan keterbatasan manusia untuk bersosialisasi, membatasi ruang dan waktu. Dengan sosial media ini, apapun menjadi mungkin bagi orang untuk berkomunikasi satu sama lain. Dimana pun berada dan kapan saja, tidak peduli seberapa jauh mereka, dan tidak peduli siang atau malam.

Baca Juga : Ini 5 hal yang perlu kamu lakukan untuk menghadapi SBMPTN

Jika kita dapat menggunakan sosial media, ada begitu banyak manfaat yang kita dapat, yaitu sebagai media pemasaran, perdagangan, mencari koneksi, memperluas persahabatan, dll. Tetapi jika kita dieksploitasi oleh sosial media baik secara langsung atau tidak langsung, ada beberapa kerugian yang dapat kita peroleh. Yaitu seperti kecanduan, kesulitan berinteraksi di dunia nyata, autisme, dll.).

Orang pintar dapat menggunakan sosial media ini untuk membuat hidup mereka lebih mudah. Dapat pula membuat belajar lebih mudah, menemukan pekerjaan, mengirim tugas, menemukan informasi, berbelanja, dll.

Sosial media menambahkan kamus baru dalam kosa kata kita, selain mengetahui dunia nyata, kita juga tahu “dunia maya”. Semua orang bisa menjadi apa saja dan siapa saja di dunia maya. Seseorang bisa menjadi kehidupan yang sangat berbeda antara dunia nyata dengan dunia maya, ini terlihat terutama di jejaring sosial.

Baca Juga : Tingkat Kesulitan HOTS UN 2019 akan Meningkat, Siswa Harus Bersiap

Sosial media memang asik, bisa makin hits dengan sosial media. Tapi ternyata ada juga loh dampak buruk dari sosial media jika digunakan secara berlebihan.

Nah ini dia dampak buruk sosial media yang wajib kamu tau banget:

  • Suasana hati yang baik atau buruk juga menyebar antar orang di sosial media
  • Orang yang menggunakan 7 atau lebih sosial media bisa menderita 3x atau lebih gejala kecemasan (jurnal Computers and Human Behaviour)
  • Kecanduan yang bisa bikin kamu malah jadi ga produktif
  • Kepercayaan diri menurun karena sering membandingkan diri dengan orang lain meski hanya melalui unggahan di sosial media.