Ini 5 hal yang perlu kamu lakukan untuk menghadapi SBMPTN

https://marvin.id/2018/11/13/tips-sbmptn-2019/

Situs Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) diluncurkan pada Jumat (1/12/2019) sore. Registrasi dan informasi lengkap tentang SBMPTN tidak akan diakses di situs sbmptn.ac.id.

Siswa kelas 12 Sekolah Menengah Atas (SMA) akan berjuang untuk mendapatkan kursi kuliah di Universitas Negeri (PTN). Fase ini bukan lagi kesempatan siswa kelas 12 untuk bermalas-malasan. Selain ujian sekolah dan ujian nasional, SBMPTN juga penting untuk menentukan masa depan studi mereka. Banyak siswa menyibukkan diri dengan berbagai bentuk pembelajaran. Hal yang bagus, tetapi lebih baik mengatur jadwal agar Sahabat tidak stres nanti.

Jadi untuk sukses menghadapi SMBMPTN, ikuti 5 tips berikut ini:

Baca Juga : Hafal Al-Qur’an tanpa mondok? Bisakah?

1. Buat jadwal belajar Sahabat sendiri

Pastikan untuk memiliki kalender pribadi untuk mensahabati ketika UAS, UN, Bimbel, hingga SBMPTN berlangsung. Setelah itu buatlah jadwal harian Sahabat sendiri. Sesuaikan jadwal untuk jam sekolah dan konseling tambahan. Sahabat dapat berbagi waktu belajar yang cukup. Tidak perlu berlama-lama, pastikan saja ketika belajar Sahabat mengerti.

2. Temukan motifasi sahabat untuk sukses

Sahabat dapat membaca kisah SBMPTN orang-orang sukses atau menemukan quotes yang tepat untuk menjadi motivator terbaik Sahabat dalam belajar. Atau Sahabat bisa menulis jurusan studi dan Universitas impian Sahabat di selembar kertas. Lalu tempelkan kertas di dinding dekat kamar tidur Sahabat. Jadi setiap kali Sahabat bangun dan sebelum tidur, Sahabat akan terus mengingat tujuan Sahabat tahun ini.

3. Jangan lupa cek informasi terkini mengenai SBMPTN

Yah, banyak siswa usia lanjut biasanya memilih untuk mematikan ponsel mereka sebelum ujian. Halo, sekarang jaman telah berubah, jangan membuang ponselmu. Oke, lebih tepatnya mengatur penggunaan ponsel pintar Sahabat! Sahabat dapat berhenti mengikuti atau menghapus aplikasi yang kurang dibutuhkan. dan ikutilah informasi-informasi terkini mengenai SBMPTN di social media atau berita online.

Baca Juga : Gabung Marvin dapat smartwatch FREE ! 

4. Perbanyak latihan soal

Semakin banyak jenis pertanyaan yang Sahabat kuasai, semakin besar peluang nilai baik. Sekarang, jangan ragu untuk berlatih soal dan belajar dengan teman yang sudah bisa, ya sahabat Marvin. Selain itu, jangan lupa untuk membuat catatan Sahabat juga. Perhatikan rumus atau materi dengan rapi karena dapat mempermudah Sahabat saat belajar.

5. Jaga kesehatan Sahabat

Tetap sehat dengan berolahraga, makanan sehat, dan cukup istirahat. Jika suka makanan pedas-sementara dapat dikurangi terlebih dahulu. Atau yang suka makanan ringan dapat lebih memperhatikan yang dikonsumsi. Jangan sampai ketika mendekati SBMPTN Sahabat sakit! Maka jangan lupa untuk berdoa. Momen penting ini selalu melekat pada ‘bertobat’. Berdoalah sesuai dengan kepercayaan Sahabat.